SIM PKB

Apa itu SIM PKB? (SIM PKB) merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) Berkelanjutan. Sebuah laman bagi guru untuk melihat data hasil berbagai pelatihan. Saat pertama kali diluncurkan SIM PKB ini disebut Akun Guru Pembelajar untuk melihat raport hasil UKG 2015. Diakhir diubah menjadi SIM PKB. Ada apa saja di SIM PKB? Agak berbeda dengan info GTK yang digunakan untuk melihat data guru hasil sinkron dapodik, maka SIM PKB hubungannya dengan pelatihan guru. Misalnya data hasil pelatihan PKP, guru penggerak dan juga untuk melihat Undangan mengikuti PPG dalam Jabatan.

Jika ingin login di SIM PKB pastikan Anda sudah memiliki akun SIM PKB, Jika belum, (misalnya Anda guru yang baru terdaftar di sekolah dan baru masuk di dapodik) silakan menghubungi ketua komunitas Guru. Jika guru SD bisa menghubungi ketua KKG sedangkan jika sekolah tingkat lanjutan silakan hubungi ketua MGMP.

Untuk login ke akun SIM PKB menggunakan user email dan password lewat alamat https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/login
Maka akan muncul tampilan dibawah ini. Masukkan username misalnya 201510898433@guruku.id lalu password





Buka juga
Cara Download Sertifikat Diklat PKP di SIM PKB
Cek Jadwal Pretes dan lokasi pretes di SIM PKB
Cara Daftar Guru Pamong PPG Pra Jabatan di SIM PKB 
Kisi-Kisi Soal dan Latihan Soal Pretes Sergur PPGJ
Cara print cetak halaman Info GTK dan simpan Pdf 

 

Bagaimana Jika Lupa Password SIM PKB?


Untuk user atau email SIM PKB tetap dan tidak bisa berubah, sedangkan password bisa diubah.
Tidak sedikit kejadian guru yang lupa menyimpan password SIM PKB sehingga tidak bisa masuk ke akun SIM PKB. Adapula kasus SIM PKB te reset oleh Ketua Komunitas gara-gara mencetak ulang anggota komunitas. Sehingga password berubah. Kalau begini bukan kesalahan guru namun kesalahan ketua komunitas yang asal cetak. Jika Anda lupa dan terjadi perubahan password SIM PKB, langkahnya adalah meminta kepada ketua komunitas (KKG/MGMP) SIM PKB. Nanti akan dicetak ulang akun SIM PKB anda dan disitu ada password baru yang bisa digunakan untuk login SIM PKB.

Login SIM PKB Untuk Mendaftar PPGJ 2022

Tahapan awal PPGJ tahun 2022 adalah pendaftaran, atau lebih tepatnya pendaftaran seleksi administrasi PPGJ. Jika di tahapan ini gagal, maka tidak bisa ikut tahap selanjutnya yakni seleksi akademik, atau biasa disebut pretes. Jadi hasil pretes 2018-2019 tidak lagi dipakai untuk PPGJ 2022 ini.

Bagi Anda yang ingin mendaftar PPGJ bisa membuka laman https://ppg.kemdikbud.go.id/ lalu klik menu login SIM PKB di bagian atas. Akan terbuka form seperti di bawah ini:


daftar PPGJ sim PKB

Namun jika Anda masuk lewat  SIM PKB (https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/login), maka klik di bagian atas menu Program lain (kotak-kotak putih), lalu pilih PPG Prajabatan dan Dalam Jabatan.

cara login sim PKB daftar PPGJ

daftar PPGJ sim PKB


Jika ada tulisan Anda mendapat kesempatan sebagai kandidat peserta PPG dalam jabatan 2022, dan sudah centang hijau semua, seperti gambar di atas, artinya anda diundang sebagai calon peserta. Silakan klik Lengkapi Profil.

Ada beberapa hal atau prasyarat kelengkapan data yang harus diisi lengkap antara lain Biodata Diri, Linieritas S1 dengan bidang Studi PPG, Bidang Studi PPG yang dipilih, serta mengupload berkas pendukung.

Informasi rekening, nomor rekening, NPWP (jika di dapodik belum diinput)  Nama Bank, Nama sesuai rekening, nama Bank Cabang. 


Dalam Biodata diri ada data dasar yang ditarik dari dapodik, lalu  gelar belakang dan depan serta jabatan fungsional guru. Bagi PNS jika pangkat 3adan 3b maka Jabatan Fungsionalnya Guru pertama, Jika 3c dan 3d jabfung nya Guru Muda

cara daftar ppgj 2022

 Data Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPGJ


Di bagian ini kita wajib hati-hati karena kalau salah isi bisa gagal nanti saat seleksi administrasi, karena hal yang krusialnya saat pendaftaran ada di bagian ini. Perhatikan contoh yang saya isi;


Data Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPGJ


Perguruan Tinggi (ref Dikti) adalah nama perguruan tinggi sesuai ijazah Anda, atau di perguruan tinggi mana anda menamatkan pendidikan S1. (Untuk lebih mudah pencarian ketikkan kata kunci nama perguruan tinggi Anda)
Jenjang pendidikan sangat jelas hanya ada 2 pilihan S1 atau D4
Jenjang bidang Studi (Ref SE), maksud Ref SE disini adalah referensi Surat Edaran yang telah diketerbitkan GTK Kemdikbud perihal PPGJ ini, yang belum baca silakan unduh disini

Program Studi (Ref Dikti) adalah program studi saat kuliah yang terdata di Dikti (kemdikbud), cek lagi ijazah Anda untuk memastikan prodi nya.
Tahun lulus sangat jelas.


