Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Login Info GTK 2023-2024 KIFAH Menggunakan Akun PTK


Iseng-iseng di pagi yang cerah ini saya membuka laman info GTK Kemdikbud yang beralamat di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ setelah beberapa hari tidak bisa diakses akhirnya bisa juga. Ada yang berbeda dengan tampilan laman info GTK yakni dengan warna baru yang lebih enak buat  dipandang mata. hehehe. Sebagaimana kita ketahui bersama laman info GTK digunakan untuk melihat data guru hasil inputan dari aplikasi dapodik. Kalau sebelumnya untuk login info GTK bisa juga lewat SIM PKB, namun kendalanya adalah jika guru tidak memiliki akun SIM PKB tentu tidak bisa login lewat SIM PKB tersebut.  Dengan demikian jelas perbedaan fungsi akun SIM PKB dan laman Info GTK.


INFO GTK 2023

Guru bisa memantau dan login di Info GTK sampai sejauh mana validatas input data dari dapodik khususnya info tunjangan atau SKTP (tunjangan profesi). Selain itu dilaman utama Info GTK ini kita bisa melihat data progress penarikan data dari server dapodik ke laman info GTK.

Disini kita juga bisa mengunduh aturan dan regulasi terkait Guru dan tenaga Kependidikan seperti edaran Ditjen GTK, Peraturan Pemerintah, Undang-undang Guru dan Dosen serta Peratutan Menteri.

Selain itu masih tersedia data info GTK pada tahun ajaran sebelumnya di sisi kanan laman info GTK ini. Yang berbeda sekali adalah untuk mengakses atau login ke laman info GTK semester 2 tahun ajaran 2023 masing-masing guru, nampaknya harus menggunakan akun PTK masing-masing guru. Adapun akun dan password masing-masing guru bisa diminta kepada operator dapodik.

Jika biasanya di bulan Oktober dan April guru sertifikasi mengecek info GTK buat tau SKTP, maka pada kali ini di Nopember, sesuai kebijakan pemerintah yang akan menyalurkan Bantuan Subsidi Gaji buat GTK non PNS, maka tidak sedikit mereka juga yang belum prnah login info GTK mau tak mau ikut juga meramaikan Info GTK sampai susah diakses.


Cara Login Info GTK TP  2023-2024


Saat ini laman info GTK di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ sudah bisa diakses. Operator dan guru tentu berlomba-lomba untuk mengecek data hasil pengiriman atau sinkronisasi dapodik. Yang terutama tentu para guru yang sudah sertifikasi ingin mengecek validitas data benarkah sudah data yang diinput di aplikasi dapodik. Selain itu tujuannya tak lepas pula untuk mengecek SK Tunjangan Profesi (SKTP).

Untuk login ke Info GTK silakan menuju link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/  
 
login info gtk 2023 2024


Seperti saya sebutkan diatas, ada perubahan di tampilan info GTK, begitu kita berhasil membuka alamat https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ maka kita sudah dihadapkan pada halaman login.

Untuk tahun ajaran 2023-2024 semester  ini wajib menggunakan akun PTK. Adapun akun yang digunakan adalah akun PTK yang sudah diinput dan dibuat di aplikasi dapodik. Usernya berupa email pribadi guru dan password. Jadi silakan minta ke operator dapodik kalau mau mengecek Info GTK secara mandiri.

Masukkan username berupa email pribadi guru dan password yang sudah diinput didapodik, kemudian input kode captcha lalu klik masuk.

Jika operator dapodik belum membuatkan akun PTK di dapodik segera minta dibuatkan, yakni menyerahkan alamat email dan password untuk login info GTK. Setelah dibuatkan operator wajib sinkron kembali dapodiknya.

login dan cek info GTK dapodik  2022
akun PTK di dapodik PAUD
 

Cara mengetahui akun PTK di dapodik adalah operator bisa membuka data guru yang bersangkutan kemudian klik menu tambah user. Akan terlihat email dan password. Silakan dilihat pada gambar di atas. Saat admin mencoba login, sudah terbaca status valid dan taraaa siap deh SKTP. Itu untuk akun GTK guru PAUD atau aplikasi Dapodik PAUD.

