Sebagaimana kamu informasikan pada berita sebelumnya bahwa Kemdikbud akan menyelenggarakan PPG dalam Jabatan pada tahun 2020 ini. Jadwal sudah ditetapkan sebanyak 3 angkatan berita selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

Khususnya Anda yang sudah pernah mengikuti pretes pada tahun 2017 dan 2018 lalu namun belum ditetapkan sebagai peserta ataupun belum terpanggil sebagai mahasiswa PPGJ tahun 2019, barangkali tahun 2020 ini akan terpanggil sebagai calon peserta PPGJ 2020.

Cara mengetahui apakah ditetapkan sebagai calon peserta PPGJ tahun 2020 bisa diikuti pada paparan di bawah ini.

1. Silakan buka laman https://sergur.id/


2. Klik tautan "disini" pada laman https://sergur.id/, lihat pada gambar di bawah


cek capes ppgj 2020 di https://sergur.id/
Link cek peserta PPGJ


3. Masukkan No UKG  saat Anda mengikuti pretes tahun 2017 / 2018 lalu. Kemudian Klik icon kaca pembesar seperti ditunjukkan tanda panah.

cek peserta PPG daljab memakai Nomor UKG
Cek Panggilan PPGJ 2020


4. Selanjutnya akan tampil nama Anda, berikut angkatan ke berapa akan mengikuti PPGJ.

angkatan ke berapa ikut PPGJ tahun 2020
peserta PPGJ 2020


Sebagai contoh adalah pada gambar di atas diketahui bahwa nama atau guru yang bersangkutan terpanggil atau ditetapkan sebagai peserta PPGJ di universitas atau LPTK Universitas Mataram.

Jika muncul "anda saat ini belum ditetapkan sebagai calon mahaisiswa PPG Daljab 2020" maka silakan menunggu peserta lain yang tidak bersedia ikut atau mengundurkan diri. Statusnya seperti gambar di bawah adalah peserta cadangan. Silakan pantau terus laman sergur.id

peserta cadangan PPGJ 2020

Proses selanjutnya nanti adalah peserta melakukan konfirmasi kesediaan, lalu mencetak form A1 dan pakta integritas. Tahapan ini sesuaikan jadwal. Kalau angkatan pertama dibuka linknya pada tanggal 22 Juni 2020 nanti. Kalau tahun lalu alamat website untuk melakukan konfirmasi kesediaan mengikuti PPGJ disediakan pada laman https://daftar.sergur.id. Namun tidak diketahui pada tahun ini, karena linknya belum ditetapkan oleh panitia PPGJ.

Demikian tadi tata cara mengetahui jadwal PPGJ tahun 2020.  Bagi yang belum terpanggil harap bersabar. Bagi yang menunggu hasil pretes 2019 belum ada pengumuman. Biasanya hasil pretes diumumkan dilaman SIM PKB masing-masing guru.




Sebagaimana kami beritakan sebelumnya bahwa Kemdikbud telah membuka pendaftaran atau seleksi administrasi calon peserta sergur tahun 2020. Jadi peserta bisa menghubungi panitia sergur kabupaten/kota setempat untuk mengetahui informasi ini.  Yang dilakukan calon peserta sergur adalah menyiapkan berkas persyaratan sertifikasi guru pola PPGJ tersebut diantaranya;

Buka juga
Informasi Update Jadwal PPGJ tahun 2020 Dimulai Bulan Juli
Jadwal PPGJ 2020 terdiri 3 Angkatan 

Berkas persyaratan administrasi calon peserta PPGJ

1. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang oleh perguruan tinggi, atau kopertis atau dinas pendidikan kabupaten/kota.
2. Fotokopi SK pengangkatan pertama dan SK pengangkatan 2 tahun terakhir, khusus bagi guru tetap yayasan adalah SK pengangkatan dari yayasan yang sama. SK tersebut dilegalisir oleh:
a. Guru PNS oleh Kepala Dinas Pendidikan
b.PNS yang ditugaksan sebagai guru  oleh Pemda atau yang diberi kewenangan dilegalisasi oleh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.
c. Guru Tetap Yayasan dilegalisir oleh ketua Yayasan
d. Guru Non PNS yang memiliki SK honor daerah dilegalisir oleh Kepala Dinas.
3. Fotokopi SK Mengajar Pembagian tugas 2 tahun terakhir (2017-2018 dan 2019-2020)
4. Surat Ijin dari Kepsek atau ketua yayasan untuk menjadi peserta PPG 2020.
5. Pakta Integritas dari calon peserta PPGJ (format seperti gambar dibawah)
6. Surat pernyataan dari Kemristek Dikti jika berijazah lulusan luar negeri.
7. Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah
8. Surat keterangan bebas Narkoba/Napza dari BNN atau yang berwenang.
9. Surat keterangan kelakuan Baik atau SKCK dari Kepolisian (poin 7, 8 dan 9 disiapkan jika sudah dipastikan menjadi peserta PPGJ dan dibawa saat lapor diri)

Selain mempersiapkan berkas persyaratan calon peserta hendaknya sering-sering berkunjung ke laman web pengumuman calon peserta sertifikasi guru tahun 2020 pola PPGJ di
  1. https://sergur.id/pub/index.php?pg=home atau di 
  2. https://sergur.kemdikbud.go.id/pub/index.php
Karena di alamat-alamat diatas lah nantiakan diumumkan calon nama peserta sergur 2020. Selain di web sergur itu juga biasanya akan diumumkan lewat akun SIM PKB guru masing-masing. Saat ini di laman sergur.id  tersebut masih ditampillkan informasi sergur untuk tahun 2019 dan informasi terbaru sergur PPGJ tahun 2020.

