Latihan Simulasi Mendaftar CPNS 2019 di https://trainingsscn.bkn.go.id/


Bagi adik bapak ibu saudara yang pada tahun 2019 ini berminat untuk mendaftar CPNS bisa melakukan percobaan pendaftaran CPNS. Ya ini semacam simulasi atau contoh, jadi tidak perlu takut salah. Kalaupun salah tidak akan berpengaruh terhadap pendaftaran sebenarnya nanti di situs sscasn BKN. Sebelum anda mau mencoba melakukan simulasi registrasi CPNS 2019, siapkan Kartu Keluarga dulu, karena nanti akan diminta menginput NIK dan Nomor Kartu Keluarga.

Adapun alamat situs yang bisa Anda akses untuk melakukan percobaan registrasi CPNS 2019 adalah pada laman https://trainingsscn.bkn.go.id/daftar/akun. Jika sudah masuk ke laman tersebut maka bisa dilihat tampilan seperti gambar di bawah.

simulasi registrasi CPNS 2019  https://trainingsscn.bkn.go.id/daftar/akun
simulasi registrasi CPNS 2019

Kemudian masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP dibawahnya masukkan Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga. lalu masukkan 4 digit kode captcha. Jika muncul seperti ini tulisan Mohon maaf, NIK dan nomor KK tidak sesuai, berarti kita tidak bisa melanjutkan. Klik baiklah.
hal ini disebabkan bisa jadi karena terjadi perubahan nomor KK, karena sudah berpisah dengan orangtua karena menikah sehingga membuat KK yang baru. Solusisnya yang dipakai adalah nomor KK yang baru setelah berkeluarga.


nik tidak bisa didaftarkan untuk CPNS 2019


Jika berhasil akan muncul seperti  gambar di bawah, Anda sedang mendaftarkan akun SSCN untuk formasi umum. Ini artinya NIK dan nomor KK cocok dan valid atau terdaftar di database Kemendagri.
simulasi pendaftaran CPNS 2019

Langkah selanjutnya dalam simulasi pendaftaran CPNS 2019 ini adalah mengisi data antara lain:

Nama yang tertulis di Ijazah terakhir, tempat lahir dan tanggal lahir di ijazah. Pada form berwarna abu-abu tidak bisa diubah karena sudah sesuai KTP.  Lalu mengunggah foto berwarna dengan latar belakang merah (ukuran maksimal 200kb)

Simulasi mendaftar CPNS 2019
Simulasi mendaftar CPNS 2019

Selanjutnya adalah mengisi email aktif,  password, pertanyaan pengaman, dan jawaban pengaman dan terakhir kode captcha. Email disini berguna jika kita lupa password untuk login SSSCASN maka untuk mengganti password, link penggantian passowrd akan diberikan lewat email. Password yang dimasukkan adalah password untuk login SSCASN, bukan password email. Jadi harus dibedakan.


Jika sudah selesai tahap akhir maka bisa mencetak kartu pendaftaran, Silakan lihat seperti pada gambar di bawah.

kartu informasi akun CPNS 2019
kartu informasi akun CPNS 2019
Sekali lagi, bagi Anda yang melakukan simulasi pendaftaran CPNS di https://trainingsscn.bkn.go.id/ ini tidak perlu takut atau kuatir, karena situs ini disediakan sebagai sarana latihan pendaftaran CPNS. Tujuannya agar nanti pada saat mendaftar sesungguhnya di sscasn.bkn.go.id tidak asing lagi. Selain itu lewat simulasi ini kita juga bisa mengetahui apakah NIK kita bisa didaftarkan untuk registrasi CPNS 2019.




Integrasi data Pelamar CPNS 2019

Bagi para calon pelamar yang ingin mendaftar CPNS harap menyiapkan data-data yang update terhadap data diri masing-masing. Hal ini karena sistem SSCASN telah diintegrasikan dengan berbagai pihak untuk validasi calon pelamar. Adapun beberapa data yang terintegrasi antara lain adalah :

  1. NIK dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri. Mohon untuk memastikan data NIK dan KK anda telah tercatat dengan benar.     NUPTK dengan Kemendikbud.
  2. Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi dengan BAN PT dan Kemristekdikti.
  3. STR dengan Kemenkes, KKI, KTKI dan KFN. Pastikan ada telah memiliki STR untuk dapat mendaftar dalam formasi tenaga kesehatan di CPNS 2019.
Demikian tadi cara melakukan latihan mendaftar atau membuat akun di SSCASN BKN.

0 Response to "Latihan Simulasi Mendaftar CPNS 2019 di https://trainingsscn.bkn.go.id/"

Posting Komentar