nilai ambang batas pasing grade PPPK guru

Kemeterian PAN RB secara resmi telah menetapkan peraturan mengenai Nilai Ambang Batas atau Passing Grade dalam Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) PPPK khususnya bagi jabatan fungsional guru. Adapun peraturan mengenai Nilai Ambang Batas Seleksi PPPK jabatan guru tersebut tertuang dalam Keputusan MenPAN RB nomor 1127 tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Pengadaan PPPK Guru tahun 2021. Berikut Gambaran lengkapnya.

Jumlah soal dalam Seleksi Kompetensi PPPK Guru adalah 155 soal, dengan rincian 100 soal Kompetensi Teknis, 25 soal Kompetensi Manajerial, 20 soal Kompetensi Sosial Kultural, dan 10 soal untuk Wawancara berbasis komputer

nilai ambang batas pasing grade PPPK guru

Seleksi Kompetensi PPPK Guru akan menggunakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)-UNBK yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, bukan CAT BKN. Materi Seleksi Kompetensi PPPK terdiri dari Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara.

Materi Seleksi Kompetensi sebagaimana dimaksud pada DIKTUM PERTAMA meliputi:

a. materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan
sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang
teknis jabatan

b. materi Kompetensi Manajerial bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan
sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dari stikembangkan terkait dengan  integritas; kerjasama; komunikasi; orientasi pada hasil; pelayanan publik; pengembangan diri;

c. materi Kompetensi Sosial Kultural bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:
1. kepekaan terhadap perbedaan budaya; dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi
dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan.
2. kemampuan berhubungan sosial
3 kepekaan terhadap konflik dan  empati

d. Wawancara bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas

Nilai Ambang Batas Seleksi PPPK

Passing grade Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2021 berbeda-beda untuk setiap jabatan. Alasannya adalah karena mata pelajaran yang diajarkan berbeda dan jenjang pendidikan juga beragam dari TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK

nilai ambang batas pasing grade PPPK guru

DAFTAR NILAI AMBANG BATAS SELEKSI KOMPETENSI TEKNIS UNTUK JABATAN FUNGSIONAL GURU SEBAGAIMANA DIMAKSUD PADA DIKTUM KELIMA BELAS

nilai ambang batas pasing grade PPPK guru


Guru Kelas (TK)  ( 260 )

SD

Agama Budha; 325

Agama Hindu; 325

Agama Islam; 325

Agama Katolik; 325

Agama Kristen; 325

Guru Kelas (SD); 320

Penjasorkes (SD); 275

SMP

Agama Budha ; 325

Agama Hindu; 325

Agama Islam ; 325

Agama Katolik; 325

Agama Kristen; 325

Bahasa Indonesia; 265

Bahasa Inggris; 270

Bimbingan Konseling; 270

IPA; 270

IPS; 305

Matematika; 205

Penjasorkes; 280

PPKN; 330

Prakarya dan  Kewirausahaan; 250

Seni Budaya; 280
 
TIK ; 235

Jadi misalnya Anda sebagai guru kelas SD, maka nilainya harus sama dengan atau lebih dari 320 baru dinyatakan lolos passing grade untuk nilai Kompetensi Teknis. Termasuk 130 untuk nilai Kompetensi Manajerial dan Sosiokultural  dan 24 untuk nilai wawancara.

Khusus nilai Kompetensi. Hal diatas masih ada tambahan lagi, jika Anda memenuhi kualifikasi kebijakan afirmasi dari Kemdikbud

  1. Pertama, peserta dengan umur 35 tahun ke atas terhitung saat pendaftaran dan berstatus aktif selama 3 (tiga tahun) terakhir mendapat bonus nilai kompetensi sebanyak 75 poin (15% dari nilai maksimal 500 poin).
  2. Kedua, untuk peserta penyandang disabilitas, para peserta akan mendapatkan bonus nilai kompetensi teknis sebanyak 50 poin (10% dari nilai maksimal 500 poin). 
  3. Ketiga, bagi peserta yang sudah memiliki sertifikat pendidik, peserta mendapat nilai penuh (100)  untuk komponen kompetensi teknisnya dan tetap perlu lulus batas nilai kelulusan untuk tes manajerial, sosiokultural, dan wawancara.

Contoh:

1. Anda Honorer  (misalnya berusia 35 tahun 6 bulan) seperti poin 1. ikut tes mendapat nilai kompetensi 300(kurang dari ketentuan), namun karena ada afirmasi maka akan mendapat tambahan nilai 75, sehingga totalnya menjadi 375 poin, yang artinya nilai ambang batas seleksi kompetensi Anda memenuhi syarat. Namun jika usia Anda kurang dari 35 tahun maka Anda tidak lolos passing grade, karena tidak ada tambahan nilai.

Apakah lolos passing grade? Ya harus dilihat juga nilai kompetensi manajerial dan wawancara, kalau sama dengan atau lebih dari nilai yang ada, maka Anda lolos PG.

2. Jika Anda pemilik serdik dan linier, maka secara otomatis mendapat nilai sempurna 500 untuk nilai kompetensi, namun perlu dilihat lagi nilai wawancara dan manajerial untuk kelolosan PG.

Selengkapnya mengenai afirmasi ini bisa dibuka di laman Kebijakan Afirmasi PPPK Guru.
demikian tadi mengenai nilai ambang batas atau passing grade seleksi PPPK tahun 2021.
File Selengkapnya bisa diunduh di sini
Baca Juga

Post a Comment