Sedangkan untuk anda guru yang berada di tingkatan Dikdasmen (SD, SMP, SMA) untuk mengetahui email dan password bisa menggunakan cara mengetahui akun GTK di dapodikdasmen


Setelah berhasil masuk, akan terlihat tampilan seperti ini:

Di menu profile akan tampil nama pemilik akun Guru ybs, tanggal lahir, sekolah tempat mengajar, email guru yang dipakai untuk login info GTK, nomor HP, alamat rumah, tanggal pensiun (jika ybs adalah PNS), lulusan S1 guru ybs, serta NRG (Nomor Registrasi Guru)


info gtk 2024

Selanjutnya di menu Hasil Validasi

Menu Hasil Validasi disini merupakan tugas dari operator SIM Tunjangan dinas pendidikan kabupaten/kota. Jika belum divalidasi, maka muncul tulisan Status validasi TPG : sedang proses validasi, dalam artian belum divalidasi oleh admin sim tunjangan dinas pendidikan. Validasi biasa dilakukan diakhir bulan Maret dan September setiap tahunnya. Jika sudah divalidasi, maka tidak lama lagi akan keluar SK Tunjangan Profesi.


validasi info GTK

Menu Resume Info GTK


Di menu ini data yang ditampilkan diantaranya berupa identitas pribadi GTK seperti NIP, NIK, NUPTK. Juga data pendidikan formal, penugasan induk/non induk di dapodik.
Status kepegawaian GTK diambil dari dapodik yang disandingkan dengan data dari BKN yang tersimpan di server GTK. Jika ada ketidak sesuaian, GTK bisa mengupdate data kepegawaian dengan mengklik tombol ini, seperti pada gambar. Namun jika sudah sesuai, biarkan saja.

login dan cek info gtk 2023

Jika Anda PNS maka cek pangkat golongan dan gaji apakah sudah sesuai dengan data sebenarnya, dan cek apakah data sudah diinput di dapodik. Hal ini penting, terutama di bagian gaji, karena ini nantinya yang akan menyesuaikan besaran tunjangan profesi guru yang diterima.

Di bagian beban kerja, pastikan sudah linier. Sebagai contoh jika guru kelas SD, maka JJM tertulis 24 jam dan JJM linier 24. Jika sudah seperti ini maka dijamin aman.

Tugas Tambahan ekuivalensi, disini ada yang namanya tugas tambahan yang bisa dihargai jumlah jam mengajarnya, misalnya guru yang merangkap sebagai kepala perpustakaan, tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah dll. Misalnya kepala perpustakaan dihargai 12 jam, berarti harus memiliki 12 jam mengajar mapel yang sesuai sertifikat pendidik. Ini artinya guru sudah memenuhi syarat minimal 24 jam mengajar.

info GTK 2023

Menu Tunjangan

Di menu ini berisi keterangan tentang SK Tunjangan Profesi Guru periode tertentu, akan tertulis apakah SK sudah terbit atau belum. Penerbitan SK tentunya dilakukan oleh admin SIM tunjangan dinas pendidikan setelah info GTK valid, atau selesai divalidasi. Silakan unduh juga Permendikbud tentang juknis aneka tunjangan, yang terbaru adalah Permendikbud nomor 4 tahun 2022 dan tentunya masih dipakai untuk tahun 2023 ini.


Menu Lain-lain


Di menu ini berisi data kelas dan rombongan belajar yang diampu, jumlah siswa, serta jumlah yang diinput di dapodik linier atau tidak.
Referensi Data BKN memuat arsip data guru yang ada di Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang ditarik dan ditampilkan di Info GTK. Data ini memuat NIP, Pendidikan terkahir, identitas, Instansi mengajar, status keaktifan dan jabatan pegawai.
Data instansi dan jabatan diambil dari data kepegawaian yang didapat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Jika ada ketidak sesuaian data, lakukan langkah sebagai berikut :
  • Masuk ke aplikasi MYSAPK versi android (jika belum install bisa di download di playstore)
  • Periksa data yang ada di aplikasi MYSAPK, jika belum sesuai silahkan hubungi BKD sesuai kewenangannya
  • Syncronkan data kepegawaian dengan data pada server BKN
  • Jika data di MYSAPK sudah sesuai dengan data sebenarnya, lakukan update data BKN pada server GTK dengan click tombol ini.
Di bagian akhir menu lain-lain tampil riwayat tarik data dari server BKN.  Pastikan data yang tampil sudah sesuai dengan kondisi saat ini yang bisa dilihat pada SK pangkat terakhir. Jika data kepegawaian tidak sesuai dengan data sebenarnya, Click tombol update data BKN untuk membantu sistem menarik data dari server BKN.


