Bagi bapak ibu yang pada akhir tahun lalu telah melaksanakan pendaftaran PPGJ dilaman sergur.id tentunya menunggu-nunggu kapan akan dilaksanakan PPGJ untuk angkatan tahun 2020 ini. Berbeda dengan PPG untuk Kementerian Agama yang sudah dinyatakan dibatalkan. Maka kemdikbud memastikan akan menyelenggarakan PPGJ tahun 2020 ini.

Hal ini tertuang dalam pengumuman Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan (GTK) kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI nomor 1255/B2GT/2020 tertanggal 14 Mei 2020. Dalam surat yang ditujukan kepada kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten/kota seluruh Indonesia tersebut berisi beberapa poin penting. Berikut ini kami salinkan isi edaran tersebut.


INFORMASI dan jadwal PPGJ tahun 2020 sergur kemdikbud
PPG Daljab 2020



Menindaklanjuti surat kami nomor 10882/B/GT/2019 tanggal 9 Desember 2019 tentang pembiayaan program PPG  Dalam Jabatan tahun 2019 melalui dana APBD, Ditjen GTK menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan saudara dalam upaya percepatan penuntasan pelaksanaan PPGJ tersebut.  Pelaksanaan PPGJ tahun 2020 akan dimulai bulan Juli 2020 dengan biaya APBD dan APBN.


Berkenaan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan PPG dalam jabatan yang telah dilaksanakan, telah dilakukan penyempurnaan pola dan mekanisem pelaksanaan PPGJ dalam rangka peningkatan kualitas lulusan PPG
  2. Pola PPG J tahun 2020 dilaksanakan secara daring dimulai pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, PPL, refleksi dan diakhiri dengan UKMPPG.
  3. Bagi dinas pendidikan yang memiliki APBD untuk PPG dapat mengusulkan ajuan atau memperbaiki ajuan dana APBD dengan mengunggah surat kesanggupan melalui aplikasi penetapan peserta PPG (AP4G) sesuai dengan ketentuan paling lambat tanggal 20 Mei 2020. Surat tersebut menjadi dasar dalam melakukan penetapan peserta di LPTK penyelenggara PPG yang akan diinformasikan lebih lanjut.
  4. Total ajuan yang telah diterima dari 117 dinas pendidikan kabupaten/kota pada AP4g sejumlah 17.669 orang. Informasi jumlah peserta PPGJ tahun 2020 sesuai yang tercantum di dalam AP4G.

Informasi selanjutnya dapat menghubungi Sdari. Fany atau Saudari Fina pada hari dan jam kerja. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

surat mengenai jadwal PPGJ dari ditjen GTK kemdikbud
Kabar PPGJ tahun 2020

Demikian informasi terbaru mengenai pelaksanaan PPGJ tahun 2020 dimana dalam surat tersebt disebutkan bahwa PPGJ rencananya akan dimulai bulan Juli 2020 ini.   Mengenai isu apakah PPGJ dilaksanakan secara full daring belum bisa dipastikan kebenarannya. Karena proses PPL tentu tidak bisa dilaksanakan secara daring. Jika wabah Covid19 belum berakhir hingga Juli, bisa saja pelaksanaan PPGJ akan diundur atau bahkan dibatalkan.


Perlu diketahui juga, bahwa mereka yang akan dipanggil sebagai peserta PPGJ adalah mereka peserta pretes 2017 dan 2018 yang belum terpanggil ikut PPGJ. Sedangkan guru yang pernah ikut pretes 2019 belum akan dipanggil PPGJ.

kuota peserta PPGJ 2020
kuota peserta PPGJ 2020
bidang studi PPGJ tahun 2020



Informasi tambahan mengenai kuota peserta PPG tiap propinsi bisa dilihat pada gambar di atas. Serta Daftar Bidang Studi dalam PPGJ tahun 2020


Post a Comment