Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai program PDMASN atau Pemutakhiran Data Mandiri ASN dari Badan Kepegawaian Negera. Jadi program ini bertujuan agar ke depan PNS dan PPPK bisa memperbaharui data kepegawaian secara mandiri lewat MYSAPK.

Beberapa hari ini juga viral pesan berantai mengenai MYSAPK tersebut yang isinya sebagai berikut:

INFO TERKAIT AKTIVASI AKUN MySAPK BKN

Sebagai langkah awal, selama bulan Juni ASN melakukan Aktivasi Akun MySAPK terlebih dahulu. Tata-cara pengaktifan Akun MySAPK terlampir di slide berikut di bawah.

Jika sampai akhir Juni 2021 ASN tidak melakukan aktivasi akun MySAPK, maka layanan kepegawaian ybs seperti kenaikan pangkat, pensiun dll akan DIPUTUS oleh Badan Kepegawaian Negara.

Terima kasih atas perhatiannya 🙏🏼
login menggunkan NIP password menggunakan NIK

Berikut panduan aktivasi akun My SAPK BKN:

1. Masuk ke link Reset Password dulu Klik disini

2. Setelah itu muncul halaman lupa pasword, Masukkan NIP anda sebagai username dan pada kolom kedua masukkan Email yang terdaftar di My SAPK/SIASN untuk melakukan reset password

3. Klik Lanjutkan;

4. Berikutnya masukan password dengan minimal 6 karakter terdiri dari minimal 1 huruf besar dan 1 angka dan baris kedua masukan Token;

5. Token ini akan dikirim melalui email, tinggal kita buka lalu salin dan tempel saja pada aplikasi My SAPK kemudian klik Reset Password;

6. Setelah proses selesai maka update password telah berhasil dilakukan;

7. Tinggal kita Login di menu My SAPK dengan menggunakan Username berupa NIP dan masukan password baru yang telah didaftarkan;

8. Setelah berhasil masuk maka akan tampil Menu Home aplikasi My SAPK, tinggal menunggu menu update bisa digunakan untuk proses update data anda masing-masing karena saat ini masih belum bisa dilakukan (mulai Juli - Oktober 2021).

9. Apabila email yang dimasukan salah atau mendapat notifikasi Operasi Gagal, NIP atau email tidak sesuai atau Maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghubungi biro SDM/BKPSDM instansi masing-masing (Atau ke BKD)

Untuk aktivasi bapak/ibu masuk dulu ke alamat https://mysapk.bkn.go.id. Dengan User adalah NIP dan Password adalah NIK. Disarankan tetap ganti password lewat email seperti langkah-langkah diatas.

1. Cara 1 Masuk ke MYSAPK menggunakan NIP dan NIK

Login ke MYSAPK menggunakan NIP dan NIK sebagai passsword dilakukan sebelum 30 Juni 2021, Jika Anda pernah login menggunakan NIP dan NIK ini sebelum 30 Juni, maka setelah itu atau seterusnya masih bisa menggunakan NIP dan NIK tersebut.

Namun jika belum pernah login ke MYSAPK sebelum 30 Juni, wajib menggunakan cara reset password, atau cara kedua (pake NIP dan reset password)

Jadi fokus pada poin terakhir, PNS langsung saja login ke MYSAPK versi Web maupun MYSPAK versi aplikasi dengan menggunakan NIP dan passwordnya gunakan NIK atau Nomor Induk kependudukan Anda. Dijamin bisa login langsung.

login MYSAPK memakai NIP dan NIK


Buka juga Cara Aktivasi Akun MYSAPK ASN Kemenag

Cara kedua, Masuk MYSAPK Dengan Reset Password.

Untuk masuk dengan cara kedua atau reset password ini, Anda harus menyerahkan email Anda yang aktif kepada Badan Kepegawaian di daerah masing-masing. Nantinya email ini akan didaftarkan ke MYSPAK oleh admin BKD.


1. Masuk ke laman situs MYSAPK BKN di https://mysapk.bkn.go.id/

2. Klik lupa password, lalu masukkan email yang aktif. Klik Lanjutkan


cara aktivasi mysapk bkn


3. Masukkan password baru Anda. Password baru disini adalah yang digunakan untuk masuk ke MySPAK, baik itu MySAPK versi Web maupun MYSAPK versi Aplikasi.
Catat baik-baik password MYSAPK Anda, jangan sampai lupa.

Sedangkan kode token silakan buka email di kotak masuk, disana akan terdapat kode token berupa angka. Buka Email Anda, cek di Kotak Masuk akan muncul email dari situs BKN yakni dari mysapk@bkn.go.id. Kemudian Klik Reset Password.

cara aktivasi mysapk bkn

cara aktivasi mysapk bkn




Dengan Klik Reset Password ini berarti akun MYSAPK Anda sudah aktif, dan bisa login ke MYSAPK versi website maupun MYSAPK versi aplikasi dengan NIP dan password yang baru saja diinput tadi.


Jika sudah direset maka bisa login di halaman login https://mysapk.bkn.go.id/



Berikut ini tampilan MYSAPK BKN versi Desktop atau komputer

cara aktivasi akun dan login di Mysapk


Tampilan MYSAPK versi aplikasi di HP Android

cara aktivasi akun dan login di Mysapk

Untuk perubahan atau penambahan data PNS, bisa dimulai pada 1 Juli 2021. Atau tergantung jadwal pengisian MYSAPK yang telah ditetapkan oleh BKN.

Untuk mengunduh MYSPK versi aplikasi Android silakan klik pada link di bawah.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nudi.bkn.sapk&hl=in&gl=US


Demikian tadi tata cara login pertama kali aktivasi akun serta jika ingin mengubah password MYSAPK BKN. Untuk versi Web maupun aplikasi sama saja caranya. Untuk pengerjaan atau pengisian MYSAPK ini mengikuti penjadwalan yang telah ditentukan oleh BKN.

Demikian tadi cara masuk pertama kali dan aktivasi atau registrasi akun MYSAPK BKN.

Khusus para PNS dan PPPK yang ingin bertanya-tanya masalah MYSAPK silakan bergabung ke grup MYSAPK BKN di web.facebook.com/groups/infogtkgurupns/


Baca Juga

4 Komentar

  1. mengapa pada saat masuk update jawababnya server mengalami kendala silakan tunggu beberapa saat.

    BalasHapus
  2. mohon bantuan, saya baru saja mengganti email, bagaimana caranya agar saya bisa memakai email yang baru untuk masuk ke aplikasi muspak ? apakah ada help desk nya ? agar bisa dibantu, terima kasih

    BalasHapus
  3. Lupa password email, jadi token masuk ke email.
    Sedangkan email tidak bisa dibuka, email apa bisa diganti? mohon bantuannya

    BalasHapus
  4. Lupa password email, token masuk ke email jadi gak bisa ngambil.
    Gimana cara bisa mengganti email?
    Swn

    BalasHapus

Posting Komentar