Sebagaimana diketahui beberapa bulan yang lalu beberapa operator sekolah telah ditunjuk mengikuti simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dilaksanakan 2 kali termasuk Simulasi AKM untuk siswa. Dan sebagaimana kita ketahui pula bahwa Asesmen sendiri akan dilaksanakan tahun 2021 ini, yang jadwal Asesmen Nasional sendiri diperkirakan akan dilaksanakan sekitar bulan Agustus - September 2021.

Untuk kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional tentunya membutuhkan prasarana yang memadai yakni ketersediaan jaringan internet dan komputer di sekolah. Untuk mengetahui apa saja kebutuhan sekolah maka Kemdikbud membuka satu lagi aplikasi yakni Verval TIK Satuan Pendidikan.

Sehubungan dengan hal tersebutlah maka sekolah berkewajiban melakukan Verval TIK. Adapun Verval TIK tersebut dilakukan di alamat website https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ oleh operator sekolah.

Adapun hal ini tertuang dalam surat Ditjen PAUD Dikdas dan Menengah Kemdikbud Nomor : 4541/C/TI/2021   tertanggal   16 Maret 2021 Perihal Pelaksanaan Verval TIK untuk pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan verifikasi dan validasi Teknologi dan Informasi Komputer (TIK) Satuan Pendidikan sebagai instrumen pemetaan data kesiapan Satuan Pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, berikut kami sampaikan bahwa:
 
1. Pelaksanaan Assesmen Nasional akan diselenggarakan pada bulan September dan Oktober 2021. 

2. Untuk kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional perlu adanya:
a. Sinergi antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Kanwil Kemenag, dan masyarakat dalam hal resource sharing infrastruktur Asesmen Nasional.
b. Pemetaan berbasis data spasial terkait kesiapan TIK untuk Asesmen Nasional diperlukan :
i. Resource sharing TIK antar satuan Pendidikan; 
ii. Resource sharing TIK dengan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh Pemda; 
iii. Resource sharing TIK dengan orang tua atau mekanisme pendanaan lainnya. 

3. Satuan Pendidikan harus melengkapi data dukung TIK berupa Jumlah Komputer/Laptop, Akses Internet, dan sumber listrik di lingkungan Satuan Pendidikan melalui laman Verval TIK pada tautan http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/ yang kemudian akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan.  

4. Adapun tugas yang harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan terkait dengan pelaksanaan Verval TIK adalah sebagai berikut: 

a. Melakukan verifikasi dan validasi terkait data dukung TIK Satuan Pendidikan;
b. Menentukan moda pelaksanaan Assesmen Nasional (Online/Semi Online) sesuai kondisi TIK sekolah;
c. Menentukan status pelaksanaan Assesmen Nasional (Mandiri, Mandiri dan ditumpangi, dan Menumpang) sesuai dengan kondisi geografis dan kesiapan TIK.
 
5. Pengisian data oleh Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan dilakukan melalui laman Verval TIK, dengan menggunakan akun sdm.data.kemdikbud.go.id paling lambat tanggal 30 April 2021.  
 
Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami ucapkan terima kasih.





Cara Verval TIK


Operator sekolah login di laman https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SDM, yang biasa dipakai untuk verval PD, Verval ponsel maupun verval PTK. Jika belum memiliki akun silakan registrasi dulu di laman sdm.data.kemdikbud.go.id atau buka disini caranya.

Setelah berada di laman https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/ klik fitur akun di sudut kanan atas. Lalu klik Login dan masukkan email serta password akun SDM.


cara verval TIK

Setelah login maka ada beberapa pilihan menu antara beranda, Kesiapan TIK dan keterangan.


Jadi nanti operator sekolah mengerjakan di bagian verval ini. Sambil diperiksa juga di menu profil. Silakan periksa item-item

1. Keterisian data Kesiapan TIK bersumber pada hasil pengisian data pada Submenu Verval (Kesiapan TIK Satuan Pendidikan) yang dilakukan oleh operator sekolah.
2. Penentuan 15 sekolah terdekat berdasarkan hasil perhitungan  terhadap titik koordinat yang disikan oleh operator sekolah melalui aplikasi VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id dengan kualifikasi pelaksanaan AKM.
3. Status kesiapan TIK.
4. Status kesiapan AKM.

Di Sub Menu Submenu Verval menyajikan  informasi terkait dengan:
1. Kesiapan TIK Sekolah;
2. Posisi Koordinat Sekolah;
3. Sekolah Terdekat; dan
4. Riwayat Perubahan.


1. Informasi pelaksanaan UNBK pada tahun sebelumnya.
2. Isikan jumlah laboratorium yang dimiliki satuan pendidikan.
3. Pilih Moda Pelaksanaan AKM.
4. Isikan jumlah komputer utama/server jika moda pelaksanaan AKM semi  online.
5. Isikan jumlah komputer/laptop yang dimiliki satuan pendidikan dengan status kepemilikan milik sekolah.
6. Isikan jumlah komputer/laptop yang dimiliki satuan pendidikan dengan status kepemilikan bukan milik sekolah (pinjaman dari wali murid, pinjaman dari guru, sewa atau yang lainnya).
7. Pilih sumber listrik dari pilihan yang sudah disediakan.
8. Isikan besar daya llistrik yang digunakan satuan pendidikan.
9. Pilih provider internet yang digunakan satuan pendidikan.
10.Isikan provider internet yang digunakan satuan pendidikan jika satuan pendidikan memilih pilihan Lainnya.
11. Isikan besar bandwidth untuk mengunduh (download) data pada jaringan internet yang dimiliki satuan pendidikan.
12. Isikan besar bandwidth untuk mengunggah (upload) data pada jaringan internet yang dimiliki satuan pendidikan.
13. Tombol speedtest.cbn.id dan speedtest.net menuju laman perhitungan kecepatan dan performa koneksi internet (gunakan internet satuan pendidikan).  
14. Isikan jumlah Hub dan Switch yang dimiliki.
15. Isikan jumlah Titik Akses (Access Point) internet.
16. Checklist untuk menyatakan kebenaran isian perangkat TIK.
17. Klik tombol Simpan untuk menyimpan perbaikan data kepemilikan TIK.  (Hasil Verval Kesiapan TIK Sekolah disajikan pada submenu Profil).


Demikian dulu informasi tentang Verval TIK dalam rangka persiapan Asesmen Nasional tahun 2021. Saat admin mencoba login, laman verval ini belum bisa di akses. Caranya sangat mudah kok. Ngerjain juga gak pake lama.

Untuk panduan lengkap silakan unduh di sini

Baca Juga

Post a Comment