Cek Akreditasi Kampus dan Prodi Secara Online di BAN-PT

Akreditasi merupakan kewajiban yang diamanahkan dalam peraturan kepada lembaga-lembaga publik seperti rumah sakit, dan lembaga pendidikan. Khusus lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi, akreditasi diatur lewat Peraturan Menteri Riset dan Teknologi nomor 36 tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Adapun lembaga yang melakukan akreditasi terhadap perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau disingkat BANPT adalah badan yang dibentuk oleh Pemerintah untuk melakukan  dan  mengembangkan akreditasi Perguruan Tinggi secara mandiri.  Adapun tujuan diberlakukannya akreditasi perguruan tinggi tersebut salah satunya adalah untuk menjamin kualitas kampus berdasarkan standar yang telah ditetapkan BANPT.

cara cek akreditasi kampus di web BAN PT secara online

Akreditasi dalam lembaga perguruan tinggi terdiri dari 2 macam, pertama Akreditasi Perguruan TInggi, dan yang kedua akreditasi Program Studi. Akreditasi  Perguruan  Tinggi  dapat  dilakukan  setelah  semua Program   Studi   di   Perguruan   Tinggi   yang   bersangkutan terakreditasi.

Bagi rekan-rekan alumni perguruan tinggi tentu sebagian sudah ada yang tahu akreditasi prodi dan PT terlebih yang baru lulus. Namun kalau sudah lama lulus tentu bisa lupa atau tidak mengetahui sama sekali. Apalagi masa berlaku akreditasi cuma 5 tahun, bisa saja akreditasi saat lulus berbeda dengan yang sekarang.

Buka Juga cara cek keaslian Ijazah di SIVIL BELMAWA

Untuk apa sebenarnya kita mengetahui akreditasi kampus?

Dalam seleksi atau pengadaan CPNS sejak tahun 2017 lalu pendaftarannya dilakukan secara online. Dimana dalamproses pendaftaran CPNS itu kita diminta menginput peringkat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi. Begitupun di tahun 2019 ini tentunya tidak akan jauh berbeda dan ini sudah diumumkan secara resmi oleh Badan Kepegawaian Negara. Mengenai teknisnya bisa dilihat dalam artikel lain blog ini yang membahas penerimaan CPNS.

Cara cek akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi nya

Pada artikel sebelumnya sudah kami bagikan daftar  peringkat akreditasi perguruan tinggi. Namun kalau mau mengecek aslinya langsung agar lebih tepercaya bisa diikuti caranya seperti di bawah ini.

Seperti disebutkan diatas lembaga yang berwenang melakukan akreditasi perguruan tinggi (PT) adalah BAN-PT yang memiliki alamat website resmi di https://www.banpt.or.id/. Nah disitulah kita bisa mengecek dan mengetahui akreditasi kampus beserta program studinya.

Silakan buka https://www.banpt.or.id/ maka di halaman awal kita sudah disuguhi link untuk mengecek akreditasi PT. Yang tautannya bisa di buka di alamat https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php .

Disni kita cukup memasukkan sedikit kata kunci nama perguruan tinggi kita misalnya ketik Lambung maka akan muncul Universitas Lambung mangkurat. Nah silakan dicatat nomor SK akreditasi serta peringkat akreditasi serta tanggal kadaluwarsa.



cara cek akreditasi kampus swasta dan negeri di web BAN PT secara online

Cek akreditasi program studi PT saat ini

Anda bisa membuka tautan https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php


cara tahu nilai dan peringkat akreditasi kampus

Pada pencarian ini untuk menemukan data akreditasi PT yang masih berlaku. agar lebih cepat Silakan ketik nama PT, pada tingkatan strata pilih misalnya S1. Secara otomatis langsung berubah dan akan muncul nama PT dan prodi serta data akreditasinya.


Mengetahui Peringkat  Akreditasi Lama


Diatas tadi untuk mengetahui akreditasi perguruan tinggi beserta prodi nya saat ini, bagaimana jika ingin mengetahui akreditasi tahun-tahun sebelumya? Misalnya 2016. Silakan masuk ke alamat
https://www.banpt.or.id/bianglala/bianglala.php
Pertama masukkan saja nama perguruan tinggi

cara ketahui data akreditasi sekolah tinggi universitas akademi politeknik
cek akreditasi

Disini akan bisa diketahui akreditasi PT dan program studi yang dilakukan sebelumnya. Contoh di atas adalah untuk akreditasi Universitas Lambung Mangkurat. Bisa diketahui bahwa Univ Lambung Mangkurat telah melaksanakan akreditasi sebanyak 3 kali. Jika Anda lulus tahun 2015 maka akreditasi yang dipakai adalah B, sebaliknya lulus tahun 2019 maka akreditasi PT nya adalah A.

Untuk mengetahui data akreditasi program studi maka ketikkan saja nama prodinya di form bawahnya. Akan ketahuan data akreditasi prodi tahun-tahun sebelumnya.


cara ketahui data akreditasi sekolah tinggi universitas akademi politeknik


Demikian tadi cara mengetahui data akreditasi program studi dan perguruan tinggi seluruh Indonesia, yang bisa dilakukan secara online di situs BAN PT. Saran saya kalau mau hasil terbaik sebaiknya menggunakan komputer atau Smartphone layar lebar.


Bagaimana jika perguruan tinggi belum terakreditasi? Ya jelas nggak bakalan muncul dipencarian.

0 Response to "Cek Akreditasi Kampus dan Prodi Secara Online di BAN-PT"

Posting Komentar