Back To Top

sscn.bkn.go.id; Daftar Tes CPNS 2018

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan

Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS tentu merupakan idaman dan keinginan setiap orang. Selain pekerjaan yang lumayan santai (menurut aku sih, hahahaha), menjadi PNS dianggap berbeda karena mampu menaikkan status sosial seseorang. Dengan menjadi PNS kehidupan terutama dalam hal ekonomi akan membaik. Tentu karena jaminan gaji yang diterima setiap bulan dan beberapa macam tunjangan yang juga rutin diterima setiap bulan. Ya pokoknya jadi PNS itu enak deh.

Hidup ini merupakan sebuah persaingan atau kompetisi, mereka yang terbaik tentu saja akan mendapat hal yang terbaik. Pun dalam mendapatkan pekerjaan kita terlibat dalam sebuah persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Mendapatkan pekerjaan gampang-gampang susah. Yang mau kerja kantoran, tentu harus memiliki skill dan tingkat pendidikan yang memadai yang dipersyaratkan oleh sebuah perusahaan. Beda jika kerja serabutan seperti buruh bangunan atau pekerja kasar lainnya.Selain itu dalam melamar kerja, tidak sedikit pula pesaing untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Tidak berbeda dengan menjadi PNS pun kita harus bersaing dan siap menyingkirkan saingan kita tersebut. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang bersaing hanya untuk mendapatkan beberapa formasi yang disedikan oleh pemerintah. Misalnya untuk menjadi guru SD, formasi yang tersedia cuma 5 orang namun yang melamar ribuan orang. Dulu, dalam beberapa kasus, untuk menjadi PNS kita harus keluar puluhan juta dan orang dalam. Namun berbeda dengan jaman now, untuk menjadi PNS harus melewati beberapa tahapan Tes yang tentu saja tidak mudah, tidak bisa mengandalkan bokap, nyokap atau keluarga yang sudah bekerja di pemerintahan. Jaman Now menjadi PNS harus pintar. Tak hanya pintar otak, namun juga strategi khusus.

Nah ngomong-ngomong soal rekrutmen CPNS tahun 2018 ini sudah resmi akan dibuka pada 19 September nanti., saat ini sudah dibuka pengumuman formasi dan kuota yang tersedia baik dari Kementerian/Lembaga maupun dari pemerintah daerah kabupaten/kota dan propinsi.

Yang paling penting tentu adalah tes CPNS itu sendiri. Untuk ikut tes tentu saja wajib melakukan pendaftaran tes CPNS. Dimana proses pendaftaran tersebut melewati beberapa tahapan. Sebelum memutuskan untuk mendaftar ada baiknya persiapkan diri sebelum mendaftar tes cpns.

Adapun secara umum tahapan pendaftaran tes CPNS tersebut adalah;
  1. Membuat akun di laman SSCN Badan Kepegawaian Negara di alamat sscn.bkn.go.id
  2. Login dan mendaftar online di sscn.bkn.go.id, kemudian cetak kartu pendaftaran.
  3. Mengantarkan berkas ke panitia lokal pengadaan CPNS, yang selanjutnya peserta akan diberikan nomor peserta tes/ujian CPNS (tahap ini bisa jadi tidak diwajibkan)

Baiklah pada kesempatan ini kami admin kerjapns.com akan berbagi bagaimana cara mendaftar tes CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id baik untuk formasi pemda maupun kementerian sama saja.

Mempersiapkan berkas-berkas persyaratan pendaftaran CPNS yang sudah di scan.

1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas foto format digital
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar, misalnya SK Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT

1. LANGKAH PENDAFTARAN TAHAP KESATU (Membuat akun di SSCN)


Masuk ke situs SCCN di alamat website sscn.bkn.go.id


Pastikan anda memakai komputer atau laptop, jangan menggunakan HP, walaupun HP anda canggih sekalipun akan sulit dan ada menu yang tidak bisa dibuka jika menggunakan HP

Berikut tampilan depan web SSCN. Perhatikan dengan seksama ada beberapa menu yang perlu dibuka, seperti menu registrasi (untuk mendaftar), Helpdesk (untuk bertanya) Call center untuk telepon, dan Login untuk masuk ke akun SSCN.

Menu Pencarian Lowongan


Di menu ini kita adalah mencari lowongan jabatan yang sesuai Pendidikan, Jabatan
dan Instansi yang dibuka formasi dan instansi yang kita tuju. Namun saat proses ini hanya sebagai panduan dalam mencari lowongan yang tersedia.

