Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Panduan Pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal

Direktorat KSKK Kementerian Agama telah menerbitkan panduan dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada madrasah, Kementerian Agama telah menerbitkan sejumlah panduan, meliputi:

  1. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Madrasah
  2. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)
  3. Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA)
  4. Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  5. Profil Pelajaran Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA)
  6. Panduan Pengembangan dan Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab
  7. Panduan Pengembangan  Implementasi Kurikulum  Merdeka  di Raudlatul Athfal (RA).



 Panduan Pengembangan  Implementasi Kurikulum  Merdeka  di Raudlatul Athfal

Kurikulum madrasah mengemban dua amanat besar, yaitu; 1) bagaimana membekali peserta didik kompetensi dan keterampilan hidup agar bisa menghadapi tantangan di zamannya, dan 2) bagaimana mewariskan karakter budaya dan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus bangsa agar peran generasi kelak tidak terlepas dari akar budaya dan nilai luhur bangsa. Untuk menjalankan dua amanat besar tersebut, maka kurikulum harus selalu dinamis berkembang untuk menjawab tuntutan zaman.

Dengan demikian, kurikulum madrasah tidak boleh hanya fokus kepada pengetahuan apa yang harus dikuasai peserta didik, namun lebih penting adalah membekali peserta didik kompetensi, ketertampilan hidup (life skill) dan cara berpikir-bersikap untuk mengantisipasi dan menyikapi situasi yang selalu berubah. Kurikulum merdeka akan memandu memberikan pilihan-pilihan untuk membentuk karakter, menumbuhkan keberanian berpikir kritis, kreatif dan inovatif harus terus dikembangkan. Di samping itu, nilai-nilai agama sebagai ruh lembaga Pendidikan Islam mesti ditanamkan secara terintegrasi sejalan dengan implementasi kurikulum itu sendiri. Sehingga nilai religiusitas mewarnai cara berpikir, bersikap dan bertindak para warga madrasah dalam menjalankan praksis dan kebijakan pendidikan.

Kurikulum merdeka memberikan titik tekan kepada peserta didik. Peserta didik menjadi sentral utama penerima manfaat kebijakan kurikulum merdeka. Keberhasilan kurikulum merdeka di madrasah akan diukur sejauh mana kurikulum ini mengubah suasana kelas lebih membahagiakan peserta didik, aktifitas pembelajaran lebih bergairah, secara efektif dan efisien meningkatkan capaian hasil belajar lebih bermakna. Pada gilirannya perubahan suasana kebatinan kelas tersebut dapat membentuk karakter peserta didik, membekali kompetensi dan keterampilan hidup yang dibutuhkan pada kehidupan di zamannya.

Kondisi ideal tersebut tidak cukup dicapai hanya melalui perbaikan kurikulum, tapi juga guru dan komponen lain dalam ekosistem pendidikan madrasah juga menentukan. Karena itu, saya mengajak kepada semua stakeholder madrasah untuk bergotong royong secara bersama-sama memaksimalkan ikhtiar dan mengoptimalkan perannya demi memberi layanan pendidikan yang bermutu, relevan dan berdaya saing.

Panduan Pengembangan  Implementasi Kurikulum  Merdeka  di Raudlatul Athfal

Panduan Pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Raudhatul Athfal (RA) ini memuat tentang; penyusunan KurikulumPembelajaran (ATP), Modul Ajar, Pembelajaran dan Asesmen, serta Proyek Operasionaal RA, menyusun Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5 PPRA). Panduan ini juga sudah diadaptasi dengan prinsip inklusifitas dalam layanan pendidikan di RA. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pendidikan Islam inklusif yang komitmen memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi dan setara untuk semua anak bangsa.

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Raudhatul Athfal (RA) mengacu pada kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum yang menjadi Keputusan Menteri Agama Nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Pengembangan kurikulum merdeka di RA dilakukan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan karakteristik RA, potensi daerah dan kondisi anak serta melibatkan komite madrasah.

Dokumen lengkap Panduan Pengembangan  Implementasi Kurikulum  Merdeka  di Raudlatul Athfal silakan unduh di tautan di bawah ini


Related Posts