SIM PKB

Apa itu SIM PKB? (SIM PKB) merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) Berkelanjutan. Sebuah laman bagi guru untuk melihat data hasil berbagai pelatihan. Saat pertama kali diluncurkan SIM PKB ini disebut Akun Guru Pembelajar untuk melihat raport hasil UKG 2015. Diakhir diubah menjadi SIM PKB. Ada apa saja di SIM PKB? Agak berbeda dengan info GTK yang digunakan untuk melihat data guru hasil sinkron dapodik, maka SIM PKB hubungannya dengan pelatihan guru. Misalnya data hasil pelatihan PKP, hasil UKG/UKA dan juga untuk melihat Undangan mengikuti PPG dalam Jabatan.


Jika ingin login di SIM PKB pastikan Anda sudah memiliki akun SIM PKB, Jika belum, (misalnya Anda guru yang baru terdaftar di sekolah dan baru masuk di dapodik) silakan menghubungi ketua komunitas Guru. Jika guru SD bisa menghubungi ketua KKG sedangkan jika sekolah tingkat lanjutan silakan hubungi ketua MGMP.

Untuk login ke akun SIM PKB menggunakan user email dan password lewat alamat https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/login
Maka akan muncul tampilan dibawah ini. Masukkan username misalnya 201510898433@guruku.id lalu password






cara login info GTK lewat SIM PKB https://app.simpkb.id/ atau  http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id


Baca Juga
Cara Cetak Sertifikat Diklat PKP di SIM PKB
solusi permasalahan pendaftaran pretes PPGJ
Kisi-Kisi Soal dan Latihan Soal Pretes Sergur PPGJ
Cara print cetak halaman Info GTK dan simpan Pdf

Buka juga
Cara Download Sertifikat Diklat PKP di SIM PKB
Cek Jadwal Pretes dan lokasi pretes di SIM PKB
Cara Daftar Guru Pamong PPG Pra Jabatan di SIM PKB

 

Bagaimana Jika Lupa Password SIM PKB?


Untuk user atau email SIM PKB tetap dan tidak bisa berubah, sedangkan password bisa diubah.
Tidak sedikit kejadian guru yang lupa menyimpan password SIM PKB sehingga tidak bisa masuk ke akun SIM PKB. Adapula kasus SIM PKB te reset oleh Ketua Komunitas gara-gara mencetak ulang anggota komunitas. Sehingga password berubah. Kalau begini bukan kesalahan guru namun kesalahan ketua komunitas yang asal cetak. Jika Anda lupa dan terjadi perubahan password SIM PKB, langkahnya adalah meminta kepada ketua komunitas (KKG/MGMP) SIM PKB. Nanti akan dicetak ulang akun SIM PKB anda dan disitu ada password baru yang bisa digunakan untuk login SIM PKB.





Baca Juga

1 Komentar

Posting Komentar