Seorang operator sekolah dalam tugasnya tidak hanya mengurusi dapodik semata, namun juga ada aplikasi turunan lain yang juga harus dikelola dan dikerjakan seperti verval PTK, aplikasi PMP, verval PD, eraport dan yang terakhir adaah verval ponsel. Untuk mengerjakan aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan akun untuk login baik aplikasi yang sifatnya online maupun offline.

Salah satu aplikasi yang terpenting yang sering dikerjakan oleh operator dapodik adalah aplikasi verval PD yang digunakan untuk mengubah data peserta didik seperti NIK, NISN, tempat dan tanggal lahir peserta didik.

Sayangnya akun login di web verval PD bisa saja berbeda dengan aplikasi dapodik. terlebih jika sekolah sering gonta ganti operator sehingga tidak sedikit operator baru yang bingung bagaimana cara masuk di aplikasi verval PD tersebut. Karena operator yang lama tidak meninggalkan akun kepada operator baru. Satu jalan terakhir mau tidak mau maka operator sekolah harus membuat akun yang baru atau dengan kata lain harus registrasi sebagai operator baru di web SDM data kemdikbud.

cara registrasi operator sekolah di sdm data kemdikbud
registrasi operator sekolah di sdm data



Berikut tata cara pendaftaran operator baru di SDM Data Kemdikbud.

1. Siapkan SK operator sekolah yang ditanda tangani kepala sekolah dan distempel yang telah di scan  dan disimpan ke format Pdf ukuran maksimal 1 MB. Contoh SK operator bisa dibuka di tautan ini

2. Siapkan  email yang aktif atau email pribadi operator, bukan email sekolah dan nomor HP operator.

3. Masuk ke alamat https://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
    Klik menu Registrasi Anggota Pilih Operator Sekolah atau link langsung ke
    https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru


4. Isi seluruh Biodata Operator dengan benar.

5. Pada bagian akhir Surat Penugasan, upload SK operator yang telah di scan.

6. Klik Registrasi



Setelah tahapan di atas berhasil, segera melapor ke admin dapodik kabupaten/kota/propinsi agar akun segera diaktifkan, karena kalau menunggu dari pusat atau tidak melapor biasanya agak lambat ditangani. Untuk melihat status pendaftaran operator baru klik menu status pendaftaran, lalu masukkan email yang telah didaftarkan. Klik Cek. Jika sudah disetujui akan muncul akun sudah aktif, silakan login.

cek status pendaftaran operator sekolah
cek status pendaftaran operator sekolah



Sekedar diketahui oleh operator, akun di sdm data kemdikbud ini digunakan untuk login verval PD, verval PTK dan verval ponsel yang sekarang lagi hot-hotnya  dikerjakan oleh operator sekolah.

Demikian cara mudah registrasi operator sekolah di SDM data kemdikbud yang digunakan untuk keperluan verval PD, PTK  dan verval ponsel.



Post a Comment