Kasus Data Guru Salah

Yang dimaksud disini adalah setelah kita berhasil login Info GTK, namun ternyata data guru yang ditampilkan ternyata salah, alias data-data seperti nama guru dan identitas lain ternyata bukan data yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan. Hal ini saya temui dari 2 guru di sekolah saya yang sy coba login, setelah berhasil login Info GTK ternyata bukan data guru di sekolah saya. Ya saya gak bisa apa-apa, cuma menunggu saja update terbaru dari server Info GTK untuk perbaikan hal ini. Dan kita tidak perlu panik, kesalahan bukan pada dapodik tetapi ini jelas error di Info GTK.


Penjelasan Kode Angka di Status Validasi

Bagi anda yg sudah login di Info GTK akan menemukan kode angka di bawah tulisan Status Validasi TPG.Misalnya kode angka 1 seperti gambar di bagian awal artikel ini. Atau kode angka 16 seperti di bawah ini.


Maksud dari kode-kode itu bisa dijelaskan sebagai berikut:
  1. Angka 1 Artinya: Data dapodik belum terbaca
  2. Angka 2 Artinya Belum lolos verifikasi dan valida perlu perbaikan data (lihat lembar info pada t verifikasi tunjangan profesi)
  3. Angka 4 artinya Belum valid (Kordinasi dengan operator Tunjangan disdik)
  4. Angka 6  artinya Tidak aktif/Pensiun
  5. Angka 7 artinya Menunggu periode generate SKTP
  6. Angka 8  artinya Sudah terbit SKTP
  7. Angka16  artinya SKTP belum dapat diterbitkan karena belum diusulkan operator tunjangan profesi dinas silahkan hubungi dinasnya.
  8. Angka19  Maksudnya : Telah memiliki beban tugas minimal 24 jam tatap muka dalam 1 jenis mata pelajaran namun tidak sesuai dengan sertifikat yang dimiliki, jika memiliki ijazah S1 yang sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu silahkan memverifikasi melalui dinas pendidikan.
Dari beberapa pantauan hingga hari ini 29 Maret 2023, yang paling banyak ada di angka 1 dan angka 16. Jika angka 1 kemungkinan belum diapa-apain sama admin tunjangan, sedangkan jika angka 16 artinya sudah diverifikasi dan divalidasi namun SKTP belum diterbitkan, kalau begini artinya sudah aman.


Info GTK bagi yang Baru Lulus PPGJ

Bagi para guru yang sudah lulus PPG dalam jabatan tahun 2022, barangkali berharap di tahun 2023 ini juga ingin mendapatkan tunjangan profesi guru. Namun berdasarkan laporan, yang sudah berhasil masuk ke Info GTK ternyata datanya tertulis belum sertifikasi.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, baiknya guru menunggu saja Info GTK nya. Karena data sertifikasi belum ditarik oleh Info GTK. Pastikan saja data-data sudah diinput dengan benar. Seperti NUPTK dan NRG. Khusus NRG, jika belum tahu jangan dipaksakan mencari kesana kemari karena biasanya nanti akan muncul sendiri di Info GTK.

Oh ya, jika Sertifikat Pendidik sudah dibagikan segera input ke aplikasi dapodik nomor sertifikat pendidik. Yang perlu diketahui soal NRG adalah jika NRG terbit tahun 2019, maka tunjangan profesi  baru bisa diterima tahun berikutnya atau tahun 2020. Jika NRG terbit tahun 2022 maka  tunjangan sertifikasi baru bisa diterima tahun 2023.  NRG bisa juga di cek di Info GTK setelah berhasil login dengan mengklik menu Status data Kelulusan Sertifikasi Pendidik.

