Pada artikel sebelumnya sudah kami bagikan panduan dan tata cara untuk melakukan aktivasi akun MYSAPK bagi PNS, khususnya PNS daerah. Pada kesempatan kali ini admin aan berbagi bagaimaan cara aktivasi akun MYSAPK bagi pegawai Kementerian Agama, berarti termasuk guru madrasah maupun guru Kemenag yang diperbantukan di instansi pemerintah daerah. Berdasarkan informasi yang admin dapatkan, batas waktu aktivasi akun mysapk Kemenag sampai dengan 31 Juli 2021.

Untuk aktivasi akun MYSAPK PNS kemenag Pada dasarnya caranya sama saja. Alamat untuk login pun sama, yang membedakan adalah passwordnya. Serta email yang digunakan. Kalau PNS daerah menggunakan emai pribadi sedangkan untuk ASN Kemenag menggunakan email kemenag. Baik kita mulai saja.



Pertama Buka Browser Google Chrome, ketikkan alamat mysapk.bkn.go.id

Kemudian muncul seperti ini, Klik Lupa Password

Panduan Aktivasi My SPAK PNS Kemenag


Setelah mengklik ‘Lupa Password’, akan diarahkan ke halaman Lupa Password. Kemudian isikan NIP dan email Anda. Untuk Email gunakan NIP@kemenag.go.id. Kemudian klik ‘Lanjutkan’

Panduan Aktivasi My SPAK PNS Kemenag


Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Konfirmasi Reset Password, pada halaman tersebut Anda diminta untuk memasukkan Password baru dengan menggunakan minimal 6 karakter dan harus menggunakan minimal 1 huruf besar dan 1 angka. Lalu untuk mendapatkan token, Anda harus masuk ke email yang anda masukkan tadi.

reset password mysapk kemenag


Untuk membuka email Anda, klik bagian yang bertanda ‘+’ atau New Tab, kemudian masukkan alamat:  mail.kemenag.go.id . Kemudian klik ‘Enter’


Untuk masuk ke akun email  Kemenag Anda. Pada halaman mail.kemenag.go.id, isikan Username dengan NIP Anda dan  Password dengan ASN.  (3 digit terakhir NIP Anda)(4 digit - tanggal dan bulan lahir Anda). 

login masuk ke email kemenag

Setelah Login, pada bagian Mail Anda akan mendapatkan email ‘Kode Verifikasi MySapk’. Klik
pesan tersebut, kemudian akan muncul isi pesan pada bagian samping dan Anda akan diberikan kode token untuk akun MySapk Anda. (lihat gambar 3)


login masuk ke email kemenag kode token

Setelah Anda mendapatkan token, dalam email Kemenag, kemudian kembali ke halaman MySapk BKN. Ketikkan password milik Anda, Kode token dari email kemenag dan lalu klik Reset Password.

Untuk password silakan gunakan passsword versi Anda sendiri. Password ini juga digunakan untuk login lewat MYSAPK versi aplikasi Android nantinya.

My SPAK PNS Kemenag


Setelah Reset Password berhasil, Anda bisa langsung mencoba login dengan memasukkan NIP Anda dan Password baru Anda dan klik ‘Login’.

Jika berhasil maka akan tampil seperti di bawah ini:


My SPAK PNS Kemenag




Jika Anda masih bingung untuk mendapatkan user dan email kemenag.go.id silakan menghubungi kantor Kemenag masing-masing daerah. Demikian tadi cara aktivasi akun MY SAPK BKN untuk ASN Kemenag.

Video tutorial aktivasi akun mysapk kemenag silakan buka di bawah ini 


Baca Juga

1 Komentar

  1. daftar webmail dari pagi...sampai sekarang sudah 12 jam lebih belum mendapatkan token. ada solusinya..??

    BalasHapus

Posting Komentar