Verval Ponsel Peserta Didik

Kabar terdahulu, mungkin para operator dapodik semua sudah mengetahui bahwa akan diberikan kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Dimana bagi operator dapodik khususnya harus menginput data nomor HP dulu di dalam aplikasi dapodik yang tenggat waktunya dibatasi hingga tanggal 11 September 2020. Setelah operator menginput data lalu melakukan sinkronisasi. Hal selanjutnya adalah melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel seperti dalam surat edaran dibawah ini.

Pusat Data dan Teknologi Informasi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan aplikasi terbaru yakni Verval Ponsel peserta Didik. Hal ini seperti tertuang dalam surat nomor 4239/J1/KP/2020 tertanggal 1 September 2020 tentang pemberitahuan verifikasi dan validasi data nomor ponsel.

Menindaklanjuti Surat edaran Dirjen PAUD Dikdasmen Kemdikbud nomor 8202/PD/2020 tentang program pemberian kuota internet bagi peserta didik serta menunjang pelaksanaan pembelajaran daring serta implementasi SKB 4 menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19, Kemdikbud akan memberikan bantuan kuota bagi seluruh peserta didik yang belum mendapatkan bantuan program PKH atau PIP dari pemerintah.


Adapun sumber data ponsel pserta didik yang akan diberikan bantuan kuota berasal dari aplikasi Dapodik TP 2020/2021. Akan tetapi agar bantuan yang dberikan tetap sasaran, maka pusat data dan teknologi informasi (Pusdatin) kemdikbud bersama dina Pendidikan dan Kabupaten Kota propinsi perlu melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel yang digunakan oleh masing-masing Peserta Didik. Adapun verval data nomor ponsel tersebut bisa diakses di laman terbaru yakni di https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan saudara untuk menginformasikan proses verval nomor HP tersebut keseluruh satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan saudara. Diharapkan sekolah dapat menandatangani Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) bermeterai Rp 6.000,- dan operator dinas memastikan kelengkapan SPTJM yang ditandatangani Kepala Sekolah sebagai persetujuan melalui mekanisme sistem di laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/.

Nah bagi operator dapodik, dipersilakan untuk kerjain. hehehe

verval ponsel siswa

Cara Verval Nomor HP Peserta Didik


Operator masuk ke laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ lalu klik login di sudut kanan atas  Silakan masukkan email dan password untuk login di verval PD. gunakan email dan password dapodik. Kalau tidak bisa gunakan email dan password dapodik sebelumnya. Jika masih gagal, operator sekolah dipersilakan mendaftar kembali di website sdm data kemdikbud atau di link https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ atau https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru


Jika sudah berhasil login akan muncul tampilan

cara melakukan verval ponsel di verval pd new
verval ponsel PD
 
Ada 4 menu utama yakni Pengajuan, SPTJM, Panduan dan Pengguna.
 
Pengajuan berfungsi untuk verifikasi dan perbaikan nomor Ponsel peserta didik,
Menu SPTJM untuk membuat SPTJM atau Surat Pertanggung Jawaban Mutlak yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah (baca lagi surat diatas)

Menu Panduan untuk mengunduh/melihat panduan atau tata cara verval Ponsel

Menu Pengguna untuk Keluar Aplikasi.

UPDATE PER 6 OKTOBER 2020


Dalam proses verval ponsel ternyata ada beberapa perubahan untuk periode bulan Oktober 

Operator bisa mengubah nomor HP guru atau siswa yang sudah di SPTJM kan pada periode sebelumnya,
 
Operator diwajibkan mengupload kembali ajuan atau SPTJM setiap bulannya. Bisa menggunakan SPTJM bulan September jika tidak ada perubahan, atau SPTJM baru jika ada perubahan nomor Ponsel dll.

Bagi nomor yang belum diverifikasi maka wajib diverifikasi kepemilikan agar nama/nomor muncul di menu SPTJM serta bisa di SPTJM kan untuk periode Oktober ini

Kesimpulannya jika operator mengubah nomor ponsel, ada perubahan peserta didik dan guru maka SPTJM bisa dibuat dan diupload ulang.

Selengkapnya buka cara Download SPTJM verval ponsel Oktober

SPTJM verval Ponsel Oktober




Untuk menu pengajuan digunakan untuk verifikasi nomor Ponsel peserta didik.