Bidang Studi (ref. SE)
adalah bidang studi PPG yang akan dituju. (silakan cek daftar linieritasny di sini)

Jangan lupa Siapkan scan ijazah yang asli untuk diunggah di menu ini. Dengan ukuran dokumen pdf minimal 20 kb dan maksimal 1,5 mb


Menu Bidang Studi PPG

Menu Bidang Studi PPG bisa diisi jika linieritas S1 diatas sudah lengkap isian dan unggahan scan ijazah dan secara otomatis terpilih Pendidikan Guru Sekolah Dasar (jika seperti contoh punya admin)


Menu Berkas Pendukung

Menu berkas pendukung adalah berkas yang dipersyaratkan untuk melengkapi pendaftaran


1. Pindaian SK Pengangkatan Pertama

Hasil pindai (scan) SK Pengangkatan Pertama yaitu TMT awal mengajar. Scan asli atau fotokopi legalisir Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota.
Yakni SK pertama kali Anda mengajar, jika Anda awalnya honorer, walaupun sekarang PNS ya itu yang dipakai. SK Honor pertama.
Jika Anda mengajar setelah diterima CPNS, (tidak honorer) berarti SK CPNS yang dipakai.
Intinya sesuaikan dengan TMT masa kerja di dapodik.

2. Pindaian SK Pengangkatan/Kenaikan Pangkat Terakhir

Hasil pindai (scan) SK Kenaikan Pangkat terakhir bagi guru PNS (asli/fotocopy legalisir) atau SK Pengangkatan 2 tahun terakhir (2020/2021 dan 2021/2022) bagi guru Non PNS (asli/fotocopy legalisir). SK tersebut dilegalisasi oleh:

  • Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota/BKD untuk PNS
  • Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota/BKD untuk PNS yang ditugaskan sebagai guru oleh Pemerintah Daerah atau yang diberi kewenangan
  • Ketua Yayasan untuk Guru Tetap Yayasan
  • Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota/BKD untuk Guru bukan PNS di sekolah negeri yang memiliki SK dari pemerintah daerah atau yang diberi kewenangan.

 

3. Pindaian SK Pembagian tugas mengajar

Hasil pindai (scan) SK Pembagian tugas mengajar 2 (dua) tahun terakhir yaitu tahun ajaran 2020/2021 dan 2021/2022 (asli/fotocopy legalisir Kepala Sekolah).

 
4. Pakta Integritas
Hasil pindai (scan) Pakta integritas dari calon mahasiswa bahwa berkas/dokumen yang diserahkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya yang dibubuhi materai 10000 dan ditandatangani. Jika belum punya silakan unduh disini.


berkas daftar PPGJ


Jika Anda selesai semua (centang hijau), jangan buru-buru Ajukan Berkas, cek dan ricek kembali, karena kalau salah masih bisa diubah, beda kalau sudah di ajukan berkas maka tidak bisa diubah lagi jika ada kesalahan. 

Nah demikian tadi cara mendaftar PPG dalam jabatan tahun 2022. Pendaftaran ini adalah proses awal atau sebagai seleksi administrasi, jika lolos baru bisa mengikuti pretes/seleksi akademik.

Baca Juga

10 Komentar

  1. Ko saya blm dpt panggilan PPG DALJAB angkatan 4 pdhl saya ikut pretes 2018

    BalasHapus
  2. Puji Tuhan,,,, Masih ada panggilan susulan Semoga semuax d lancarkan d di berkati 🙏🙏🙏😇😇😇

    BalasHapus
  3. cara edit kualifikasi pendidikan dan tahun kelulusan pada simpk yg ikut panggilan ppg gmana ya ?

    BalasHapus
  4. Kenapa di akun sya tdk ada keterangan lulus atau tidak lulus prerest ya.pernh ikut pretas 2018 dn dlu blm lulus.sdngkn tmn yg lain ada ktrngnnya.bgmn cra cek nilai pretest?

    BalasHapus
  5. Bagaimana kalau saya telat unggah dokumen dalam seleksi administrasi PPG angkatan 4?apakah akan dipanggil pada angkatan berikutnya?

    BalasHapus
  6. Saya jg sdh mengikuti pretest thn 2015 dan 2018 tp knp diakui simpkb saya tidak ada pengumuman tentang hasilx(penambahan kuota PPG glmbng ke4)??

    BalasHapus
  7. Saya sudah mengikuti pretest PPG Daljab tahun 2018,tp saya blm mengetahui lulus dan tidaknya saya.
    Mohon informasi dan kelanjutannya.. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Bagaimana mengetahui kelulusan PPGJ dan kapan direalisasikannya.

    BalasHapus
  9. Saya mengikuti preetes 2015 tpi sy mgetahui hasilnya

    BalasHapus

Posting Komentar