Sudah diketahui bersama bahwa pelaksanaan PPGJ tahun 2020 dilaksanakan secara daring, hal ini sesuai pengumuman yang bisa dilihat pada laman resmi sertifikasi guru Kemdikbud di www.sergur.id. Bagi guru khususnya yang sudah pernah mengikuti pretes tahun 2017 dan 2018 namun belum terpanggil mengikuti PPGJ tahun lalu, kemungkinan besar akan terpanggil untuk ikut PPGJ tahun 2020 ini yang kita ketahui pelaksanaannya dibagi ke dalam 4 angkatan. Silakan cek caranya di link sergur.id. Akan ketahuan angkatan dan LPTK penyelenggara PPGJ.

Dan Anda yang sudah mengecek masuk angkatan 4 bisa melakukan konfirmasi kesediaan mengikuti PPGJ mulai tanggal 24-27 Agustus 2020.

Bagi guru yang sudah mengetahui angkatan ke berapa akan melaksanakan PPGJ tahun 2020 ini langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi kesediaan untuk mengikuti PPGJ. Konfirmasi kesediaan yang dimaksud adalah bertujuan  untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa PPG Dalam Jabatan memahami ketentuan yang berlaku selama mengikuti PPG Dalam Jabatan beserta sanksinya dan menyatakan kesanggupannya untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan. Ketentuan tersebut juga berlaku bagi guru yang telah ditetapkan sebagai cadangan calon mahasiswa PPG.

Calon mahasiswa yang tidak melakukan konfirmasi sampai batas waktu yang ditentukan berakhir dianggap konfirmasi bahwa tidak bersedia dan dapat mengikuti penetapan peserta PPG Dalam Jabatan pada angkatan berikutnya jika kuota masih tersedia. Bagi cadangan calon mahasiswa PPG yang melakukan konfirmasi bersedia maka akan memiliki kesempatan untuk menggantikan kuota yang tidak diisi oleh calon.

Konfirmasi bisa juga dibilang registrasi ulang bagi guru yang sudah ditetapkan sebagai peserta.

Konfirmasi kesediaan dilakukan secara daring di alamat https://daftar.sergur.id/ atau https://daftar.sergur.id/ppg/index.php.

Sebelum memulai konfirmasi sebaiknya dipersiapkan Nomor Induk Mahasiswa/Nomor Pokok Mahasiswa ketika menempuh jenjang pendidikan S1 dan persiapkan nama perguruan tinggi sesuai yang tertulis di ijazah S1.

Proses konfirmasi kesediaan terdiri dari 3 tahap :

Konfirmasi Kesediaan Ikut PPGJ 2020

1. Login ke laman konfirmasi kesediaan
Login dengan mengisikan nomor peserta UKG dan password (kata sandi) sesuai kata sandi akun di SIM PKB


2. Konfirmasi kesediaan mengikuti PPG daljab 2020

Peserta wajib melakukan konfirmasi persetujuan untuk setiap poin pakta integritas. Jika tidak bersedia proses konfirmasi selesai. Bagi yang bersedia harap dipersiapkan ijasah/transkrip nilai untuk mengisi kolom nama perguruan tinggi dan NIM/NPM.

Konfirmasi Kesediaan Ikut PPGJ 2020
Konfirmasi Kesediaan PPGJ
Konfirmasi Kesediaan Ikut PPGJ 2020




Jika proses konfirmasi selesai, maka tampilannya seperti di atas, dengan tulisan Terima kassih sudah melakukan konfirmasi bahwa anda bersedia mengikuti PPG.


3. Konfirmasi Cetak Berkas


Konfirmasi cetak berkas Pakta Integritas dan format A1 dapat dilakukan sesudah ditetapkan menjadi peserta PPG daljab tahun 2020. Tunggu beberapa hari setelah anda melakukan konfirmasi kesediaan.

Konfirmasi kesediaan akan dibuka sesuai jadwal. Untuk angkatan 1 akan dimulai pada 22 Juni hingga 28 Juni. Angkatan 2 13-20 Juli 2020 dan angkatan 3 dimulai tanggal 3-13 Agustus.  Jadi diberikan waktu selama 6 hari. Bila saat mengecek belum diketahui angkatan keberapa, maka belum bisa melakukan konfirmasi kesediaan.

Demikian informasi cara melakukan konfirmasi kesediaan untuk mengikuti PPG daljab tahun 2020. Silakan pantau terus laman www.sergur.id khususnya Anda peserta yang lulus pretes tahun 2017 dan 2018.





Post a Comment