Klik icon pensil yg warna biru di salah satu siswa, jika kursor diarahkan akan muncul kata "perbaiki". Perbaiki disini jika nomor ponsel dianggap salah, kemungkinan operator salah input di aplikasi dapodik. kemudian pilih kepemilikan nomor ponsel apakah milik siswa, orangtua dll. Klik Simpan.
Akan muncul seperti gambar di bawah:


cara melakukan verval ponsel di verval pd new


Penyebab data atau nama siswa tidak muncul di verval Ponsel:


1. Siswa yang berasal dari TK/PAUD ini disebabkan instansi sekolah yang bersangkutan belum melakukan sinkronisasi sehingga datanya berganda. Hal ini bisa di cek di laman verval PD https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/. Jika TK/PAUD yang bersangkutan sudah sinkron maka otomatis muncul di laman verval Ponsel. Jika masih tidak muncul tapi sudah disinkron, kemungkinan datanya belum ditarik dari verval PD ke verval ponsel.

2. Siswa berganda dengan sekolah lain.
Penyebab lain tidak munculnya nama siswa di verval ponsel adalah data siswa berganda dengan sekolah lain. Hal ini juga bisa dicek di menu residu laman vervalpd.

Cara Verval Nomor Ponsel Guru


Seperti diketahui tidak hanya siswa yang mendapatkan kuota kemdikbud ini, namun juga diberikan untuk guru. Kalau melihat data yang ada, nama guru yang belum / tidak memiliki NUPTK tidak muncul, namun ini hanya sementara karena nanti guru yang belum memiliki NUPTK akan muncul.

Proses verval nomor HP guru ini sama saja dengan verval ponsel nomor peserta didik. Namun kendala saat ini adalah susahnya akses login di web verval tersebut serta padatnya traffic kunjungan ke web tersebut sehingga loading menjadi lambat.

Update, Data No HP Pendidik saat ini sudah terverifikasi otomatis oleh sistem asalkan nomer tersebut benar aktif.


UPDATE

Cara Memperbaiki nomor HP siswa dan Guru di residu dan nomor aktif dinyatakan tidak aktif


Guru dan siswa yang belum diverifikasi ataupun nomor HP yang tidak aktif tidak akan bisa di SPTJM kan alias namanya tidak akan muncul di menu belum SPTJM. Karena itu perlu diverifikasi ulang atau diganti nopenya dengan yang aktif agar hilang dari residu dan bisa di SPTJM kan.

Caranya sama seperti diatas, klik link biru perbaiki, tunggu beeberapa menit sampai muncul, Kemudian isikan no HP yang baru jika masih kosong atau salah no HP yang ada disitu. Kepemilikan pilih sesuaikan.
Lalu Klik Simpan. Tunggu Sedang Proses... akan menutup dengan sendirinya. Triknya adalah dengan mereload halaman browser atau tekan F5 di keyboard. 
 
Maka data siswa atau guru akan berubah putih yang awalnya berwarna pink.  Sebagai contoh bisa dilihat di bawah ini, guru yang baru saja di verval ulang no HP a.n Salhah yang berwarna putih. Yang berwarna biru sudah di SPTMJ kan. Jika sudah direload masih berwarna pink dan masih ada di menu residu pendidik berarti proses verifikasi atau perbaikan gagal, ulangi kembali.
verval ponsel
residu verval

verval ponsel
verval no hp di residu  berhasil




Penjelasan SubMenu Verval Ponsel.

Rangkuman adalah jumlah guru dan siswa yang ada di verval ponsel.
Pendidik, disini akan muncul nama-nama guru yang bisa diverval nomor HP nya
Peserta Didik, berisi nama-nama siswa, jangan kuatir jika nama siswa dan jumlah siswa tidak muncul sesuai di dapodik, kita tunggu beberapa hari terakhir update datanya
Residu provider, maksudnya adalah nomor ponsel yang terdapat di verval tersebut tidak aktif lagi atau bisa jadi operator salah menginput di dapodik, silakan perbaiki nomor HP nya jika terdapat data di residu ini.


