SIM PKB

Apa itu SIM PKB? (SIM PKB) merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) Berkelanjutan. Sebuah laman bagi guru untuk melihat data hasil berbagai pelatihan. Saat pertama kali diluncurkan SIM PKB ini disebut Akun Guru Pembelajar untuk melihat raport hasil UKG 2015. Diakhir diubah menjadi SIM PKB. Ada apa saja di SIM PKB? Agak berbeda dengan info GTK yang digunakan untuk melihat data guru hasil sinkron dapodik, maka SIM PKB hubungannya dengan pelatihan guru. Misalnya data hasil pelatihan PKP, hasil UKG/UKA dan juga untuk melihat Undangan mengikuti PPG dalam Jabatan.


Jika ingin login di SIM PKB pastikan Anda sudah memiliki akun SIM PKB, Jika belum, (misalnya Anda guru yang baru terdaftar di sekolah dan baru masuk di dapodik) silakan menghubungi ketua komunitas Guru. Jika guru SD bisa menghubungi ketua KKG sedangkan jika sekolah tingkat lanjutan silakan hubungi ketua MGMP.

Untuk login ke akun SIM PKB menggunakan user email dan password lewat alamat https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/login
Maka akan muncul tampilan dibawah ini. Masukkan username misalnya 201510898433@guruku.id lalu password






cara login info GTK lewat SIM PKB https://app.simpkb.id/ atau  http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id


Baca Juga
Cara Cetak Sertifikat Diklat PKP di SIM PKB
solusi permasalahan pendaftaran pretes PPGJ
Kisi-Kisi Soal dan Latihan Soal Pretes Sergur PPGJ
Cara print cetak halaman Info GTK dan simpan Pdf

Buka juga
Cara Download Sertifikat Diklat PKP di SIM PKB
Cek Jadwal Pretes dan lokasi pretes di SIM PKB
Cara Daftar Guru Pamong PPG Pra Jabatan di SIM PKB

 

Bagaimana Jika Lupa Password SIM PKB?


Untuk user atau email SIM PKB tetap dan tidak bisa berubah, sedangkan password bisa diubah.
Tidak sedikit kejadian guru yang lupa menyimpan password SIM PKB sehingga tidak bisa masuk ke akun SIM PKB. Adapula kasus SIM PKB te reset oleh Ketua Komunitas gara-gara mencetak ulang anggota komunitas. Sehingga password berubah. Kalau begini bukan kesalahan guru namun kesalahan ketua komunitas yang asal cetak. Jika Anda lupa dan terjadi perubahan password SIM PKB, langkahnya adalah meminta kepada ketua komunitas (KKG/MGMP) SIM PKB. Nanti akan dicetak ulang akun SIM PKB anda dan disitu ada password baru yang bisa digunakan untuk login SIM PKB.

Update:

Beberapa jam yang lalu ada pengumuman dari admin SIM PKB pusat terkait penambahan kuota PPG dalam Jabatan bagi guru yang sudah lulus pretes 2017, 2018 dan 2019. Artinya ada kemungkinan Anda yang belum dinyatakan lolos untuk ikut PPG maka pada angkatan 4 PPPGJ 2021 Anda dinyatakan lolos.

Untuk percepatan informasi
Kami menindak lanjuti Surat Edaran dari *Kemdikbudristek* *Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan*
Nomer : 3223/B2/GT.03.15/2021, Tanggal : 13 Juli 2021
Perihal : *Pengumuman Pelaksanaan Seleksi Administrasi Calon Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angakatn 4 Tahun 2021*.
Sekali lagi saya informasikan kepada bapak ibu peserta *Pretes PPG* *tahun 2017, 2018 dan 2019* dengan adanya kebijakan baru tentang kandidat peserta PPG tahun 2021 diangkatan 4 ini ada peserta susulan untuk menjadi kandidat sebagai calon PPG angkatan 4 tahun 2021 dengan ricncian sebagai berikut :
1. Peserta yang dimaksud diatas adalah peserta yang sudah mengikuti Pretest yang pada saat pengumuman nilai tidak memenuhi syarat /tidak lulus Pretest ada kebijakan baru tentang penurunan *Passing Grade*
2. Peserta yang dimaksud diatas silahkan mengecek dan *Login diakun SimPKB masing-masing* untuk melamjutkan sesuai informasi sistem online untuk melakukan selekai Adminisyrasi pemberkasan secara Online di dalam Akun SimPKB masing-masing.
3. Syarat dan ketentuan seleksi Administrasi yang diunggah sesuai dengan ketentuan Surat dari Dirjen GTK dan dilaksanakan secara *Daring di akun simPKB maaing-masing*
4. Perekrutan susulan ini Murni Kewenangan dari Dirjen GTK tentang Grade hasil Pretest dan di infokan dan muncul melalui akun SimPKB masing-masing.
5. Di akun yang tidak muncul info seleksi administrasi maka tidak termasuk kandidat calon peserta dan itu sudah kewenangan dari Dirjen GTK.
6. Sekaligus kami sampaikan *Surat Edaran Asli* Daftar Calon Kandidat yang kami terima dan unduh melalui Akun PPG kami pihak Dinas perhari ini tanggal 14 Juli 2021 Jam. 18.00 WIB.
7. *Semua ketentuan dan informasi lengkap ada pada Surat Edaran dan Informasi di Dalam Akun SIMPKB masing-masing*.

Silakan login SIM PKB. Nanti akan muncul tampilan seperti ini jika lolos.



Kemudian Klik Lengkapi Biodata, Nanti akan diminta SK scan pengangkatan pertama dan SK pengangkatan 2 tahun terakhir. Demikian informasi terakhir terkait pengumuman peserta tambahan angkatan 4 PPGJ tahun 2021.




Baca Juga

9 Komentar

  1. Ko saya blm dpt panggilan PPG DALJAB angkatan 4 pdhl saya ikut pretes 2018

    BalasHapus
  2. Puji Tuhan,,,, Masih ada panggilan susulan Semoga semuax d lancarkan d di berkati 🙏🙏🙏😇😇😇

    BalasHapus
  3. cara edit kualifikasi pendidikan dan tahun kelulusan pada simpk yg ikut panggilan ppg gmana ya ?

    BalasHapus
  4. Kenapa di akun sya tdk ada keterangan lulus atau tidak lulus prerest ya.pernh ikut pretas 2018 dn dlu blm lulus.sdngkn tmn yg lain ada ktrngnnya.bgmn cra cek nilai pretest?

    BalasHapus
  5. Bagaimana kalau saya telat unggah dokumen dalam seleksi administrasi PPG angkatan 4?apakah akan dipanggil pada angkatan berikutnya?

    BalasHapus
  6. Saya jg sdh mengikuti pretest thn 2015 dan 2018 tp knp diakui simpkb saya tidak ada pengumuman tentang hasilx(penambahan kuota PPG glmbng ke4)??

    BalasHapus
  7. Saya sudah mengikuti pretest PPG Daljab tahun 2018,tp saya blm mengetahui lulus dan tidaknya saya.
    Mohon informasi dan kelanjutannya.. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Bagaimana mengetahui kelulusan PPGJ dan kapan direalisasikannya.

    BalasHapus

Posting Komentar