Link Info GTK merupakan tautan resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang paling banyak dibuka paling tidak setiap 6 bulan sekali dalam rangka pengecekan validitas data Guru dan Tenaga Kependidikan.  Di awal tahun atau semester genap tahun ajaran biasanya Info GTK sudah bisa di cek dan diketahui hasilnya pada bulan Maret.

Sudah mafhum diketahui oleh guru maupun operator sekolah, bahwa data yang ditampilkan di Info GTK merupakan hasil penarikan data dari aplikasi dapodik, baik Dapodikdasmen maupun Dapodik PAUD. Jika pengisian data di dapodik sudah benar, data yang ditampilkan harusnya juga benar.

Cek Info GTK


Untuk apa guru mengecek Info GTK? Di laman Info GTK data yang ditampilkan adalah diantaranya adalah data Individu berdasarkan Dapodik, disini memuat data Sinkronisasi terakhir yang ditarik server Info GTK, Nama Guru, NUPTK, Tanggal lahir, NIK, Jenis PTK, Status Kepegawaian, Ijazah, Jumlah Jam Mengajar dan data lainnya.



Selain hal tersebut, guru bisa juga mengecek di laman info GTK data lainnya seperti Tugas Tambahan, Status NUPTK Pada database NUPTK, Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik
Rombongan Belajar (Rombel), Verifikasi Data Tunjangan Profesi, Data Kehadiran Guru, Tunjangan Guru.

Namun yang paling utama atau inti dari laman Info GTK adalah jika Status Tunjangan Profesi bertuliskan VALID. Kalau sudah valid tunjangan profesi guru dipastikan aman, dan hanya menunggu proses penerbitan SKTP serta pencairan tunjangan di bank. Jika masih bertuliskan VALID (perlu verifikasi dinas) tinggal menunggu verifikasi admin SIM Tunjangan dinas pendidikan kabupaten. Nanti akan berubah menjadi valid.

info gtk 2020 cek data sktp semester genap 2020



Cara Login Info GTK


Untuk Login Info GTK 2020 di semester 2 ini, Guru bisa meminta bantuan operator sekolah ataupun mengecek sendiri di laman Info GTK. Adapun laman Info GTK Kemdikbud beralamat di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
Anda bisa mencarinya di kotak pencarian di Google ataupun mengklik tautan http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ 
Jika ingin langsung masuk ke pengecelan semester genap tahun 2020 maka bisa langsung menuju link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2020_s1

Sebelum bisa masuk ke Info GTK, tentu guru membutuhkan email dan password yang harus diinput sebelum login. Silakan tanyakan dan koordinasikan email dan password untuk login Info GTK ke operator sekolah. Atau buka cara mengetahui akun PTK untuk login INFO GTK

Baiklah kita ikuti cara login Info GTK di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Masukkan email pada tulisan account GTK pada dapodik, dan password pada dapodik, lalu kode Captcha yang ada disitu. Sebagai contoh email saya isi idaiasha_rhoma_ani@gmail.com, kemudian password dan kode 103461, yang bisa berubah-ubah setiap kali mau login. Lalu Klik LOGIN.

Info GTK 2020 cara print halaman info gtk yang sudah valid menggunakan google chrome

Update cek Info GTK tanggal 13 Maret 2020, Status Valid (perlu verifikasi dinas), jika sudah seperti ini maka Info GTK aman. Kita tinggal menunggu saja sampai valid seperti gambar di bawah. Jika sudah valid maka bisa di cetak ke Pdf

cek SKTP 2020 semester 2 genap


Jika sudah login dan status tunjangan profesi sudah valid, maka guru bisa melakukan cetak halaman Info GTK. Bisa secara langsung maupun simpan dulu sebagai pdf.  Jika belum valid silakan cek kembali pengisian dapodik apakah sudah benar, khususnya di JJM Sekolah Induk dan non Induk, Jumlah siswa pada rombel. Biasanya untuk guru yang sudah lama dan sudah sering mendapatkan tunjangan sertifikasi itu saja yang bermasalah. Jika ternyata ada kesalahan segera perbaiki bersama operator dapodik. Setelah dilakukan sinkronisasi, cek kembali 4-7 hari kemudian. Perhatikan tanggal penarikan data terakhir (Update Data terakhir), cocokkan dengan tanggal sinkronisasi dapodik.

Selanjutnya adalah jika sudah valid tentunya guru ingin mencetak laman Info GTK. Hasil print Out Info GTK ini biasanya dikumpul saat pemberkasan untuk pencairan tunjangan sertifikasi guru.


Cara mencetak Halaman Info GTK 2020


Setelah kita login di Info GTK dan Valid dan ingin mencetak silakan tekan tombol CTRL + P secara bersamaan. Akan muncul tampilan menu cetak. Bapak Ibu bisa melakukan cetak info GTK secara langsung, dengan syarat terhubung dengan printer yang aktif. Namun sebaiknya laman info GTK disimpan sebagai dokumen Pdf saja kemudian di cetak seperti biasa.

CETAK pdf info gtk 2020 semester 2 cara print halaman info gtk yang sudah valid menggunakan google chrome
cetak info GTK 2020

Jika ingin mencetak langsung, pilih printer yang aktif, sebagai contoh di atas adalah printer Canon MP230 series, Page Range Pilih All. Number of Copies 1, Kemudian klik Print.

Cetak Info GTK ke Dokumen PDF

  1. Untuk mencetak sebagai Pdf laman Info GTK sebaiknya login Info GTK menggunakan Google Chrome, karena jika menggunakan mozilla firefox file Pdf akan terpotong.
     
  2. Untuk cetak laman info GTK yang sudah valid ke format Pdf caranya tekan tombol CTRL dan P bersamaan. 
  3. Akan Muncul seperti berikut, Di sebelah kiri tampilan file, Di sisi kanan menu Cetak, Pilih Simpan Sebagai Pdf. 
  4. Klik setelan lain untuk memilih ukuran kertas dll
  5. Klik Simpan

simpan sebagai pdf  info gtk 2020



Akan muncul seperti dibawah. Jika ingin menyimpan di D: Data klik Data, pilih Folder untuk menyimpan file.
Sebaiknya buat dulu folder di D: Data tadi, misalnya Info GTK Print Out.
Lalu beri nama sesuai file misalnya Info GTK Ida Iasha. Klik SAVE. Maka file pdf tersimpan di folder tersebut.


simpan sebagai pdf  info gtk 2020 cara print halaman info gtk yang sudah valid menggunakan google chrome
save as pdf Info GTK 2020

Demikian tadi bagaimana cara masuk ke Info GTK tahun 2020 semester genap tahun pelajaran 2019-2020 beserta cara mencetak laman info GTK yang sudah valid dan menyimpannya sebagai dokumen pdf.

Post a Comment