Membuat SPTJM verval Ponsel

Update:

Link untuk membuat mendownload dan mengunggah SPTJM silakan klik https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/index.php/Csptjm

Atau buka artikel cara membuat dan download SPTJM 




Jika membaca surat yang ada, sekolah diwajibkan membuat SPTJM, namun saat admin mencoba membuat SPTJM, menu tersebut tidak berfungsi. Artinya saat admin mengklik Buat SPTJM muncul tulisan SPTJM gagal dibuat. Dilihat dari sini, Pusdatin kemdikbud belum siap, surat sudah diedarkan, namun aplikasi masih belum berfungsi dengan baik. Saat menyimpan pun gagal.

Oke sampai disini dulu ya. Nanti kita sambung lagi jika aplikasi verval ponsel ini sudah berjalan dengan baik.

Update Berita


Saat ini memang masih terjadi kendala pada system dalam vervalponsel, Jadi harus lebih bersabar lagi bagi para pejuang pendataan.

Kunci sukses pendataan nomor ponsel siswa dimulai dari Dapodik, selanjutnya vervalponsel hanya berfungsi untuk :

1. Memperbaiki nomor ponsel yang salah saat pengisian di aplikasi Dapodik,
2. Mengisi nomor ponsel yang masih kosong,
3. Mengisikan kepemilikan,


Semoga bisa di lakukan kerja tim di sekolah dalam rangka mempercepat proses pendataan nomor ponsel tersebut.

Update terbaru  Hasil Sosialisasi Verval Ponsel


Sosialisasi Verval Ponsel
Pemberian Kuota kepada peserta didik harus memenuhi 5 K:
1.    Kepastian sebagai Peserta Didik/ Guru aktif, terdaftar di dapodik sekolah induk
2.    Kepastian Data unik dan tunggal (1 NISN, 1 orang dan 1 satuan pendidikan)
3.    Kepastian nomor ponsel (kepemilikan)
4.    Kepastian aktif/tidak aktif nomor ponsel yang didaftarkan
5.    Kepastian Persetujuan Kepala Sekolah (SPJTM ditandatangani KS dan bermaterai 6000)
Provider yang digandeng : Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3.

Paket kuota yang akan didapatkan adalah langsung kuota data dan bukan pulsa agar tidak diperjualbelikan atau dipaki untuk keperluan selain pembelajaran. RinciannyaSiswa 35 GB, Guru 42 GB dan Mahasiswa/Dosen 50 GB.

Alur Data pemberian kuota:
1.    Perbaikan data ponsel yang bisa dilakukan melalui Dapodik (sebelum tanggal 11 September) dan melalui verval ponsel (setelah tanggal 11 September)
2.    Validasi Nomor ponsel, bertujuan mendeteksi nomor pondsel apakah sesuai dengan kelima provider atau tidak. Apabila tidak maka harus dilakukan perbaikan.
3.    Nomor ponsel yang sudah melalui verval akan dikirim ke provider untuk dilakukan pengecekan, apakah nomor aktif, tidak aktif atau pasca bayar.
4.    Nomor ponsel yang tidak aktif akan dikembalikan ke PUSDATIN
5.    Diperoleh data yang valid adalah data yang aktif atau pasca bayar
6.    Cetak SPJTM
7.    SPJTM dan data nomor siswa valid dikirim kembali ke provider untuk dilakukan injeksi kuota(berhasil atau tidak)

Satu kali peroide pengiriman kuota (satu bulan), bisa melakukan beberapa kali cetak SPJTM.
Pastikan jumlah siswa dan jumlah guru sesuai, baru ditandatangani Kepala Sekolah dan bermaterai.
SPJTM yang sudah ditandatangani selanjutnya diupload ke web. Upload SPJTM dilakukan sebanyak jumlah SPJTM yang dicetak, dengan memperhatikan nomor SPJTM dan terakhir mengecek tanggal upload SPJM apakah berhasil atau tidak.

Untuk Guru syaratnya harus aktif di sekolah induk pada semester ini dan jenis PTK adalah Guru atau Kepala Sekolah. NUPTK bukan syarat utama.

