Pekerjaan operator dapodik atau lebih familiar disebut operator sekolah merupakan pekerjaan yang menuntut kreativitas individu. Operator dituntut mandiri dan cepat menyelesaikan berbagi permasalahan terkait aplikasi dan pekerjaan administrasi sekolah pada umumnya. Dalam mengerjakan dapodik dan aplikasi turunannya tidak sedikit permasalahan yang muncul. Era sekarang sudah banyak forum-forum grup di media sosial seperti facebook dan grup whats app untuk tempat bertanya berbagai permasalahan operator serta solusi dan pemecahan masalah tersebut.

Cara Mencari Nomor HP Operator Sekolah Lain dan Operator Dinas
Banyak juga rekan-rekan operator yang merangkap profesi sebagai blogger dan youtuber yang menuangkan kreativitasnya menulis di blog dan membuat konten terkait aplikasi dapodik. Jadi jika operator sekolah khususnya yang agak gaptek dan pemula tidak sulit rasanya mencari solusi tinggal buka grup WA, FB atau tinggal buka google untuk mencari tahu.

Aplikasi dapodik merupakan aplikasi utama yang dikelola oleh operator sekolah. Selain Dapodik tentu saja masih banyak aplikasi turunan dari dapodik lain yang pada suatu waktu tertentu pasti akan diakses dan dikerjakan oleh operator sekolah seperti Verval PD, Verval PTK, APlikasi EDS PMP, PDUN, erapor dll. Selain aplikasi-aplikasi yang ada adapula website yang wajib dikunjungi operator dapodik seperti website manajamen dapodik di data.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

Terkait hal ini ada satu permasalahan yang kadang ditemui operator sekolah yakni masalah mutasi masuk dan keluar siswa. Di satu waktu operator sekolah tentu dihadapkan pada situasi dimana ada siswa mutasi masuk ke sekolah kita. Terkadang ada yang sudah melengkapi berkas persyaratan mutasi masuk, terkadang kurang berkas. Salah satu berkas yang kurang tersebut biasanya adalah surat keterangan atau bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah dikeluarkan oleh sekolah lama.

Masalah ini biasanya karena siswa pindah tanpa ijin dari sekolah lama, bisa juga karena siswa pindah secara resmi, namun operator dapodik tidak mengeluarkan siswa tersebut dari dapodik. Bisa juga sudah dikeluarkan namun tidak/belum disinkronisasi. Akibatnya nama siswa yang bersangkutan masih terdata di manajamen dan atau aplikasi dapodik.

Agar siswa tersebut dikeluarkan tentunya kita harus menghubungi operator sekolah yang bersangkutan agar segera mengeluarkan siswa tersebut dari aplikasi dapodik. Muncul lagi masalah, karena kita tidak mengetahui nomor kontak atau email  operator sekolah yang bisa dihubungi.

Untuk mengatasi masalah ini operator cantik punya solusi yakni dengan mencari nomor HP operator sekolah atau operator dapodik kabupaten kota di website SDM DATA PDSPK Kemdikbud yang beralamat di https://sdm.data.kemdikbud.go.id . Di alamat tersebut kita bisa mengetahui nomor handphone operator sekolah dan kabupaten dari seluruh Indonesia. Baiklah kita ikuti caranya di panduan di bawah ini.

Cara mengetahui nomor HP dan email Operator Sekolah lain

1. Koneksi ke internet, buka browser dan ketik alamat website SDM PDSPK di https://sdm.data.kemdikbud.go.id

2. Login dulu di web tersebut menggunakan akun email dan password SDM.
    Yang biasa dipakai untuk verval PD, verval Ponsel, verval PTK


3. Setelah Berhasil Login

Klik Instansi > Satuan Pendidikan. Tersedia pilihan untuk pencarian nama sekolah. Cara tercepat tentu saja dengan menginput nomor NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)

Setelah dimasukkan nomor NPSN, tekan enter keyboard. maka akan muncul nama sekolah. Klik Detail









Itu adalah cara mencari nomor HP operator sekolah lain. Bagaimana jika nomor operator sekolah sudah tidak aktif atau kurang responsif dan tidak mau bekerjasama? Coba cara lainnya yakni dengan menghubungi operator dapodik kabupaten. Cara bisa dilihat di bawah.

Caranya mirip dengan cara mencari nomor HP operator sekolah. Namun yang di klik adalah Dinas. Kalau tujuannya sekolah SD atau SMP bisa memilih dinas pendidikan kabupaten/kota.

Di menu Utama klik Instansi > Dinas >
Jenis Is+ntansi pilih Kabupaten/Kota, pada kolom nama masukkan nama kabupaten/kota lalu enter.
Akan muncul instansi kabupaten/kota Klik Detail.


menghubungi operator kabupaten

nomor hp operator dinas





Akan muncul nama-nama anggota KK-Datadik Kabupaten/Kota, Klik Detail (ikin warna biru) untuk melihat informasi detail berupa email dan nomor HP admin dinas. Tentunya menyesuaikan bidang pendidikan. Sebagai contoh lihat gambar dibawah.

Cara Mencari Nomor HP  Operator Dinas

Nah demikian tadi cara mencari dan mengetahui email dan nomor handphone operator sekolah lain dan operator dapodik dinas pendidikan kabupaten atau kota. Silakan dicoba.






Baca Juga

Post a Comment