Back To Top

Persiapan Mendaftar Tes CPNS 2018

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Beberapa pekan terakhir berseliweran berita mengenai informasi akan dibukanya kembali penerimaan CPNS. Baik lewat website berita skala nasional, koran-koran harian lokal maupun blog-blog personal yang dikelola mandiri oleh perseorangan. Admin juga bisa memastikan bahwa berita penerimaan CPNS tahun 2018 bukan hoax dan akan segera dibuka. Tentu ini berita menggembirakan bagi anda yang ingin atau bercita-cita menjadi PNS. Karena tentu saja PNS merupakan dambaan setiap orang mengingat gaji dan masa depan pekerjaan PNS yang terjamin kelak sampai anak kita.

Persiapan Mendaftar dan Tes CPNS 2018
Untuk mendaftar tes CPNS tentu saja perlu persiapan yang matang agar saat mendaftar, kita tidak kelabakan lagi. Bagi yang sudah pernah mengikuti tes CPNS barangkali masih ingat bagaimana persiapan yang harus dilakukan. Namun yang belum pernah tentu saja akan kebingungan. Jadi ada baiknya jauh-jauh hari atau sejak sekarang kita persiapkan diri jika nanti ingin mengikuti pendaftaran tes CPNS 2018.

Apa saja hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS?

Hal utama tentu saja adalah berkas-berkas pendaftaran seperti ijazah, KTP, Akta Kelahiran dan data individu lainnya. Hal berikutnya adalah persiapan mental, artinya kita perlu persiapkan diri agar saat mendaftar (baik manual maupun online) kita tidak canggung, bingung, ataupun panik. Ini baru proses pendaftaran loh, belum saat tes yang pastinya memakai komputer dan online. Baiklah berikut ini hal-hal penting yang harus kita siapkan untuk persiapan mengikuti pendaftaran CPNS 2018.


1. Memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Sudah Valid. 

Hal paling penting adalah PASTIKAN kebenaran dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda. Silakan cocokkan NIK anda di antara KTP, Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran (jika di akta sudah ada NIKnya). Jika sudah cocok silakan cek NIK tersebut secara online di website Kementerian Dalam Negeri Ditjen Dukcapil di alamat website http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik  atau bisa juga menngecek NIK di web dinas dukcapil yang disediakan oleh daerah masing-masing. Selain itu datangi Kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil terdekat di daerah kita.

Yang dimaksud dengan NIK valid disini adalah kesamaan nama lengkap kita di website Ditjen Dukcapil dengan yang tertera di KTP maupun yang ada di Kartu Keluarga. Selain itu pastikan NIK tersebut adalah milik kita, karena bisa saja satu NIK dimiliki oleh 2 orang (ini akibat pemalsuan KTP). Jika NIK yang tertera di KTP kita tidak sesuai dengan di Dukcapil, berarti KTP kita kemungkinan palsu. Hehehe

Yang perlu diketahui, Kemendagri tidak pernah merilis aplikasi di perangkat mobile seperti android untuk mengecek NIK. Pengecekan NIK hanya di alamat http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Atau silakan buka artikel cara mengecek kebenaran NIK

Mengapa perlu mengecek valid tidaknya NIK sebelum mendaftar CPNS. Jawabannya adalah jika NIK kita tidak ada dan tidak valid atau ganda dan dimiliki orang atau dipakai orang lebih dulu untuk mendaftar CPNS dipastikan kita TIDAK BISA IKUT MENDAFTAR CPNS.

Buka Juga
Formasi CPNS 2018 daerah Bali, NTB, NTT
Formasi CPNS 2018 daerah Jawa Timur
Formasi CPNS 2018 daerah Jawa Barat dan Banten
Formasi CPNS 2018 daerah Kalimantan Selatan
Formasi CPNS 2018 daerah Lampung
Permenpan RB No 36 dan 37 tahun 2018
Alur Pendaftaran Tes CPNS 2018



2. Melegalisir dokumen pendaftaran CPNS

Dokumen pendaftaran CPNS yang perlu dilegalisir terutama adalah ijazah sejak SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Aturan cara Cara melegalisir ijazah bisa dibuka di link ini.
Bagaimana dengan dokumen lainnya. Setahu admin dokumen yang perlu dilegalisir adalah ijazah dan fotokopi sertifikat akreditasi perguruan tinggi

3. Mengumpulkan dan menscan Dokumen serta memfotokopi berkas Pendaftaran CPNS

Hal penting berikutnya sebelum ikut mendaftar CPNS adalah mengumpulkan berkas pendaftaran CPNS milik kita kemudian kita scan ke dalam format Pdf maupun jpeg (format gambar). Untuk melakukan scanning dokumen kita bisa ke toko atau rental komputer atau meminta bantuan teman yang memiliki scan atau printer yang ada fasilitas scan nya.

Apa saja dokumen yang perlu discan tersebut?
1. Ijazah/transkrip nilai, sejak SD hingga perguruan tinggi atau ijazah terakhir yang dimiliki
2. KTP (Kartu Tanda Penduduk) elektronik
3. Akte Kelahiran
4. Kartu Keluarga
5. Sertifikat-sertifikat. Misalnya sertifikat TOEFL. maupun sertifikat-sertifikat pendukung lainnya.
6. Surat Lamaran dan pernyataan, bisa dibuat sendiri atau diunduh di web instansi yang membuka penerimaan CPNS


Selain discan, dokumen-dokumen tersebut juga perlu difotokopi dan dilegalisasi (yang perlu dilegalisasi) untuk verifikasi berkas di panitia pengadaan CPNS daerah atau kementerian.

