Cara Legalisir/Pengesahan Fotokopi Ijazah

Ijazah merupakan surat bukti bagi seseorang bahwa telah menamatkan atau lulus pendidikan di sebuah lembaga pendidikan baikdari  tingkatan SD hingga hingga perguruan tinggi. Ijazah dibutuhkan pada umumnya untuk melamar suatu pekerjaan ataupun untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Tentu saja untuk tujuan tersebut bukanlah ijazah asli yang diserahkan, namun berupa fotokopi ijazah yang telah disahkan atau dilegalisir oleh pihak lembaga pendidikan.  Adapun salah satu tujuan melakukan legalisir ijazah adalah agar mendapatkan pengakuan mengenai keaslian ijazah dari pihak lembaga pendidikan.


CARA LEGALISIR PENGESAHAN IJAZAH SD, SMP, SMA,  IJAZAH PAKET DAN MADRASAH

Untuk melakukan pengesahan ijazah di lembaga pendidikan yang masih aktif atau buka tentunya kita tinggal langsung mendatangi ke lembaga tersebut, namun jika lembaga atau sekolah sudah tutup bagaimana cara legalisirnya? Berikut kami berikan panduan tata cara pengesahan fotokopi ijazah bagi sekolah/perguruan tinggi yang sudah tutup non aktif, ijazah terbakar dll.



Pengesahan fotokopi ijazah sekolah Kemdikbud

Yang dimaksud dengan sekolah Kedikbud disini adalah sekolah negeri atau swasta baik SD, SLTP, maupun SLTA. Untuk pengesahan ijazah sekolah di bawah naungan Kemdikbud adalah dengan langsung mendatangi langsung sekolah. Adapun peraturan terkait legalisir Ijazah sekolah di bawah naungan Kemdikbud adalah lewat Permendikbud nomor 29 tahun 2014. Disebutkan dalam pasal 2 mengenai pengesahan ijazah.


  1. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah/STTB dilakukan oleh kepala satuan pendidikan yang mengeluarkan ijazah/STTB  yang bersangkutan.
  2. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan suratt keterangan pengganti ijazah/STTB yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan yang bergabung dilakukan oleh kepala satuan pendidikan hasil penggabungan.
  3. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan suratt keterangan pengganti ijazah/STTB yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan yang sudah berganti  nama dilakukan oleh kepala satuan p e n d i d i k a n sesuai nomenklatur baru .



dari 3 ayat pasal 2 diatas jelas, bagi yang ingin mengesahkan ijazah adalah dengan mendatangi sekolah yang ada saat ini baik karena sekolah tersebut digabungkan maupun sekolah yang sudah berganti nama




Legalisir ijazah sekolah yang sudah tutup


Jika Anda lulusan dari sekolah yang sudah tidak beroperasi lagi atau tutup, kasusnya kebanyakan adalah sekolah swasta maka untuk pengesahan ijazah adalah ke dinas pendidikan tempat sekolah tersebut berasal. (ayat 4). Namun jika pemohon pengesahan tidak dapat menuju dinas pendidikan kabupaten/kota tempat sekolah lama berasal, maka diperbolehkan melegalisir di dinas pendidikan pemohon bertempat tinggal (ayat 6). Ada 10 ayat dalam pasal 2 yang mengatur pengesahan ijazah ini.

Pengesahan fotokopi ijazah/STTB, SKYBS, ijazah paket kesetaraan, dan surat keterangan pengganti ijazah/STTB dilakukan oleh pejabat yang berwenang apabila pemohon dapat menunjukkan ijazah asli atau Surat Keterangan Pengganti ijazah asli d a n bersedia menandatangani surat pernyataan tanggung jawab mutlak.


Cara pengesahan ijazah Paket Kesetaraan (Paket A, Paket B dan Paket C)


Untuk pengesahan ijazah paket kesetaraan A, B atau C lembaga yang berwenang adalah  dinas pendidikan kabupaten/kota setempat atau tempat ijazah dikeluarkan, bisa dilihat di ijazah. Hal ini disebutkan dalam pasal 2 ayat 5
Pengesahan fotokopi ijazah paket dan s u r a t keterangan pengganti ijazah paket yang dikeluarkan oleh Dinas Kabupaten/Kota yang membidangi pendidikan d i l a k u k a n oleh Kepala Dinas Kabupaten/Kota yan g membidangi pendidikan di Kabupaten/Kota yan g bersangkutan .


