Back To Top

SK Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Sebelum membaca artikel ini perlu diketahui bahwa berkas manual maupun scan  ada kemungkinan tidak semua instansi yang meminta, namun nilainya saja yang diinput saat pendaftaran CPNS 2018. Namun tidak ada salahnya kita sebagai calon pelamar mempersiapkan berkas ini.
Update untuk secara jelas dan gamblang aturan akreditasi perguruan tinggi silakan baca pengumuman instnasi yang anda tuju. Untuk peraturannya bisa dilihat dalam revisi Permenpan RB 36 tahun 2018.

Salah satu berkas persyaratan yang harus disiapkan oleh calon pelamar CPNS satu diantaranya adalah berkas atau dokumen keterangan akreditasi perguruan tinggi dan program studi. Karena nilai (A, B, C, atau D) nanti akan dimasukkan dalam form pendaftaran di SSCN.

Ada beberapa rekan calon pelamar CPNS yang bertanya bagaimana surat keterangan akreditasi yang benar tersebut? Apakah harus yang asli discan? Bolehkah memakai fotokopi? Dimana mendapatkan sertifikat keterangan akreditasi tersebut?

Nah berikut penampakan Sertifikat Akreditasi perguruan tinggi dari BAN PT tersebut.

surat sertifikat akreditasi perguruan tinggi
Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT

Begini ketentuannya:

Jika anda memiliki yang asli  format digital yang didapat dari kampus, itu sudah bisa dipakai.

Berdasarkan pengalaman yang sudah pernah ikut tes cpns 2017 lalu, Jika memakai fotokopi ada yang  harus dilegalisir oleh pihak perguruan tinggi dan di stempel basah seperti gambar diatas. Ada yang tidak perlu dielgalisir, tergantung kebijakan instansi.

Untuk mendapatkan surat keterangan akreditasi perguruan tinggi dari BAN-PT sebaiknya datang saja ke kampus tempat kuliah dulu, minta fotokopinya lalu dilegalisir dan stempel basah. Namun ada juga perguruan tinggi yang menyediakan format scan yang bisa didownload di website kampus.
Adapun SK ata sertifika akreditasi yang dipakai adalah saat kelulusan kuliah. Jadi jika Anda lulus tahun 2017, maka SK akreditasi BAN-PT yang dipakai adalah pada masa itu. Perlu diketahui Akreditasi BAN-PT berlaku selama 5 tahun, misalnya Universitas Terbuka  prodi PGSD berlaku dari 2016-2021.

Bolehkah lulusan PT  jika perguruan tinggi dan program studi  yang nilai akreditasi C ikut mendaftar CPNS? Bisa tapi itu nanti aja dibahasnya ya...


Nah diatas adalah contoh Sertifikat Akreditasinya.

Kalau yang dibawah ini Surat Keterangan Akreditasi.
yang dipakai yang mana sih? Ada yang mengatakan SK saja ada pula memakai Sertifikatnya. Menurut saya Sama saja, Namun Kalau ada keduanya akan lebih bagus. Sekedar tambahan bagi yang baru lulus kuliah bisa mengecek nilai akreditasi perguruan tinggi di alamat web https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi

surat keterangan universitas institut perguruan tinggi BAN-PT
Surat keterangan akreditasi BAN-PT

Oke demikian, mumpung pendaftaran belum dibuka, ayo siapkan dari sekarang berkas persyaratan pendaftaran CPNS di SSCN.

Baca juga
Persiapan pendaftaran dan berkas pendaftaran di SSCN 
Alur proses pendaftaran CPNS 2018 
Permenpan RB nomor 36 dan 37 tahun 2018 tentang CPNS 2018


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,