Pada filter pencarian lowongan bisa diketikkan tingkat dan jurusan pendidikan, sebagai contoh ketikkan S1 teknik Informatika, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dll
Pada jabatan misalnya diketik Guru Sekolah Dasar, Dokter Umum, Laboran dll.
Pada menu instansi ketikkan nama daerah kabupaten, kota, propinsi atau kementerian/lembaga.
Anda juga bisa mendownload file pdf mengenai info lebih rinci pengumuman dan persyaratan di menu download (sebelah kanan formasi)

Pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi di 1 (satu) instansi. Jadi jika Anda mendaftar di Kabupaten Bogor untuk jabatan guru SMP, ya itu saja dibolehkan. Bisakah mendaftar di tempat atau kabupaten lain? Bisa saja namun sistem SSCN sudah pasti akan menolak.

Menu ALUR adalah menu untuk melihat proses, alur serta tata cara pendaftaran CPNS 2018. Anda wajib membaca dengan teliti dan mempelajarinya supaya tidak ada informasi yang tertinggal atau keliru sebelum melanjutkan ke proses Pendaftaran.

Registrasi atau Membuat Akun di SCCN


Jika anda sudah siap dengan berkas syarat pendaftaran dan memahami betul alur pendaftaran tes CPNS bisa lompat langsung ke menu REGISTRASI. Proses registrasi ini adalah proses pendaftaran awal yakni untuk membuat akun SSCN yang ditujukan nantinya untuk login pendaftaran taha dua di SSCN 

Saat sudah masuk ke menu registrasi di SSCN, maka selanjutnya adalah pertama mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP atau Kartu Keluarga. yang kedua Kemudian isi nomor kartu keluarga atau NIK kepala keluarga (pilih salah satu, jangan keduanya) NIK Kepala keluarga biasanya paling atas posisi sebagai kepala keluarga

Cara Daftar Tes CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id menu registrasi

Yang terakhir mengisi kode captcha, masukkan kode berupa angka dan huruf, jangan salah huruf besar. Kemudian klik lanjutkan.

Catatan; Silakan cek keabsahan NIK anda lebih dulu sebelum mendaftar tes CPNS. Jika muncul tulisan tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah Anda.

Begitu penting NIK ini, maka sebaiknya dari sekarang cek n ricek kembali NIK serta Kartu Keluarga anda. Karena jika NIK bermasalah, selesai dah nggak bisa ikut tes CPNS.

Selesai langkah di atas, berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran.

1. Masukkan NIK
2. Nama di KTP
3. Nama tanpa gelar sesuai dengan yang tertulis pada ijazah
4. tempat lahir ada 2 yang dimasukkan, yang paling atas sesuai KTP, yang dibawahnya sesuai ijazah.
5. Tanggal Lahir sesuai Ijazah dan memilih jenis kelamin

Kemudian Klik Choose File untuk mengupload/unggah pas foto. Pas foto dengan latar belakang merah dengan format jpg/jpeg minimal 120 kb dan maksimal ukurannya 200kb.

6. Memasukkan email. email disini harus yang aktif dan bisa dibuka. Kalau punya email lama tapi lupa password sebaiknya buat email baru.

7. Password atau Kata Kunci 2 kali.
Password disini nanti digunakan untuk login di sccn. Jadi untuk membuat password harus dihafal dengan baik di luar kepala.
Pertanyaan pengaman 1 dan 2, agar mudah diingat sebaiknya pilih nama ibu kandung/ayah kandung, fungsinya jika kita lupa password akun SSCN, maka password kita nanti akan dikirim oleh sistem ke email kita. Terakhir masukkan kode captcha.

Pastikan semua isian pada langkah registrasi sudah lengkap dan benar. Kemudian Klik Daftar.
Maka akan muncul tulisan notifikasi "apakah Anda yakin untuk submit data pendaftaran?" klik OK jika sudah yakin, jika mau mengecek ulang klik cancel.

8. Cetak informasi atau lembar pendaftaran
Selesai pada langkah 7 setelah kita submit data pendaftaran maka akan muncul pilihan untuk mencetak Info pendaftaran yakni berupa lembar informasi hasil pendaftaran atau kartu informasi akun

Cara Daftar Tes CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id
kartu pendaftaran informasi akun SSCN 2018


Jika komputer terhubung dengan printer, bisa langsung di cetak, namun jika tidak terhubung bisa disimpan dengan format pdf. Simpan baik-baik kartu info pendaftaran tahap ini dengan baik, bisa saja kartu ini diminta oleh panitia CPNS 2018 ditempat anda ikut tes cpns nanti.