Demikian cara atau teknis mengajukan pengesahan ijazah SD, SMP, SMA, SMK  Paket A, B dan C atau sekolah naungan Kemdikbud. 





Cara legalisir ijazah Madrasah naungan Kemenag


Teknis atau tata cara pengesahan ijazah Madrasah di atur lewat Keputusan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama NOMOR 5343  TAHUN 2015 tentang Petunjuk Teknis Pengesahan Fotokopi Ijazah/Surat Tanda    Tamat    Belajar atau    Surat    Keterangan    Pengganti Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar, Penerbitan Surat Keterangan Pengganti  Ijazah/Surat  Tanda  Tamat  Belajar,  dan  Penerbitan Surat    Keterangan    Kesetaraan    Ijazah    Luar    Negeri    yang  Berpenghargaan  Sama  dengan  Ijazah  Madrasah.  Bisa diunduh di tautan ini. Tentunya tetap berpatokan pada aturan
Permendikbud nomor 29 tahun 2014


Cara Legalisir Pengesahan Fotokopi Ijazah MADRASAH




Legalisir Ijazah Perguruan Tinggi (Kemristek Dikti)


Sejak tahun 2017, Kemenristek Dikti menghapuskan yang namanya legalisir Ijazah dikampus, jadi bagi mahasiswa tidak perlu lagi melegalisir ijazah. Dan bagi pihak-pihak yang ingin  mengetahui keaslian ijazah tidak lagi memakai fotokopi ijazah hasil legalisir, namun cukup melakukan pengecekan keaslian ijazah kampus melalui aplikasi online yang telah disediakan oleh Kemristek Dikti yakni di aplikasi Sistem Verifikasi Ijazah Online/Elektronik (SIVIL) SIVIL BELMAWA.

Cara Legalisir/Pengesahan Fotokopi Ijazah perguruan tinggi

Pengesahan Ijazah Perguruan Tinggi yang sudah tutup


Bagi lulusan yang perguruan tingginya sudah tutup bisa membaca peraturan   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81 Tahun 2014 dalam  pasal 12 ayat (1)

"Pengesahan fotokopi Ijazah dan Transkip Akademik, dan SKPI dilakukan oleh perguruan tinggi yang menerbitkan"

dan pasal 13 ayat (1)

"Dalam hal Perguruan Tinggi sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 ayat (1) sudah tidak beroperasi atau ditutup, pengesahan fotokopi Ijazah, Transkip Akademik, SKPI, dan Surat Keterangan Pengganti dilakukan oleh:

a. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk perguruan tinggi negeri; dan
b. Lembaga yang berwenang sesuai peraturan perundang-undangan untuk perguruan tinggi swasta."

yang dimaksud dalam point b adalah LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  atau kalau dulu disebut Kopertis atau Koordinator Perguruan Tinggi Swasta.

 Adapun persyaratan yang harus dipenuhi dalam melegalisasi ijazah di LL DIKTI:

  1. Membawa ijazah dan transkip asli atau melampirkan fotocopy ijazah dan transkip yang pernah dilegalisasi.
  2. Jumlah maksimal legalisasi ijazah dan transkip masing-masing 10 lembar.
  3. Sebelum kami melegalisasi ijazah dan transkip terlebih dahulu kami memverifikasi kepastian ijazah alumni lulusan dari PTS yang bersangkutan melalui   PD Dikti (laman forlap.ristekdikti.go.id). Jika  tidak tercantum maka LLDIKTI tidak dapat melegalisasi ijazah tersebut. 

Itulah cara melakukan legalisir ijazah perguruan tinggi jika  sudah tidak beroperasi atau ditutup.

 

0 Response to "Cara Legalisir/Pengesahan Fotokopi Ijazah "

Posting Komentar