Silakan baca lagi peraturan mengenai tunjangan profesi guru terkait dengan NRG ini di PP nomor 41 tahun 2009 tentang tentang Tunjangan Profesi Guru Dan Dosen Tunjangan Khusus Guru Dan Dosen Serta Tunjangan Kehormatan Profesor pasal 7  yang berbunyi:

"Tunjangan profesi bagi guru diberikan terhitung mulai bulan Januari tahun berikutnya setelah yang bersangkutan  mendapat  Nomor  Registrasi  Guru  dari Departemen"


Demikian tadi penjelasan tentang tata cara login info GTK tahun 2023 serta penjelasan dalam laman info GTK. 


Kesimpulan:

Jika ingin login info GTK namun lupa email atau username serta password INFO GTK silakan hubungi operator dapodik sekolah Anda.
Data Info GTK bisa saja berubah menyesuaikan kondisi misalnya terkait pangkat dan gaji terbaru, jika belum diinput di dapodik, maka silakan serahkan SK pangkat terbaru ke operator.
Jika masih ada data yang berwarna merah atau tidak valid, jangan terlalu kuatir, hal ini memang karena perlu divalidasi dulu oleh admin SIM tunjangan dinas pendidikan. Kecuali jika teman-teman guru yang lain sudah valid dan keluar SKTP, maka Anda bisa menghubungi admin SIM Tunjangan.
 
 
 
Di bawah ini adalah tulisan lama tentang Info GTK, silakan boleh dibaca-baca barangkali masih relevan.



Login Info GTK untuk Verval Ijazah


Bagi guru yang masih berstatus Honorer sebagaimana diketahui diberikan kesempatan oeh Kemdikbud untuk mengikuti tes PPPK tahun 2023. Nah jika Anda sudah terdata di dapodik maka secara otomatis nama Anda juga terdata di Info GTK, untuk login di Info GTK bisa di cek penjelasannya di dalam artikel ini.
Bagi guru yang ingin mendaftar PPPK 2023 maka hal yang wajib dilakukan adalah melakukan verval ijazah, dimana verval ijazah ini sudah dimulai sejak Nopember 2020. Jika Anda belum pernah maka segera lakukan verval ijazah. 
 
Sebaiknya login menggunakan laptop agar lebih mudah melakukan verval ijazah, karena bisa saja kita harus mengunggah ijazah terakhir S1.
Gambar di bawah ini adalah contoh verval ijazah yang sudah selesai. Jika dirasa sudah benar tidak perlu lagi melakukan verval. Jangan di klik Perbaikan Hasil Validasi karena sama saja kita akan mengulang verval. Jika masih bingung caranya silakan bertanya kepada teman yang sudah selesai verval ijazah.

Gambar di bawah merupakan hasil verval ijazah yang sudah berhasil di update dan valid menurut sistem



Saat ini di semua akun Info GTK terutama mereka yang berijazah S1, terdapat menu verval ijazah. Namun dari Kemdikbud sendiri belum ada perintah resmi untuk melakukan verval ijazah bagi PTK di laman Info GTK. Namun bila Anda ingin melakukan verval ijazah atas inisiatif sendiri juga tidak masalah. Silakan buka artikel cara verval ijazah di laman Info GTK untuk informasi selengkapnya.

Username dan password Salah atau Data Tidak Ditemukan Login Info GTK

Dari beberapa kasus saat percobaan login ke info GTK adalah muncul pemberitahuan Username dan password Salah atau Data Tidak Ditemukan Login Info GTK. Tidak hanya satu atau 2 guru yang menanyakan hal ini.

Apa penyebabnya? Salah satu sebab hal ini adalah GTK yang bersangkutan baru saja dibuatkan akun PTK di dapodik. Bisa juga terjadi karena passsword di akun PTK dapodik sudah diubah.
Walau dapodik sudah sinkron namun belum bisa terbaca di info GTK. Walau sudah seminggu tetap tidak terbaca. Karena proses penarikan data dari server dapodik sedikit lambat mengingat data yang disinkronkan adalah data jutaan guru seluruh Indonesia.

Setelah guru atau operator sekolah mencoba login kemudian muncul data tidak ditemukan ada beberapa sebab:
1. Data sinkronisasi dapodik belum terkirim atau belum terupdate di server info GTK. Diketahui bersama setelah operator melakukan sinkron, data dikirim ke server dapodik pusat, kemudian dari server dapodik pusat dikirim ke server info GTK. Ini membutuhkan paling tidak 7 hari kerja.