Sampai di tahap ini Anda bisa beristirahat dulu, jangan terburu-buru karena pada tahap berikutnya lebih panjang dan butuh ketelitian.  Jadi bisa anda tunda beberapa jam atau besok-besok saja. yang penting adalah lembar kartu pendaftaran sudah didapat.


2. LANGKAH PENDAFTARAN TAHAP KEDUA


Langkah pendaftaran tahap kedua ini adalah tentang dan ditujukan untuk

  1. mengisi form Biodata pelamar;
  2. Memilih instansi, jabatan serta formasi yang tersedia;
  3. mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran CPNS
  4. mencetak kartu pendaftaran lowongan;

 prosesnya cukup panjang, jadi lakukan dengan teliti dan hati-hati.
Sebelumnya siapkan data-data sebagai berikut untuk dimasukkan saat pendaftaran ini.
  • Komputer/laptop yang tersambung printer
  • NIK dan Password untuk login di SSCN
  • Foto selfie diri sendiri sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  • Data Nama di ijazah, Tempat lahir di Ijazah, tanggal lahir, email aktif, jenis kelamin, Nama di KTP, Tempat lahir yang tertera di KTP, Tanggal lahir KTP, dan Alamat di KTP
  • Data Alamat Domisili saat ini (masukkan nama desa/kelurahan dan kecamatan, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon Aktif, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Nomor HP dan Agama
  • Siapkan ijazah terakhir dan data Akreditasi Perguruan Tinggi Anda, data yang dibutuhkan adalah Akreditasi Perguruan Tinggi, Akreditasi Program Studi, IPK dan Nilai, Nomor tanggal dan tahun lulus pada ijazah.

Selain 5 poin yang sudah disebutkan diatas, pastikan pada tahap ini Anda sudah menyiapkan dokumen yang sudah discan (dalam format jpg/jpeg/pdf/png) yang harus diunggah.
Adapun dokumen tersebut adalah Pas Foto berwarna latar belakang merah, Ijazah, KTP, surat Lamaran, Surat Pernyataan, Transkrip nilai ijazah.

Oke selanjutnya kita mulai proses pendaftaran ya.
Silakan masuk ke alamat web www.sscn.bkn.go.id, kemudian Klik menu login, maka akan muncul seperti di bawah ini. Masukkan NIK dan password yang anda buat saat proses membuat akun/registrasi awal di SSCN.
cara daftar cpns di sscn.bkn.go.id
llogin di sscn.bkn.go.id

Setelah login, pada tahap pertama adalah mengunggah foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Bukti registrasi atau Kartu informasi Akun, Jika belum silakan cetak ulang dengan mengklik cetak ulang Kartu informasi Akun.

Klik Choose file, cari foto selfie di dalam folder laptop/komputer Anda. Pilih foto klik OK. Tampilannya akan muncul di sebelah kanan.
Jika sudah maka klik Simpan.

Mengisi form Biodata pelamar

Pada tahap ini Anda wajib memasukkan Data Nama di ijazah, Tempat lahir di Ijazah, tanggal lahir, email aktif, jenis kelamin, Nama di KTP, Tempat lahir yang tertera di KTP, Tanggal lahir KTP, dan Alamat di KTP
serta Data Alamat Domisili saat ini (masukkan nama desa/kelurahan dan kecamatan, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon Aktif, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Nomor HP dan Agama
Kemudian Klik Simpan. Klik Selanjutnya. Setelah itu tahap selanjutnya adalah memilih instansi, formasi serta jabatan.


Memilih instansi, formasi serta jabatan.

1. Pilih instansi yang dituju 
2. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi.
3. Klik  Pilih dan Selanjutnya, dan OK OK dan akan tampil form Pendaftaran seperti gambar di bawah.
pilihan jabatan formasi dan instansi sscn.bkn.go.id
pilihan jabatan formasi dan instansi sscn.bkn.go.id

Pilih pendidikan sesuai formasi yang dituju, Pilih jabatan formasi yang dituju, Pilih lokasi kerja yang dikehendaki, kemudian ketik nama sekolah/perguruan tinggi seperti YANG TERTULIS DI IJAZAH.
Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi, pilih Akreditasi Program Studi, ketikkan IPK dan Nilai, Nomor ijazah, tanggal ijazah dan tahun lulus pada ijazah.
Pada Captcha klik hingga tercentang I'm not Robot.
Kemudian klik kotak hitam hingga tercentang lalu klik Daftar
Selanjutnya akan tampil form Resume. Pada form ini, pelamar diharuskan mengecek kembali data yang telah dilengkapi. Apabila pelamar ingin mengubah data, klik tombol sebelumnya.
Bila pelamar sudah yakin data yang akan dikirim, klik Final Resume, maka data akan tersimpan di database dan tidak dapat dilakukan perubahan lagi.

