Back To Top

Cara Mengecek Formasi Jabatan CPNS 2018

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Pada post sebelumnya telah dikabarkan tentang berita penundaan pendaftaran tes CPNS 2018. Pembukaan pendaftaran CPNS secara online di ssscn.bkn.go.id yang awalnya akan dibuka pada 19 September ditunda kemungkinan hingga 26 September 2018. Pengunduran jadwal pembukaan pendaftaran CPNS ini disebabkan masih ada beberapa daerah yang belum menginput formasi jabatan ke situs SSCN BKN tersebut. Walaupun pendaftaran CPNS diundur, namun web SSCN tetap dibuka dan masyarkat luas serta calon pelamar masih bisa melihat formasi-formasi jabatan, hal ini sesuai dengan press release yang dipublikasikan Humas BKN kemarin.


Dibalik penundaan pendaftaran tersebut ada hikmah tentunya bagi calon pelamar CPNS. Selain persiapan yang lebih panjang, pelamar CPNS juga bisa mengetahui formasi-formasi jabatan CPNS 2018 apa saja  yang disediakan oleh pemerintah daerah maupun instansi pusat. Pasalnya masih banyak calon pelamar yang belum mengetahui formasi jabatan CPNS yang tersedia bahkan di daerahnya sendiri. Pemda sepertinya pelit untuk mengumumkan formasi Jabatan yang ada, ya barangkali takut kalau lowongan CPNS di daerahnya diserbu peserta dari luar daerah, hehehe. Mungkin loh ya... tapi bisa saja ada hal teknis lain yang menjadi penyebab mengapa Pemerintah kabupaten/kota ada yang tidak mengumumkan formasi CPNS tersebut.

Kembali ke judul, tentunya sebagian besar dari calon pelamar ingin mengetahui formasi jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Karena terkadang jabatan CPNS yang sesuai dengan latar belakang ijazah tidak tersedia di daerah domisili calon pelamar. Maka dari itu pelamar mungkin mencari formasi jabatan tersebut ke daerah atau instansi lainnya. Bolehkah mendaftar CPNS ke daerah lain? Boleh, tidak ada larangan.

Walau ada beberapa daerah yang belum dan enggan mengumumkan formasi CPNS 2018, namun ada pula yang mengumumkannya dan tersebar luas khususnya di media sosial seperti Facebook, WA, Telegram dll. Jadi Anda bisa memanfaatkan medsos  untuk mengetahui formasi jabatan CPNS dengan bergabung di grup-grup medsos.

Buka Juga
CPNS 2018: Formasi Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM
Formasi CPNS 2018: Badan Pusat Statistik
Pendaftaran CPNS 2018 Kementerian ESDM
Pendaftaran CPNS 2018 Kementerian BUMN

 

Sesuai pernyataan Humas BKN dalam press releasenya bahwa situs SSCN di sscn.bkn.go.id tetap akan dibuka besok tepatnya 19 September namun menu yang ada khususnya bisa dipakai untuk mengetahui formasi jabatan CPNS 2018. Walau begitu admin akan coba berbagi cara mengetahui formasi jabatan tersebut.

Tentunya kita masuk ke situs sscn.bkn.go.id, kemudian perhatikan menu-menu yang tersedia. Klik menu Pencarian Formasi. Disini disediakan menu pencarian berdasarkan Instansi (Pemda dan Kementerian), latar belakang pendidikan dan nama jabatan.

Cara mencarinya berdasarkan instansi adalah dengan mengetikkan nama kabupaten, kota, propinsi atau nama kementerian dan lembaga. Misalnya latar belakang kita Sarjana Akuntansi dan ingin mencari jabatan CPNS bidang keuangan bisa mencari jabatan di Kementerian Keuangan atau Badan Pemeriksa Keuangan. Ketik kata keuangan maka akan muncul instansi bernama keuangan. Pilih salah satu nama instansi yang keluar, kemudian klik Cari. Maka akan keluar seluruh formasi jabatan yang tersedia. Disitu akan muncul ijazah pendidikan yang pas, nama jabatan dan jumlah yang tersedia.



Selain instansi atau lembaga pusat, bisa juga diketik berdasarkan nama kabupaten, kota atau propinsi di wilayah Anda tinggal. Misalnya anda berada di kabupaten Malang, bisa mengetik Malang, maka akan muncul nama Kabupaten Malang, Pemerintah Kota Malang, dan Pem Kab Pemalang. Pilih deh. Lalu klik cari, maka akan muncul formasi yang tersedia di kabupaten tersebut berdasarkan latar Pendidikan, nama Jabatan Jenis Formasi (umum/khusus) dan Jumlah atau kuota yang tersedia.

Mencari formasi jabatan yang tersedia juga bisa dilakukan berdasarkan latar belakang pendidikan dan nama jabatan yang diinginkan. Kalau berdasarkan pendidikan misalnya mencari jabatan guru bahasa Inggris bisa diketik Guru Bahasa Inggris, kalau berijazah di bidang kesehatan misalnya Keperawatan bisa mengetik Kata Perawat.
Contoh; saya mencari formasi perawat yang ada di kementerian, maka saya masukkan kata perawat pada form pendidikan dan Kementerian pada form instansi, klik cari. Keluar deh jabatan perawat yang tersedid di kementerian.



Jika nama daerah, instansi maupun nama kementerian belum muncul saat pencarian kemungkinan daerah Anda belum menginput formasi jabatan di situs SSCN.

Tips mencari formasi jabatan CPNS 2018

  • Jika Anda berlatar pendidikan guru dan bidang kesehatan dan misalnya ingin ditempatkan di daerah asal ya mencari berdasarkan instansi. 
  • Jika diketik nama kabupaten/kota atau propinsi tidak muncul berarti tidak membuka lowongan CPNS. Anda bisa mencoba peruntungan di daerah tetangga terdekat. 
  • Kalau Anda berlatar pendidikan non keguruan dan kesehatan sebaiknya cari berdasarkan instansi. Karena untuk sarjana-sarjana dan Diploma non kependidikan dan kesehatan, biasanya banyak berasal dari Kementerian dan Lembaga pusat, sedangkan untuk daerah, formasi untuk tenaga teknis non kependidikan dan kesehatan sangat sedikit. 
Selain cara di atas, bisa jadi pengumuman formasi bisa diunduh dalam file Pdf di situs tersebut.
Nah demikian saya kira cukup mudah untuk mengetahui formasi jabatan CPNS 2018 ini. Tapi ini bisa dicoba besok ya, 19 September, kalau sekarang belum bisa. Hehehe



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,



Arsip Blog