Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Mengetahui dan Mendapatkan Kode EFIN Pajak Online yang Lupa

Pelaporan pajak secara online dilakukan setiap tahun sejak 2015 lalu. Sebelum memulai pelaporan tersebut biasanya PNS akan diberi lembaran hasil cetak dari ditjen pajak setempat yang kemudian dibagikan kepada PNS yang bersangkutan. Pengisian palporan pajak online ini biasanya dilakukan di awal tahun. Karena pelaporan yang setahun sekali tersebut akhirnya banyak yang lupa password untuk masuk ke akun DJP online tersebut.

Admin info PNS yakin banyak rekan PNS  yang lupa password untuk login di djponline alias pelaporan pajak online efilling maupun ebilling. Data yang dibutuhkan untuk masuk/login di djponline adalah NPWP dan password. Jika kita lupa password tentu saja tidak bisa login, hehehe. Nah untuk mengganti password perlu yang namanya kode EFIN. Darimana kode EFIN tersebut? Kode EFIN diberikan oleh pihak direktorat pajak baik itu lewat email, ataupun kita sendiri memintanya ke kantor pajak terdekat.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kode EFIN
1. Mengecek email lama
2. Chat dengan agen pajak di www.pajak.go.id
3. Lewat twitter dengan mention akun @kring_pajak
4. Lewat nomor telepon Kring Pajak di nomor 1500200
5. Cara terakhir, mendatangi kantor pajak terdekat di kota Anda.

Saya sendiri lupa kode EFIN setelah hampir setahun, namun setelah saya cek ternyata kode EFIN tersebut masih tersimpan di email pribadi. Namun jika lupa email, kita tentu tidak bisa mencari dalam kotak masuk email. Jika kantor pajak dekat tentu tidak masalah untuk meminta ke kantor pajak, namun kalau jauh ya tentu kita harus berfikir ulang ke kantor pajak.

kode efin pajak 2024

1. Mengetahui kode EFIN lewat email. 

Berikut ini admin beritahu cara mengetahui kode EFIN. Silakan buka kotak masuk email, lihat kotak pencarian. Ketikkan kata "pajak" tanpa tanda kutip, maka akan kita temukan arsip email mengenai pajak, bulan ataupun tahun tahun sebelumnya.Cara seperti ini, dilakukan jika kotak masuk email terlalu banyak. Namun jika isi kotak email sedikit, tidak begitu sulit mencari arsip email pada setahun terakhir. Bisa juga dengan mencari dengan kata kunci EFIN.

cek kode efin pajak
Cara Mengetahui kode EFIN Pajak yang lupa

Jika sudah muncul, silakan klik dan buka email sekitar bulan Maret tahun 2016 lalu, atau email pertama yang kita terima dari DJP (Direktorat Jenderal Pajak).  Lihat gambar di bawah.


cek kode efin pajak
Kode EFIN Pajak Online
cara mendapatkan kode EFIN yang lupa
contoh nomor Kode EFIN pajak

Jika sudah lihat ada EFIN di situ. catat baik-baik kode EFIN tersebut yang akan dipakai/diminta saat mengganti password djp online. Kode EFIN terdiri dari 10 digit angka, tidak ada paduan huruf besar maupun kecil.

Jika ingin mengganti silakan buka cara mengganti password pajak online
Seperti yang telah diutarakan sebelumnya bahwa cara mengetahui kode EFIN tadi merupakan salah satu alternatif jika kita lupa kode EFIN, yakni dengan mencari di arsip kotak masuk email kita. Namun jika kita lupa atau tidak bisa login di email kita, bisa juga kita lakukan dengan cara lain yakni ke kantor pajak terdekat untuk meminta kode EFIN. Silakan pilih cara yang sesuai dengan kondisi Anda.


2. Chat dengan agen pajak di www.pajak.go.id dan lewat akun twitter pajak

cek kode efin pajak
Data yang lupa kode EFIN
 
Sebelum chat dengan agen pajak di www.pajak.go.id maupun tanya EFIN via twitter siapkan dulu data-data sebagai berikut:
  • NPWP
  • Nama Lengkap
  • Alamat terdaftar pada saat registrasi EFIN
  • Alamat email atau nomor HP saat registrasi EFIN
  • Tahun Pajak SPT terakhir

Masuk ke alamat web www.pajak.go.id klik ikon bertulisan chat pajak. Jangan lupa siapkan data diri di atas.

Cara Mengetahui dan Mendapatkan Kode EFIN Pajak Online yang Lupa
lupa kode efin

4. Menelepon Nomor nomor telepon Kring Pajak di nomor 1500200

Kalau memakai nomor ini tentunya harus ada pulsa untuk melakukan panggilan ke nomor Kring Pajak di atas.

5. Mendatangi Kantor Pajak di kota Anda

Bagi Anda yang kesulitan dengan 4 cara sebelumnya jalan terakhir adaah dengan mendatangi kantor pajak di kota Anda. teman-teman saya yang kelupaan nomor EFIN juga mendatangi kantor pajak, dan biasanya juga dibantu untuk pengisian DJP Online.


 

Demikian tadi cara mengetahui kode EFIN yang lupa, cuma mengingatkan lain waktu agar koe EFIN dicatat, karena pelaporan pajak dilakukan setiap tahunnya.
Selanjutnya adalah kita ikuti cara mengganti reset password pada akun DJP online. dan Membuat SPT pajak Online

Related Posts