Cara Daftar Tes CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id formulir pendaftaran online
form pendaftaran sscn

Selanjutnya akan muncul tampilan Riwayat Pelamaran SSCN.
Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dapat dilihat dan dicek statusnya di menu Riwayat. Pada tahap ini Anda wajib mengunggah dokumen yang sudah discan.

Mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran CPNS

Adapun dokumen tersebut adalah Pas Foto berwarna latar belakang merah, scan Ijazah, scan KTP,  scan surat Lamaran, scan Surat Pernyataan, scan Transkrip nilai ijazah. Dokumen bisa bertambah sesuai permintaan dan keperluan instansi.
unggah dokumen scan sscn.bkn.go.id

a) Jenis dokumen akan tampil sesuai dengan keperluan instansi
b) Dokumen hanya dapat diunggah 1 (satu) kali. Mohon perhatikan dan siapkan dokumen yang akan diunggah dengan teliti, karena system tidak menerima unggah ulang dokumen
c) Pilih dokumen yang akan di unggah (upload) pada computer Anda klik unggah
d) Dokumen yang diunggah harus berupa file gambar  ( format .jpg/.jpeg.png) atau berupa file .pdf sesuai dengan ketentuan pada setiap jenis dokumen dengan ukuran maksimal 200 kb.


Mencetak Kartu Pendaftaran


Selesai mengunggah akan muncul tombol untuk mencetak Kartu Pendaftaran. Sebagai catatan bahwa bagi instansi yang mewajibkan untuk melampirkan dokumen,  tombol Cetak Kartu Pendaftaran hanya akan tampil jika pelamar sudah melengkapi semua dokumen yang diunggah.


Cetak Kartu peserta UJIAN TES CPNS

Kartu ujian tes CPNS CAT bisa dicetak setelah data yang anda isi dan unggah benar dan sudah diverifikasi oleh admin panitia CPNS serta dinyatakan lulus administrasi berkas. Artinya kita mesti menunggu proses verifikasi tersebut beberapa hari, baru bisa mencetaknya sendiri.
Untuk mencetak Kartu Ujian, klik menu , pada kolom Kartu Peserta klik tombol yang tersedia.

Nah demikian tadi cara mendaftar tes CPNS tahun 2018 untuk berbagai instansi. Memang lumayan ribet, bagi yang tidak terbiasa dengan internet dan komputer mungkin agak kesulitan karena proses yang cukup panjang, maka dari itu sebaiknya minta bantuan rekan yang paham atau bekerjasama dengan teman yang sama-sama ikut tes cpns atau mereka yang sudah pernah ikut tes CPNS khususnya secara online ini.

Sesuai janji BKN bahwa pembukaan akan resmi dibuka pada 19 September namun Saat ini Badan Kepegawaian Negara telah meluncurkan sarana latihan bagi seluruh masyarakat yang ingin melamar tes CPNS 2018 di alamat https://portalsscntraining.bkn.go.id/. Tujuannya tentu agar saat mendaftar di web resmi sscn.bkn.go.id sudah terbiasa dan tidak bingung lagi. Nah bagi yang ingin mencoba mengikuti latihan pendaftaran tes CPNS 2018 ini bisa langsung menuju link portalsscntraining.bkn.go.id

Adapun caranya bisa mengikuti dalam tulisan ini atau anda bisa mendownload file pdf yang banyak bertebaran di grup-grup media sosial.

Surat Pernyataan dan Lamaran CPNS 2018
Alur Pendaftaran Tes CPNS 2018
Kriteria Pelamar dan Berkas Persyaratan Pelamar CPNS 2018
 Passing Grade, SKD dan SKB dalam Tes CPNS 2018
Cara Mengurangi Ukuran File Pdf
Persiapan Mendaftar Tes CPNS 2018
Permenpan RB No 36 dan 37 tahun 2018 tentang CPNS 2018
Cara Mudah Mengurangi ukuran Memori Foto




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,