Back To Top

Tips Buat Yang Kerjanya Kebanyakan Duduk Di Kursi

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan

Sekarang ini begitu banyak pilihan yang ditawarkan untuk membuat hidup selalu aktif dan sehat. Berbicara tentang kesehatan, kita semua tentu ingin tubuh yang selalu dalam kondisi prima dan tidak mudah sakit.


Namun bagaimanakah dengan kondisi kita saat ini yang merupakan seorang pegawai yang mayoritas waktu kerja digunakan di kantor, rapat, dan berjam-jam menatap layar komputer? Bagaimana cara kita agar bisa selalu fit sedangkan tidak ada waktu olahraga? Berikut adalah beberapa tips sehat ala kantoran yang dapat kita terapkan.

Duduk Berputar
Kegiatan ini adalah salah satu bentuk olah raga kecil yang dapat dilakukan di area meja kerja kita. Caranya mudah, mundurkan sedikit meja ke belakang  dan letakkan kedua tangan di tepi meja kerja. Angkatlah lutut hingga tidak menyentuh lantai kemudian mulailah memutarkan badan ke kiri dan ke kanan dengan posisi tangan tetap menyentuh tepi meja  Olah raga kecil tersebut dapat membantu mengecilkan perut kita dan juga membantu merileksasikan tubuh kita kembali.

Peregangan Leher
Kondisi leher kaku biasanya disebabkan karena terlalu lama duduk dengan posisi yang sama selama berjam-jam. Untuk mengatasi itu, kamu bisa mencoba duduk tegak pada kursi dan miringkan leher menyentuh bahu ke kiri dan kekanan secara bergantian dengan masing-masing durasi 30 detik. Kegiatan tersebut dapat sedikit membantu mengurangi rasa kaku di leher kita.

Peregangan Bahu dan Tulang Belakang
Terlalu lama duduk bekerja menyebabkan punggung kita terasa tegang. Kemudian akan muncul rasa tidak nyaman jika masih digunakan untuk duduk lagi. Ada cara mudah mengatasi rasa pegal seperti    ini yaitu duduklah dengan tegap di kursi kerja kita, angkat kedua tangan ke atas dengan kedua tangan  saling terkait lalu miringkanlah badan ke ki kanan, ke atas dan ke kiri dengan durasi masing-masing 15 detik.

Peregangan Seluruh Tubuh
Melakukan peregangan seluruh tubuh ini efektif merileksasikan kembali seluruh tubuh, lho. Tidak sulit melakukan kegiatan ini yaitu cukup dengan cara berdiri dan melakukan senam kecil seperti warm up (pemanasan) pada umumnya.

Nah demikian beberapa tips bagi Anda khususnya yang banyak bekerja menghabiskan waktu di kursi. Silakan lakukan setiap hari untuk kebugaran tubuh kita. Sumber Majalah Taspen


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,



Arsip Blog