Back To Top

Cara Mudah Mengurangi ukuran Memori Foto

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Jangan lupa sebelum melakukan edit foto pastikan anda sudah menggandakan foto yang sama agar ada cadangan jika ada kesalahan.

Setelah kemaren kita ketahui cara mengkompres ukuran file pdf, kali ini admin kerjapns.com akan berbagi cara mengurangi ukuran foto misalnya pas foto. Semoga bermanfaat bagi yang sedang menyiapkan berkas foto untuk pendaftaran CPNS 2018 atau pencari kerja.

Mengurangi ukuran foto bisa dilakukan dengan berbagai cara, cara yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi atau tool bawaan komputer windows yang ada. Pada tutorial disini kita akan memakai microsoft Paint. Sekedar untuk diketahui pas foto, foto selfie dan dokumen dalam bentuk foto yang lain sebagai syarat lamaran CPNS maksimal adalah 200kb. Jadi jika lebih dari itu sistem SSCN akan menolak. Jadi sesuaikan dengan perintah.

Pada contoh ini saya akan memakai foto Akreditasi BAN-PT yang berukuran 1,9 Mb. Yang akan diubah ke ukuran 200kb atau kurang dari itu. Tapi jangan lupa sebelum memulai edit foto pastikan anda menyalin mengcopy foto tersebut 2 atau 3 buah sebagai cadangan. Jadi jika ada kesalahan kita bisa memakai foto yang sama berkali kali.

Cara mengetahui ukuran foto sebelum dikompres adalah dengan melakukan klik kanan pada foto, lalu pilih properties akan ketahuan size/ukuran, format foto dan lainnya. Atau bisa juga dengan mengarahkan cursor mouse selama 2 detik  ke gambar yang diinginkan maka akan mucul spesifikasi gambar itu.

Cara Mengurangi ukuran Memori Foto kerjapns.com
cara kompress gambar

Pertama buka folder tempat menyimpan foto,
Klik kanan pada foto pilih Edit

Plih resize
Pastikan Resize By terpilih percentage. Jadi perintahnya mengurangi ukuran file berdasarkan persentase tertentu.

Disini kita kurangi menjadi 20 persen, maka ganti angka 100 pada horizontal maka vertical menjadi 20 juga secara otomatis

Klik Oke
Klik ikon simpan (terletak di pojok kiri atas) atau tekan Ctrl dan S pada keyboard secara bersamaan.

kerjapns.com Cara Mudah Mengurangi ukuran Memori Foto, cara kompres gambar jpeg jpg png cara mengurangi resolusi foto dengan microsoft paint atau software windows
Cara mengurangi ukuran dan resolusi foto


Foto berhasil dikurangi ukurannya.
Jika Saat kita melakukan kompres foto ini ternyata masih terlalu besar dari yang diinginkan, maka kita ulangi lagi dengan langkah yang sama. Bisa dari foto hasil salinan ata foto yang sudah dikompress tadi. Namun angkanya lebih besar misalnya 70.

Foto di bawah adalah hasil kompress dengan microsoft paint, dengan resize by percentage di angka 27. File yang awalnya 1.900kb berkurang menjadi 189,1kb. Dan kualitas foto masih bagus, dalam artian tulisan dalam foto masih bisa dibaca.
cara mengurangi kompress ukuran resolusi foto  kerjapns.com
foto hasil kompress


Tips mengkompress foto dengan Microsoft Paint.
  • Pastikan foto yang akan dikompres disalin atau digandakan dulu beberapa buah.
  • Anda juga bisa memilih kompres dengan resize by pixel tergantung mana yang lebih mudah menurut Anda.
  • Saat memilih resize dengan percentage pake angka-angka besar dulu. Apalagi jika ukuran foto sudah mendekati ukuran yang diinginkan. Misalnya jika ukuran 300kb ingin diturunkan ke 200kb maka pakai angka 90 saja. 
Demikian cara edit foto dan mengurangi ukuran foto dengan  Microsoft Paint. Anda juga bisa memotong dan menggunakan menu lainnya. Banyak cara lain yang bisa digunakan, bisa secara online, atau bisa memakai software seperti Photoshop, Corel dll. Tapi kalau sesuatu bisa dibuat mudah kenapa harus cari yang ribet? hehehe. Selamat mencoba.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,