Login SIM PKB 2019-2020

SIM PKB

Apa itu SIM PKB? (SIM PKB) merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) Berkelanjutan. Sebuah laman bagi guru untuk melihat data hasil berbagai pelatihan. Saat pertama kali diluncurkan SIM PKB ini disebut Akun Guru Pembelajar untuk melihat raport hasil UKG 2015. Diakhir diubah menjadi SIM PKB. Ada apa saja di SIM PKB? Agak berbeda dengan info GTK yang digunakan untuk melihat data guru hasil sinkron dapodik, maka SIM PKB hubungannya dengan pelatihan guru. Misalnya data hasil pelatihan PKP, hasil UKG/UKA dan juga untuk melihat Undangan mengikuti PPG dalam Jabatan.

Jika ingin login di SIM PKB pastikan Anda sudah memiliki akun SIM PKB, Jika belum, (misalnya Anda guru yang baru terdaftar di sekolah dan baru masuk di dapodik) silakan menghubungi ketua komunitas Guru. Jika guru SD bisa menghubungi ketua KKG sedangkan jika sekolah tingkat lanjutan silakan hubungi ketua MGMP.

sim PKB di https://app.simpkb.id http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Untuk login ke akun SIM PKB menggunakan user email dan password lewat alamat http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id https://paspor.simpkb.id/casgpo/login ataupun https://app.simpkb.id 

cara login info GTK lewat SIM PKB https://app.simpkb.id/ atau  http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Seperti disebutkan diatas bahwa jika kita login di SIM PKB maka secara otomatis kita juga bisa login di Info GTK. Karena di SIM PKB terdapat menu untuk login langsung ke info GTK tanpa memasukkan user dan password lagi seperti cara pertama. Jadi kita langsung klik saja menunya maka langsung masuk ke Lembar Info Guru di Info GTK.

Jadi antara SIM PKB sangat erat berhubungan dengan INFO GTK seperti  suami istri yang baru menikah yang sangat sulit dipisahkan.

Baca Juga

solusi permasalahan pendaftaran pretes PPGJ
Kisi-Kisi Soal dan Latihan Soal Pretes Sergur PPGJ

Cara Login Info GTK

Apa itu Info GTK saya yakin Bapak Ibu Guru sudah paham semua ya. Jadi pada dasarnya Info GTK merupakan data individu Guru dan Tenaga Kependidikan hasil inputan dari aplikasi Dapodik. Di Info GTK akan muncul berbagai macam data guru hasil input dan sinkronisasi aplikasi dapodik.

Salah satu yang paling ingin diketahui oleh para guru untuk membuka info GTK tentu saja adalah untuk mengecek apakah Info GTK sudah valid atau sudah layak tidaknya SKTP atau SK Tunjangan Profesi Pendidikan diterbitkan. Jika info GTK sudah valid, maka sudah pasti SKTP tidak akan bermasalah dan tunjangan profesi alias tunjangan sertifikasi guru bisa mencair dengan derasnya ke rekening bank masing-masing guru.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke Info GTK baik oleh guru pemilik akun info GTK itu sendiri maupun secara kolektif yang bisa dilakukan lewat operator sekolah/dapodik.
Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk login info GTK, yakni
  1. Lewat link Info GTK Guru di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Lewat Aplikasi SIM PKB Guru   https://app.simpkb.id/ atau
       http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id
  3. Lewat Manajemen Data Sekolah di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Cara pertama dan kedua bisa dilakukan mandiri oleh guru sedangkan kalau cara ketiga kewenanggannya dimiliki oleh operator dapodik

Cara login info guru di di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Update
Untuk tahun ajaran 2019-2020 login Info GTK bisa lewat website http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ yang saat ini sudah bisa diakses. Cek caranya di artikel Login Info GTK menggunakan akun PTK

Silakan masuk ke link di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. 
Setelah itu akan muncul gambaran seperti di bawah ini:

login info GTK


Cara login SIM PKB di https://app.simpkb.id/ atau


Bapak Ibu guru bisa memilih metode atau cara login bisa memakai metode NUPTK/NRG atau metode account PTK. Kalau memakai NUPTK tentunya jika sudah memiliki NUPTK dan NUPTK tersebut valid, kalau memakai NRG jika guru ybs sudah sertifikasi, sedangkan jika memakai metode Account PTK, silakan menghubungi dan minta kepada operator Dapodik  akun PTK bapak ibu yang sudah diinput ke dapodik.