2. kasus kedua, salah password saat login info GTK, walaupun email benar kalau password salah maka akan muncul tampilan data tidak ditemukan.

3. Password diubah di akun PTK di dapodik, mungkin lupa pasword akun PTK di dapodik sehingga  oleh operator sekolah dibuatkan password baru. Ini harus menunggu beberapa hari sebelum data masuk ke server info GTK.

Solusi cara mengatasi Username dan password Salah atau Data Tidak Ditemukan Login Info GTK,
Pertama coba login menggunakan akun PTK yang lama (email dan password lama yang belum diubah).



data tidak ditemukan saat cek info GTK di link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2020_s1

Data Kepangkatan Tidak Sesuai dengan Input Dapodik


Barangkali saat cek info GTK khususnya bagian kepangkatan data di info GTK tidak sesuai dengan yang diinput di aplikasi dapodik.  Masalahnya adalah pada data BKN. Server info GTK terkoneksi dengan database BKN, maka data yang ditampilkanpun berasal dari BKN bukan dari inputan BKN. Mengapa demikian? Silakan di tanyakan ke admin info GTK Pusat deh.

Silakan klik tombol menu di bagian bawah akan muncul data kepegawaian kita yang sesuai atau mengikuti database BKN.

info gk semester 1  2022 2023


Jika ingin memperbaiki maka datangi kantor BKD/BKPSDM/BKPP di kabupaten/kota atau propinsi atau unduh aplikasi MYSAPK BKN


INFO GTK pada umumnya digunakan sebagai pijakan atau dasar untuk melihat  Informasi Status Data Guru dan Tenaga Kependidikan khususnya Untuk Penerbitan SKTP. Pada info gtk disajikan data Dapodik yang sudah tervalidasi statusnya sesuai dengan peraturan yang berlaku seperti; Undang-undang guru dan dosen no 14 tahun 2005, PP no. 74 tahun 2008 yang di revisi dengan peraturan pemerintah no. 19 tahun 2017, Permendikbud 33 tahun 2018, Permendikbud 15 tahun 2018, Permendikbud 16 tahun 2019 dan peraturan lainnya yang berkaitan dengan sekolah dan rombongan belajar.



Sumber data utama Info GTK adalah dari Dapodikdasmen untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK
Dapodik Pauddikmas untuk jenjang TK. Selain itu Info GTK memuat database; Data Base Kelulusan Sertifikasi, Data Base NUPTK, Data Base BKN,  Data Base Daerah tertinggal dari KPDT,  Data Base Linieritas, Data Base Kurikulum , Data Base Inpassing, Data Base Pembayaran/Realisasi SKTP, Data Base Tunjangan Profesi/SIMTUN.

Cara Membaca Info GTK
Cara Membaca Info GTK

Status Validasi Tunjangan Profesi


Untuk status validasi tunjangan profesi yang tampil di Info GTK hanya ada 2 kemungkinan
1. Belum Valid
2. Valid

Jika belum valid maka otomatis SKTP belum bisa diterbitkan, sedangkan jika sudah valid SKTP siap diusulkan oleh operator simtun  dinas Pendidikan. Terkait valid atau belum validnya status validasi tunjangan profesi ini ada beberapa penyebab, biasanya karena dapodik belum sinkron, masalah NUPTK, data kepegawaian dan data jam mengajar. Jike keterangannnya VALID (perlu verifikasi dinas) maka hanya menunggu saja untuk segera divalidasi dinas pendidikan.

Silakan disimak penjelasannya dibawah.

valid perlu verifikasi dinas


status validasi tunjangan profesi belum valid

NUPTK Tidak Valid

Jika status NUPTK tidak valid, tindakan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut

