Login Info GTK (Cek SKTP) 2019/2020 Menggunakan Akun PTK



Iseng-iseng saya sore ini membuka laman info GTK Kemdikbud yang beralamat di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ setelah beberapa hari tidak bisa diakses akhirnya bisa juga. Ada yang berbeda dengan tampilan laman info GTK yakni dengan warna baru yang lebih enak buat mata. hehehe. Sebagaimana kita ketahui bersama laman info GTK digunakan untuk melihat data guru hasil inputan dari aplikasi dapodik. Kalau sebelumnya untuk login info GTK bisa juga lewat SIM PKB, namun kendalanya adalah jika guru tidak memiliki akun SIM PKB tentu tidak bisa login lewat SIM PKB tersebut.  Dengan demikian mulai jelas perbedaan fungsi akun SIM PKB dan laman Info GTK.

laman info gtk cek info guru dan SKTP 2019 2020 di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
tampilan baru info gtk guru 2019


Guru bisa memantau dan login di Info GTK sampai sejauh mana validatas input data dari dapodik khususnya info tunjangan atau SKTP (tunjangan profesi). Selain itu dilaman utama Info GTK ini kita bisa melihat data progress penarikan data dari server dapodik ke laman info GTK.

Disini kita juga bisa mengunduh aturan dan regulasi terkait Guru dan tenaga Kependidikan seperti edaran Ditjen GTK, Peraturan Pemerintah, Undang-undang Guru dan Dosen serta Peratutan Menteri.

Selain itu masih tersedia data info GTK pada tahun ajaran sebelumnya di sisi kanan laman info GTK ini. Yang berbeda sekali adalah untuk mengakses atau login ke laman info GTK semester 1 tahun ajaran 2019-2020 masing-masing guru, nampaknya harus menggunakan akun PTK masing-masing guru. Adapun akun dan password masing-masing guru bisa diminta kepada operator dapodik.


login info GTK terbaru 2019 2020 menggunakan accoount PTK
Tampilan Baru Laman Info GTK

Cara Login Info GTK Cek SKTP 2019/2020


Saat ini laman info GTK di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ sudah bisa diakses. Operator dan guru tentu berlomba-lomba untuk mengecek data hasil pengiriman atau sinkronisasi dapodik. Yang terutama tentu para guru yang sudah sertifikasi ingin mengecek validitas data benarkah sudah data yang diinput di aplikasi dapodik. Selain itu tujuannya tak lepas pula untuk mengecek SK Tunjangan Profesi (SKTP).

Untuk login ke Info GTK silakan menuju link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Berbeda dengan cara login tahun ajaran sebelumnya, login info GTK bisa menggunakan NUPTK atau NRG. Namun untuk tahun ajaran 2019-2020 semester 1 ini wajib menggunakan akun PTK. Adapun akun yang digunakan adalah akun PTK yang sudah diinput dan dibuat di aplikasi dapodik. Usernya berupa email pribadi guru dan password. Jadi silakan minta ke operator dapodik kalau mau mengecek Info GTK secara mandiri.

Jika operator dapodik belum membuatkan akun PTK di dapodik segera minta dibuatkan, yakni menyerahkan alamat email dan password untuk login info GTK. Setelah dibuatkan operator wajib sinkron kembali dapodiknya.

login dan cek info GTK dapodik 2019 2020
akun PTK di dapodik PAUD
Cara mengetahui akun PTK di dapodik adalah operator bisa membuka data guru yang bersangkutan kemudian klik menu tambah user. Akan terlihat email dan password. Silakan dilihat pada gambar di atas. Saat admin mencoba login, sudah terbaca status valid dan taraaa siap deh SKTP.

Kenapa data Info GTK data tidak ditemukan,

Setelah guru atau operator sekolah mencoba login kemudian muncul data tidak ditemukan ada beberapa sebab:
1. Data sinkronisasi dapodik belum terkirim atau belum terupdate di server info GTK. Diketahui bersama setelah operator melakukan sinkron, data dikirim ke server dapodik pusat, kemudian dari server dapodik pusat dikirim ke server info GTK. Ini membutuhkan paling tidak 7 hari kerja.

2. kasus kedua, salah password saat login info GTK, walaupun email benar kalau password salah maka akan muncul tampilan data tidak ditemukan.

3. Password diubah di akun PTK di dapodik, mungkin lupa pasword akun PTK di dapodik sehingga  oleh operator sekolah dibuatkan password baru. Ini harus menunggu beberapa hari sebelum data masuk ke server info GTK. 

data tidak ditemukan saat cek info GTK

Data Kepangkatan Tidak Sesuai dengan Input Dapodik

Barangkali saat cek info GTK khususnya bagian kepangkatan data di info GTK tidak sesuai dengan yang diinput di aplikasi dapodik.  Masalahnya adalah pada data BKN. Server info GTK terkoneksi dengan database BKN, maka data yang ditampilkanpun berasal dari BKN bukan dari inputan BKN. Mengapa demikian? Silakan di tanyakan ke admin info GTK Pusat deh.
Silakan klik tombol menu di bagian bawah akan muncul data kepegawaian kita yang sesuai atau mengikuti database BKN.

Jika ingin memperbaiki maka datangi kantor BKD/BKPSDM/BKPP di kabupaten/kota atau propinsi atau unduh aplikasi MYSAPK BKN





Buka juga Penjelasan terkait permasalahan Info GTK belum valid 

cek info GTK status tunjangan profesi valid


0 Response to "Login Info GTK (Cek SKTP) 2019/2020 Menggunakan Akun PTK"

Posting Komentar