Setelah akun dan password sudah diketahui barulah bisa mencoba login di info GTK dengan memasukkan NUPTK/NRG/NIK atau user ID akun PTK. Saya yakin Bapak Ibu sudah sangat paham cara login di Info GTK lewat alamat http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ ini ya. Jika belum paham dan ada keperluan di info GTK bisa meminta bantuan rekan guru yang lebih paham atau bantuan dari operator sekolah yang menangani dapodik.

 

Login Info GTK guru lewat Manajemen Data Sekolah


Selain lewat SIM PKB Info GTK juga bisa diakses lewat  Manajemen Data Sekolah di alamat website https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, nah kalau yang satu ini operator dapodik yang tahu kode akses alias akun dan passwordnya. Kalau masuk lewat sini ibaratnya kita nitip saja, nggak boleh guru yang masuk dan menengok data disini. Jadi cara ini yang berhak adalah operator dapodik saja. Jika guru minta dicetakkan Info GTK secara kolektif lewat operator dapodik maka cara inilah yang paling cepat. Karena data semua guru ada di manajemen data sekolah itu.


cek info GTK SKTP sertifikasi di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
cek info GTK lewat operator dapodik

Apa yang perlu dilakukan setelah berhasil login info gtk? Khususnya guru yang sudah sertifikasi adalah melihat status validasi tunjangan profesi. Kalau sudah muncul tulisan VALID, artinya bapak ibu tenang aja. Namun kalau belum valid ya bersabar. Karena kasusnya yang sering terjadi khususnya di tingkat SMP dan SMA, status validasi TP tidak valid-valid di Info GTK padahal data yang diinput di dapodik sudah benar adanya dan sesuai teknis pengisian dapodik. Kalau untuk info GTK guru kelas SD biasanya tidak begitu bermasalah, asalkan operator cepat mengerjakan dan melakukan sinkonisasi dapodik, statusnya valid nggak pake lama.




tampilam data info gtk http://info.gtk.kemdikbud.go.id/


Alur Sinkronisasi Hingga Laman Info GTK

Selain hal diatas yang perlu diketahui oleh operator dapodik dan guru adalah alur atau tahapan dari sinkronisasi dapodik hingga sampai pada laman Info GTK.


  1. Setelah operator dapodik mengisi seluruh isian dapodik, data diolah dan disinkronisasi ke server dapodik. Kemudian data masuk ke server utama dapodik
  2. Data yang masuk kemudian di replikasi atau digandakan untuk kebutuhan laman lain misalnya PDSP Kemdikbud 
  3. Setelah data ditarik dari server replikasi dan masuk di Server INFO GTK, sistem yang ada di Info GTK akan melakukan verifikasi data, proses verifikasi otomatis dilakukan oleh sistem tidak dilakukan manual
  4. Setelah verifikasi selesai baru info ptk bisa di nikmati oleh guru, operator sekolah, operator tunjangan dan siapapun yang ingin melihat validitas data ptk melalui website yang telah disediakan.

Bagaimana Jika Lupa Password SIM PKB?


Untuk user atau email SIM PKB tetap dan tidak bisa berubah, sedangkan password bisa diubah.
Tidak sedikit kejadian guru yang lupa menyimpan password SIM PKB sehingga tidak bisa masuk ke akun SIM PKB. Adapula kasus SIM PKB te reset oleh Ketua Komunitas gara-gara mencetak ulang anggota komunitas. Sehingga password berubah. Kalau begini bukan kesalahan guru namun kesalahan ketua komunitas yang asal cetak. Jika Anda lupa dan terjadi perubahan password SIM PKB, langkahnya adalah meminta kepada ketua komunitas (KKG/MGMP) SIM PKB. Nanti akan dicetak ulang akun SIM PKB anda.

Demikian tutorial bagaimana cara masuk laman info GTK untuk melihat data pengiriman atau sinkronisasi dapodik. Laman info GTK ini bisa dilihat per semester. Untuk semester 1 tahun ajaran 2019-2020 tampilan Info GTK sudah bisa dicek. Nah demikian tadi 3 cara untuk masuk ke Info GTK guru. Saya yakin bapak ibu sudah terbiasa  login ke info GTK untuk melihat status tunjangan profesi dll. Jadi ini bukanlah hal yang sulit.

Buka juga
Penjelasan dan cara membaca info GTK

0 Response to "Login SIM PKB 2019-2020 "

Posting Komentar