Link Cek Peserta Sergur PPGJ 2020      https://sergur.id/pub/index.php?pg=home atau di      https://sergur.kemdikbud.go.id/pub/index.php

Informasi PPGJ 2020 diantaranya berisi tentang


Penempatan LPTK PPG 2020


Informasi hasil verifikasi administrasi calon peserta dan penempatan LPTK bagi cadangan/calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahun 2020

Informasi Pembelajaran Daring

Informasi tautan LPTK penyelenggara PPG daljab 2020


Konfirmasi dan Registrasi

Sarana konfirmasi kesediaan mengikuti PPG sesuai LPTK yang ditentukan. Sarana cetak Dokumen A1 dan Paktaintegritas bagi yang sudah ditetapkan menjadi mahasiswa PPG 2020

Materi Pengayaan PPG

Materi pengayaan bagi remedial guru dasus. Materi ini juga dapat dipergunakan sebagai materi pengayaan bagi mahasiswa PPG

Buka juga
Syarat peserta dan Jadwal Pretes PPGJ
Cara mendaftar sebagai peserta pretes PPGJ 2019
Jadwal PPGJ Tahun 2020

Cara cek kepesertaan Sergur PPGJ tahun 2020


Bagi Bapak Ibu yang sudah pernah mengikuti pretes/UKG tahun 2018 lalu dan dinyatakan lulus bisa mengetahui calon kepesertaan sertifikasi guru tahun 2020 dengan melihat dan mengecek secara mandiri di alamat https://sergur.id/pub/index.php?pg=seleksi
Kemudian masukkan kode nomor peserta UKG/pretes tersebut

cek calon peserta sergur di www.sergur.id

cek calon peserta sergur di www.sergur.id

cek peserta sergur 2020 di sergur.id

Sebagai contoh bisa dilihat calon peserta seleksi PPGJ tahun 2020 di atas, masuk sebagai calon peserta namun harus memenuhi persyaratan berkas untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.


Jika Anda sudah disebutkan sebagai peserta seleksi PPG daljab 2020, maka langkah selanjutnya adalah mengantar berkas ke dinas pendidikan kabupaten/kota. (jika di keterangan akhir diminta) Silakan buka artikel sebelumnya tentang pendaftaran calon peserta sergur tahun 2020 untuk mengetahui persyaratan lengkap calon peserta sergur PPGJ 2020. Ada Pertanyaan apakah wajib mengumpul ulang berkas? Jika membaca dari hasil pengecekan di atas tidak ada perintah mengumpul ulang berkas, namun sebaiknya ditanyakan dulu apakah dinas pendidikan meminta kembali berkas. Karena admin kabupaten/kota/propinsi tentu berbeda-beda kebijakannya.

Keterangan Saat mengecek
1. Berkas Sudah Dicatat
Artinya berkas  ada pada admin dinas pendidikan menunggu proses verifikasi dinas, untuk selanjutnya diserahkan ke LPMP

2. Status verifikasi disetujui dinas
artinya berkas sudahdiverifikasi dan disetujui dinas untuk selanjutnya diantar ke LPMP
cek peserta sergur 2020 sergur.id
verifikasi dinas disetujui

3. Jika muncul tulisan jika ada perubahan data silakan melengkapi berkas ke dinas pendidikan ...... maka artinya anda sudah disetujui LPMP sebagai calon peserta PPGJ 2020. Tinggal menunggu panggilan atau undangan PPGJ. entah itu gelombang 1, 2 atau seterusnya.

verifikasi LPMP disetujui ikut PPGJ 2020
verifikasi LPMP disetujui ikut PPGJ 2020

4. Jika muncul tulisan "verifikasi LPMP dihapus" artinya Anda tidak bisa ikut PPGJ tahun 2020. Disini dinyatakan gugur karena dokumen fisik tidak memenuhi persyaratan. Silakan ditanyakan ke admin dinas pendidikan apakah masih ada peluang untuk mengirim berkas ulang, jika ada kesalahan. Biasanya sih ini kasusnya karena status "guru honorer sekolah" yang lulus pretes 2018, namun karena perubahan aturan maka dianggap tidak memenuhi persyaratan untuk ikut PPGJ.

verifikasi LPMP dihapus

Demikian cara mengecek dan mengetahui status keikutsertaan sebagai peserta PPGJ tahun 2020.

Post a Comment