Buka dapodik pada masing-masing jenjang.
  • Cek penulisan nama pada dapodik, penulisan nama sesuai dengan ijazah, tanpa gelar. Gelar pada kolom tersendiri.
  • Cek tanggal lahir pada dapodik,  pastikan penulisan tanggal lahirnya sudah benar, tidak terbalik antara tanggal dan bulan serta tanggal lahir harus sesuai dengan akta kelahiran/Ijazah
  • Cek penulisan nama Ibu kandung,  Sebaiknya penulisa nama Ibu tidak disertai dengan gelar dan statusnya.
Buka aplikasi verval GTK.
  • Cek penulisan Namanya, bandingkan dengan nama pada dapodik (wajib sama)
  • Cek tanggal lahirnya, bandingkan dengan tanggal lahir pada dapodik (wajib sama)
  • Cek penulisan NUPTKnya, bandingkan dengan NUPTK pada dapodik (wajib sama)
  • Ceka nama Ibu kandung, bandingkan dengan Ibu kandung pada dapodik (wajib sama)

JJM romber tidak valdi di info GTK

Jenjang dan Status Data



Penjelasan Jenjang dan Status Data :

Jenjang adalah jenjang yang tercatat pada sim tunjangan,
Jika jenjang pada dapodik berbeda dengan jenjang pada simtun, hubungi operator tunjangan didinas Pendidikan masing-masing sesuai dengan kewenangannya.
Status data :
1 = belum update dapodik bisa terjadi karena :
  • NUPTK, Nama dan tanggal lahir tidak sama antara dapodik dengan data kelulusan
  • Dapodik belum syncron
  • NUPTK tidak valid

2 = Masih edit data, biasanya status ini terjadi karena masih ada data belum valid, sehingga belum memenuhi 24 jam tatap muka linier

6 = Tidak aktif :
  • Sakit Menahun
  • Meninggal
  • Pensiun
  • Tidak menjadi guru lagi
7 = Siap SK, menunggu proses penerbitan SKTP
8 = sudah terbit SKTP
16 = menunggu usulan dinas Pendidikan untuk proses penerbitan SKTP, jika sudah lebih dari 2 minggu masih pada status yang sama hubungi Operator tunjangan

Jam Tugas Tambahan:

Jam tugas tambahan yang ditampilkan di info gtk adalah jam tugas tambahan guru baik tugas tambahan utama (wakasek, kepala lab dll) maupun tugas tambahan ekuivalensi (wali kelas, Pembina ekstra kurikuler dsb).
Jumlah jam yang ditampilkan adalah akumulasi jumlah jam tugas tambahan yang VALID, Tugas tambahan yang tidak valid, jumah jamnya tidak di hitung

Total Jam Mengajar dan Tugas Tambahan :

Total Jam mengajar dimaksud adalah jumlah jam mengajar LINIER pada sekolah induk dan non induk ( kita sebut A)
Jam tugas tambahan dimaksud adalah jumlah jam tugas tambahan yang valid (kita sebut B)
Total Jumlah Jam diakui adalah A + B
Total A+B adalah jumlah jam mengajar yang di pakai sebagai syarat penerbitan SKTP

Jumlah Jam Mengajar :

1. JJM Sekolah Induk

Jumlah jam mengajar tatap muka di sekolah induk :
  • JJM adalah jumlah jam mengajar keseluruhan tanpa melihat status linierisasi dengan sertifikat pendidik
  • JJM Linier adalah jumlah jam mengajar guru yang sesuai dengan sertifikat pendidik guru
  • Jumlah JJM linier belum tentu sama dengan jumlah jam mengajar keseluruhan

2. JJM Sekolah Non Induk
Jumlah jam mengajar tatap muka di sekolah non induk :
  • JJM adalah jumlah jam mengajar keseluruhan tanpa melihat status linierisasi dengan sertifikat pendidik
  • JJM Linier adalah jumlah jam mengajar guru yang sesuai dengan sertifikat pendidik guru
 
Tugas Tambahan :
Wakil Kepala sekolah
Kepala Lab IPA
Kepala lab multimedia/Bahasa
Kepala Bengkel sesuai program peminatan
Kepala Perpustakaan
Kepala Program Studi
Kepala unit produksi

Sekolah Induk :

Valid:
  • Nama sekolah tertulis pada kolom sekolah induk
  • Centang sekolah induk Cuma 1

Tidak Valid
  • Nama sekolah pada kolom sekolah induk kosong
  • Sekolah induk tidak di centang pada dapodik
  • Sekolah induk di centang lebih dari satu sekolah
  • Guru mutasi tapi sekolah induk masih di centang di sekolah lama
Demikian penjelasan mengenai tampilan pada laman Info GTK tahun 2022 - 2023 




Related Posts