Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) sudah dapat dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2021 (sesuai periode jadwal instansi) untuk para PNS sedangkan untuk PPPK dan PPT non ASN akan segera diinformasikan kemudian. PDM adalah proses pembaharuan data secara mandiri yang dilakukan oleh PNS, CPNS, PPPK dan juga Pejabat Pimpinan Tinggi Non-ASN. Terdapat 12 data riwayat yang perlu dimutakhirkan pada proses PDM untuk PNS ini diantaranya: Data Perorangan Riwayat Pangkat/Golongan Riwayat Pendidikan Riwayat Jabatan Riwayat Peninjauan Masa Kerja Riwayat CPNS/PNS Riwayat Diklat/Kursus Riwayat Keluarga Riwayat SKP Riwayat Organisasi Riwayat Penghargaan/Tanda Jasa Riwayat CLTN Sedangkan untuk PPPK dan PPT non ASN data yg diremajakan antara lain: Data Perorangan Riwayat Diklat/Kursus Riwayat Penghargaan/Tanda Jasa Riwayat Keluarga Riwayat Organisasi Periode pemutakhiran data sudah dapat dilihat pada dashboard aplikasi mysapk. Per tanggal 16 Juli 2021 sementara baru dapat menggunakan aplikasi mysapk versi web (mysapk.bkn.go.id) sedangkan untuk android akan segera diupdate pada playstore Untuk info lebih lanjut, silahkan menuju portal PDM di https://pdm-asn.bkn.go.id #DatamuTanggungJawabmu
Demikian bunyi berita terbaru dalam situs MYSAPK yang dapat admin informasikan.

Dibeberapa artikel terdahulu telah kami bagikan berbagai informasi perihal PDMASN. Sebagian ASN mungkin tahu apa itu PDMASN dan sebagian lagi juga ada yang tidak mengerti sama sekali dengan program PDMASN yang dicetuskan oleh Badan Kepegawaian Negara ini.

Jika Anda PNS yang diangkat sebelum tahun 2015 tentu pernah mengerjakan PUPNS atau Pendataan Ulang PNS. PUPNS dengan PDMASN anggap saja sama. Jika PUPNS berbasis web desktop maka PDMASN ini bisa dikerjakan lewat komputer dan bisa juga dikerjakan lewat aplikasi Mobile atau HP yang terlebih dahulu penggunanya dalam hal ini PNS dan PPPK mengunduh aplikasi MYSPAK di google playstore. Sedangkan jika ASN ingin mengerjakan lewat web atau komputer secara online, maka alamatnya adalah di https://mysapk.bkn.go.id/

Tata Cara login MYSPAK sudah kami bagikan di tautan ini.


Namun pada kesempatan kali ini kami tidak akan membahas masalah pengerjaan dan pengisian MYSAPK. Hal ini dikarenakan tidak semua ASN bisa mengerjakan MYSAPK tersebut. Hal ini dikarenakan adanya penjadwalan oleh Badan Kepegawaian Negara. Informasi penjadwalan tersebut dipublikasikan lewat media sosial resmi BKN seperti di twitter dan instagram.

 Dalam informasi tersebut juga disebutkan bahwa ASN bisa megakses informasi terkait PDMASN ini di laman https://pdm-asn.bkn.go.id/. Dalam laman tersebut ASN bisa mengunduh informasi terkait jadwal PDMASN, tata cara pengerjaaan MYSPAK, tanya jawab seputar MYSPAK serta informasi lainnya.

Terkait jadwal PDMASN tadi, BKN membagi waktu pengerjaan MYSAPK berdasarkan wilayah kantor regional BKN yang terbagi dalam 3 tahapan atau periode. Tahap 1 diawali dari instansi Kementerian dan Lembaga Pusat dan sebagian instansi daerah.

Jadwal PDMASN-MYSPAK

Jadwal Periode 1  12 Juli sampai 11 Agustus 2021 (ditandai warna merah muda)

Jadwal Periode 2  12 Agustus sampai 11 September 2021 (warna kuning)

Jadwal Periode 3  12 September  sampai 11 Oktober 2021 (warna hijau muda)

Untuk pengerjaan MYSAPK saat ini belum bisa lewat aplikasi android, hanya bisa lewat komputer atau Smarphone menggunakan browser.

Silakan unduh jadwal lengkap PDMASN di sini
Buku Petunjuk PDMASN-MYSAPK di sini

Bagi Anda yang ingin bertanya tersedia grup tanya jawab seputar MYSAPK BKN di link
https://web.facebook.com/groups/infogtkgurupns/

 



Baca Juga

Post a Comment