Verval PD atau verifikasi dan validasi peserta didik, sudah merupakan yang umum diketahui oleh para operator sekolah seluruh Indonesia dari tingkatan pendidikan usia dini, dasar hingga pendidikan menengah. Baik untuk lingkup Kemdikbud itu sendiri maupun lingkup madrasah di bawah naungan Kemenag.  Yakni sebuah aplikasi online yang disediakan oleh PDSPK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi operator sekolah dan madrasah untuk melakukan perubahan data siswa secara resmi.

Aplikasi Verval PD ini sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu dan sudah dimanfaatkan oleh para operator dapodik untuk mengupdate data siswa, dikarenakan untuk melakukan perubahan data secara langsung di aplikasi dapodik sudah tidak bisa lagi dilakukan.

verval peserta didik http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/
VERVAL PD 2020

Mengapa perlu melakukan Verval PD


Wajibkah melakukan verval PD oleh operator dapodik? Soal wajib tidaknya tentu kembali kepada operator dapodik itu sendiri, karena bisa saja data real peserta didik yang tertera dalam Akta Kelahiran berbeda dengan yang ada di aplikasi dapodik. Perbedaan ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan input data siswa saat pertama kali masuk di sekolah tersebut.

Sebagaimana kita ketahui data siswa kelas 1 bisa diinput secara langsung di aplikasi dapodik maupun dengan cara melakukan penarikan data secara online dari sekolah asal, TK. Kesalahan input ini bisa saja terjadi saat PD bersekolah di TK, atau saat Operator menginput secara manual siswa kelas 1 di dapodikdasmen.

Nah kesalahan input data ini tentu bagi operator yang bertanggung jawab harus dibenahi atau dibetulkan. Operator wajib menyamakan data antara (khususnya) akte kelahiran dengan yang tertera di  aplikasi dapodik. Baik bagi siswa yang masih di pendidikan usia dini maupun hingga pendidikan menengah. Terlebih lagi bagi siswa kelas atas seperti kelas 6 SD, maka mutlak harus dibetulkan karena data penting akan dimasukkan ke ijazah.

Alamat Baru verval PD


Aplikasi verval PD telah mengalami beberapa alamat akses, kalau yang pertama sekali verval PD diakses lewat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ namun untuk tahun 2019 ini untuk melakukan verval PD ada di alamat baru http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id


Cara login di Verval PD


Untuk melakukan verval PD tentunya operator harus login dulu, pertama buka alamat http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id. Nanti secara otomatis akan diarahkan ke alamat SSO Kemdikbud di https://sso.data.kemdikbud.go.id/. Kemudian operator akan diminta memasukkan username dan password untuk login. Username dan password yang digunakan untuk login disini menggunakan username dan password yang sama untuk login di aplikasi dapodik.

Jika operator gagal login dengan tulisan username atau password tidak terdaftar, ada beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan password dapodik lama, ini pilihan jika operator pernah melakukan perubahan password pada aplikasi dapodik. Jika masih belum bisa login juga, maka pilihan terakhir adalah dengan melakukan registrasi ulang sebagai operator dapodik di alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id/


Mengenal menu verval PD


Tampilan baru verval PD saat ini tampak lebih sederhana, tentunya akan lebih mudah bagi operator dapodik untuk memahami menu dan fungsinya.

Menu Peserta Didik

Menu peserta didik merupakan halaman yang menampilkan data seluruh peserta didik di sekolah yang masuk dalam aplikasi dapodik. Di menu ini kita bisa mengunduh data siswa dalam bentuk format excel. Klik menu peserta didik, klik tombol excel. Maka akan muncul opsi unduh peserta didik.

verval peserta didik http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/
menu peserta didik verval PD


Menu Residu 

Apa itu menu residu? Residu dalam Kamus Besar Bahas Indonesia berarti yang tertinggal atau yang tersisa. Dalam menu residu di verval PD ini menampilkan data siswa yang "bermasalah". Bermasalah dalam artian data. Seperti belum memiliki NISN (NISN kosong), NIK di pakai lebih dari 1 orang, NISN dipakai oleh lebih dari satu orang. Untuk penjelasan menu Residu ini akan dibahas pada kesempatan berikutnya. Yang jelas di menu ini saya yakin banyak operator yang bingung, misalnya dengan kasus NISN dipakai oleh lebih dari satu orang.


MENU PENGELOLAAN

Di menu pengelolaan inilah operator dapodik bekerja untuk melakukan perubahan data siswa.

Menu Edit NISN

Menu ini digunakan untuk mengajukan perubahan NISN. Operator bisa melakukan klaim NISN siswa yang diinginkan. NISN yang bisa dilakukan klaim adalah NISN yang tidak terpakai oleh siswa aktif dan yang tercatat di Arsip.

Menu Edit Identitas

Menu inilah yang paling sering digunakan oleh operator dapodik. Adapun menu edit identitas ini digunakan untuk mengubah NIK, Nama siswa, Tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu kandung, dan jenis kelamin peserta didik.

Operator wajib menyediakan scan Akta Kelahiran yang dikeluarkan oleh Dinas kependudukan dan catatan sipil. (bukan akta lahir dari bidan/rumah sakit/puskesmas). Lebih bagus lagi jika menggunakan scan akta kelahiran yang asli dan bukan fotokopi. Bisa juga menggunakan scan kartu keluarga, jika NIK anak tidak ada di akta kelahiran (jika ingin mengubah NIK)


Cara edit identitas PD



Pastikan scan akta kelahiran siswa/KK sudah ada dalam format jpeg berukuran maksimal 1.024 kb,
klik edit identitas
Klik Daftar Siswa, ketik nama siswa yang akan diubah data. Selanjutnya muncul seperti ini,
Pada bagian form berwarna putih silakan ubah, sebagai contoh disini saya ubah nama dari Amanda Putri Pranomo menjadi AMANDA PUTRI PRAMONO.
Klik VALIDASI DATA, maka akan muncul menu upload dokumen pendukung.
Klik browse, cari di komputer, scan Akte atau KK
terakhir Klik UPDATE DATA



edit nama tempat tanggal lahir siswa verval PD



verval PD edita data siswa  di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id
verval PD



Selanjutnya menunggu proses approval atau persetujuan admin dinas pendidikan. Untuk mengetahuinya bisa dibuka Tabel Pengajuan Edit Identitas. Jika centang sudah berwarna hijau artinya  perubahan sudah disetujui.

Data yang sudah berubah ini oleh server PDSPK akan di push ke server dapodikdasmen, maka silakan cek data siswa yang sudah diubah dan disetujui di alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id (login dengan akun dapodik dulu) jika datanya sudah sama dengan di web verval PD, maka operator bisa melakukan sinkronisasi untuk melakukan penarikan data. Jika sinkronisasi berhasil, maka otomatis data di aplikasi dapodik juga berubah mengikuti data yang sudah diubah di verval PD.

Demikian tadi proses mudah cara melakukan verval PD atau edit identitas siswa di alamat http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/

Dibawah ini video di youtube cara edit identitas siswa. 


2 Komentar

  1. maaf mau tanya, kenapa data sudah falid masih muncul di residu? terus cara membenahi siswa yang ada di residu bagaimana? terima kasih

    BalasHapus
  2. maaf mau tanya dengan versi ini,untuk pencetakkan kartu nisn bagaimana yah

    BalasHapus

Posting Komentar