Hal lain yang perlu dipersiapkan
1. Pas Foto berwarna ukuran 4x6cm 4 lembar dengan latar belakang merah
2. Surat keterangan akreditasi perguruan tinggi dari BAN PT bagi lulusan Sarjana
3. Materai Rp 6000
4. Foto Selfie diri sendiri memegang KTP dan bukti pendaftaran di SSCN


 Dokumen-dokumen tersebut harus yang asli karena nanti akan diunggah di website di SSCN

4. Belajar Komputer/Internet Kembali.

Hehehe saya yakin Anda sudah bisa semua mengoperasikan komputer dan maupun berinternet lewat komputer/laptop termasuk menggunakan browser dan berselancar di dunia maya. Nah jika belum begitu paham belajarlah mulai sekarang karena pendaftaran CPNS tahun 2018 adalah secara online dan berdasarkan informasi dari BKN, untuk mengakses website pendaftaran dianjurkan memakai Laptop/Komputer karena sesuai info dari admin BKN bahwa ada fitur atau menu di website SSCN BKN yang tidak terlihat jika kita menggunakan Smartphone atau perangkat mobile yang kecil.


5. Belajar dan berlatih CAT BKN dan Soal-soal tes CPNS

Tes CPNS 2018 menggunakan teknologi CAT atau Computer Assistant Test yang tersambung secara online ke website Badan kepegawaian Negara. Nah agar lebih familiar kita bisa berlatih melalui aplikasi CAT yang sudah disediakan oleh BKN. Banyak juga website-website yang memfasilitasi kita untuk mengikuti latihan mempelajari soal tes CPNS.

Jika kita tidak memiliki perangkat belajar online semacam laptop, kita juga bisa mendownload contoh soal tes CPNS. Jika tidak ada juga, kita bisa membeli buku pintar latihan soal CPNS yang banyak tersedia di toko-toko buku.



6. Persiapkan mental dan fisik

Untuk persiapan fisik, tentu kita bisa dengan menjaga kesehatan kita sehari-hari, namun untuk mental, tidak sedikit saat mengikuti tes CPNS malah menjadi gugup dan panik. Hal ini terjadi karena kurangnya persiapan menghadapi tes tersebut, selain itu alokasi waktu mungkin tidak cukup untuk menyelesaikan jawaban seluruh pertanyaan. Mempersiapkan mental berhubungan dengan persiapan kita mempelajari seluk beluk proses pendaftaran, tes CPNS, serta dengan belajar soal-soal tes CPNS.


7. Bernazar dan berniat yang baik

Admin penulis kebetulan PNS dan mengikuti tes CPNS tahun 2004 lalu, dan bernazar hal tertentu, ( rahasia aja yaa nazar saya) Bernazar bisa jadi hal yang terlewat oleh kita yang muslim. Padahal hal tersebut bisa jadi pendorong ghaib yang tidak kita ketahui bisa meluluskan tes CPNS kita.
 Bernazar sangat dianjurkan bagi umat muslim jika menginginkan sesuatu dan wajib memenuhinya jika keinginan tersebut terkabul. Apa saja bentuk-bentuk nazar yang dianjurkan, Anda bisa bertanya kepada ustadz atau ulama ya....

Berniat yang baik sebelum mengikuti tes CPNS. Iyalah... ingatlah PNS itu abdi negara artinya PELAYAN masyarakat. Jadi niatkan dari awal untuk menjadi pelayan masyarakat yang baik. Jangan menghayal kalau jadi PNS aku mau ini, aku mau itu, aku nanti pamer ini itu. Sekarang aku sombong, suka pamer, nanti kalau jadi PNS insya Allah aku mau berubah gak angkuh dan sombong lagi. Hahahaha


8. Waspada upaya penipuan

Saat ini banyak berseliweran informasi oleh oknum-oknum yang bisa meloloskan seseorang lulus menjadi CPNS. Jangan pernah percaya akan hal tersebut. Karena bisa dipastikan itu penipuan. Terlebih Anda yang berstatus honorer, akan menjadi makanan empuk para oknum penipu ini.
Ingat untuk menjadi CPNS 2018 saat ini hanya melalui Tes CPNS. Belum ada aturan pengangkatan CPNS dari jalur honorer langsung diangkata seperti jaman presiden SBY. Artinya UU ASN yang berlaku saat ini mengamanatkan pengangkatan PNS harus melalui tes/sistem MERIT. Memang ada upaya-upaya dari pihak DPR maupun perwakilan honorer terutama honorer K2 yang berusaha agar dibuka kembali pengangkatan honorer dari jalur K2, namun hal tersebut belum ada kata sepakat antara DPR dan pemerintah dan entah bisa terlaksana atau tidak. Walaupun ada tetap melalui tes dan seleksi serta persyaratan lain.

9. Jangan buru-buru mendaftar

Ya terburu-buru itu tidak baik. Pastikan dulu lowongan jabatan yang tersedia dan sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Kalau tidak tersedia formasi CPNS bisa ikut tes di daerah lain yang membuka lowongan sesuai latar belakang pendidikan dan jabatan yang tersedia. Intipin juga bagaimana strategi memilih formasi CPNS 2018?


Baik demikian sedikit saran dan masukan bagi Anda dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti pendaftaran dan tes CPNS tahun 2018. Semoga sukses.

Buka Artikel Lainnya

Surat Pernyataan dan Lamaran CPNS 2018
Alur Pendaftaran Tes CPNS 2018
Kriteria Pelamar dan Berkas Persyaratan Pelamar CPNS 2018
 Passing Grade, SKD dan SKB dalam Tes CPNS 2018
Cara Mengurangi Ukuran File Pdf
Persiapan Mendaftar Tes CPNS 2018
Permenpan RB No 36 dan 37 tahun 2018 tentang CPNS 2018
Cara Mudah Mengurangi ukuran Memori Foto


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,