Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

SK Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT Untuk Pendaftaran CPNS

Sebelum membaca artikel ini perlu diketahui bahwa berkas manual maupun upload scan  ada kemungkinan tidak semua instansi yang meminta, namun nilainya saja yang diinput saat pendaftaran CPNS 2021. Namun tidak ada salahnya kita sebagai calon pelamar mempersiapkan berkas ini.
Update untuk secara jelas dan gamblang aturan akreditasi perguruan tinggi silakan baca pengumuman instansi yang anda tuju. Untuk peraturannya bisa dilihat dalam revisi Permenpan RB 36 tahun 2018.

Salah satu berkas persyaratan yang harus disiapkan oleh calon pelamar CPNS satu diantaranya adalah berkas atau dokumen keterangan akreditasi perguruan tinggi dan program studi. Karena nilai akreditasi (A, B, C, atau D) nanti akan dimasukkan dalam form pendaftaran di SSCASN.

Ada beberapa rekan calon pelamar CPNS yang bertanya bagaimana surat keterangan akreditasi yang benar tersebut? Apakah harus yang asli discan? Bolehkah memakai fotokopi? Dimana mendapatkan sertifikat keterangan akreditasi tersebut?

Nah berikut contoh penampakan Sertifikat Akreditasi perguruan tinggi dari BAN PT tersebut.

SK surat akreditasi universitas akademi politeknik
surat sertifikat akreditasi perguruan tinggi
Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT

Begini ketentuannya:

Jika anda memiliki yang asli  format digital yang didapat dari kampus, itu sudah bisa dipakai.

Berdasarkan pengalaman yang sudah pernah ikut tes cpns 2017 lalu, Jika memakai fotokopi ada yang  harus dilegalisir oleh pihak perguruan tinggi dan di stempel basah seperti gambar diatas. Ada yang tidak perlu dielgalisir, tergantung kebijakan instansi.

Untuk mendapatkan surat keterangan akreditasi perguruan tinggi dari BAN-PT sebaiknya datang saja ke kampus tempat kuliah dulu, minta fotokopinya lalu dilegalisir dan stempel basah. Namun ada juga perguruan tinggi yang menyediakan format scan yang bisa didownload di website kampus.
Adapun SK ata sertifika akreditasi yang dipakai adalah saat kelulusan kuliah. Jadi jika Anda lulus tahun 2017, maka SK akreditasi BAN-PT yang dipakai adalah pada masa itu. Perlu diketahui Akreditasi BAN-PT berlaku selama 5 tahun, misalnya Universitas Terbuka  prodi PGSD berlaku dari 2016-2021.

Bolehkah lulusan PT  jika perguruan tinggi dan program studi  yang nilai akreditasi C ikut mendaftar CPNS? Bisa tapi itu nanti aja dibahasnya ya...

Penjelasan Akreditasi yang diupload dan dipakai untuk pendaftaran CPNS/PPPK 2021

Dalam menu unggah dokumen pendaftaran CPNS ada dokumen yang wajib diunggah, satu diantaranya adalah dokumen akreditasi. Bisa dilihat pada gambar di bawah. Disebutkan dokumen yang diunggah adalah "Scan Asli/Fotokopi sertifikat Akreditasi Peguruan Tinggi dan/atau Program Studi pada saat kelulusan"
Dari bahasanya jadi Anda boleh menggunakan salah satu saja ataupun keduanya kemudian digabungkan menjadi dokumen pdf. Dan scan sertifikat akreditasi tersebut adalah harus sesuai dengan tanggal kelulusan pada ijazah Anda. Untuk penjelasan lengkap silakan dilihat di video di bawah atau di tautan ini

Jika Anda tidak memiliki scan sertifikat Anda bisa menggunakan screenshot dari halaman BAN PT yang bisa dibuka disini

akreditasi prodi cpns ppk 2021






Kalau yang dibawah ini Surat Keterangan Akreditasi.yang dipakai yang mana sih? Ada yang mengatakan SK saja ada pula memakai Sertifikatnya. Menurut saya Sama saja, Namun Kalau ada keduanya akan lebih bagus. Sekedar tambahan bagi yang baru lulus kuliah bisa mengecek nilai akreditasi perguruan tinggi di alamat web https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi

surat keterangan akreditasi universitas institut perguruan tinggi BAN-PT
Surat keterangan akreditasi BAN-PT

Oke demikian, mumpung pendaftaran belum dibuka, ayo siapkan dari sekarang berkas persyaratan pendaftaran CPNS di SSCASN.

Baca juga
Persiapan pendaftaran dan berkas pendaftaran di SSCASN 
Alur proses pendaftaran CPNS 2019
Permenpan RB nomor 36 dan 37 tahun 2018 tentang CPNS 2018

Related Posts