Tanya Jawab

1.    Papua
Q: Daerah SM3T tidak terjangkau jaringan 2G
A: tetap diinputkan no HP, nanti akan difilter dari pihak PUSDATIN dan provider, agar tidak merugikan siswa dan negara karena kuota tidak bisa dipakai

2.    Cahyono, Pabuaran Salem Brebes
Link Gangguan sehingga tidak bisa mencetak SPJTM (teknis)
A: akan dioptimalkan, aplikasi dan servernya
Q: Operator apakah bisa mendapatkan bantuan kuota
A: prioritas pertama adalah Pendidik dan Peserta Didik SD, SMP, SMA/SMK


3.    Pak Fauji SMPN 2 Surabaya
Q: Ada siswa yang tidak masuk verval ponsel karena terkendala NISN (SD salah mengentri data)
A: koordinasi merger siswa secara sistem atau koordinasi dengan rekan kabupaten kota/ provinsi. Mekanisme tarik data untuk menambah PD baru guna meminimalisir kesalahan.
Klaim NISN indeks kemiripan.
pastikan identitas siswa di residu betul.

4.    Maluku tengah
Q: Waktu berkunjung ke link dipetakan berdasarkan wilayah.
A: satu hari bisa mencapai 100ribu pengunjung yang mengakses. Diusahakan membuat jadwal.

5.    SMKN 2 Teluk Kuantan
Q: Jumlah siswa tidak sesuai dengan vervalponsel, berapa lama setelah dapodik sinkron untuk masuk ke verval hp
A: kemungkinan penambahan record siswa yang terdata di sekolah (pengecekan NISN ganda). Cek di vervalpd masalah di bagian mana. Yang masuk ke vervalponsel data yang unik dan tunggal


Setelah saya pelajari panduan Verifikasi dan Validasi No HP dapat saya simpulkan sebagai berikut :
1. Operator melakukan penginputan no ponsel melalui aplikasi Dapodik lalu melakukan sinkronisasi sebelum tanggal 11 Sep 2020 (malam ini lebih baik)
2. Provider dan PUSDATIN melakukan tarik data dari server dapodikdasmen pada tanggal 11 September 2020 untuk mengecek kevalidan/keaktifan no HP
3. Sekolah melakukan Perbaikan data ponsel jika terdapat di residu setelah tanggal 11 september 2020.
4. sekolah mencetak SPTJM dan memberi materai dan Ttd Kepsek lalu scan.
5. Pusdatin mengecek SPTJM dan mengirimkan pulsa.


Rangkuman dari hasil Vicon dengan Pusdatin tentang VERVALPONSEL  :

1. Verval ponsel adalah program yang diberikan kemendikbud untuk membantu guru dan peserta didik mendapat bantuan kuota untuk proses pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid 19

2. Aplikasi verval ponsel hanya bisa diakses oleh sekolah , pusdatin dan provider . Dinas pendidikan tidak melakukan aproving atau persetujuan. Jadi seluruh pengisian menjadi tanggung jawab pihak sekolah , Dinas pendidikan hanya bisa melihat progres pengisian data sekolah, tanpa melakukan intervensi apapun.

3. Pengisian data ponsel di dapodik bisa dilakukan sampai dengan tanggal 11 September 2020 , jika melebihi tanggal tersebut maka hanya bisa diperbaiki di verval ponsel sampai tanggal 15 September 2020. Untuk tahapan 1 atau 2, Sampai saat ini masih mengacu bahwa data harus sudah masuk pada Tahap 1 tgl 15 September 2020, dan belum ada konfirmasi tentang perpanjangan masa waktu penginputan.

4. Bantuan kuota internet diberikan kepada jenjang  SD,SMP, SMA,SMK, dan PKBM yang menyelenggarakan Paket A,B,C setara SD/SMP/SMA/SMK

5. Ada 6 provider yang sudah bekerjasama dengan Kemendikbud, yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Smart Fren, Axis dan Tri . Untuk provider yang membagi-bagikan kartu perdana, Kemendikbud ataupun Dinas Pendidikan menyerahkan semuanya ke sekolah dan orang tua, apakah digunakan atau tidak, tidak ada keharusan atau paksaan menggunakan salah satu provider.

6. Residu Provider adalah residu nomor ponsel yang sudah diverifikasi oleh provider tetapi data nomor tersebut tidak ditemukan atau tidak aktif menurut provider. Solusi nya adalah mengganti nomor ponsel tersebut. Termasuk juga nomor ponsel yang kosong harus diisi ulang di verval ponsel karena diindikasikan nomor tersebut tidak valid.

7. Selisih jumlah siswa antara di dapodik adalah yang masuk NISN invalid ataupun NISN  kosong, untuk perbaikannya dicek  di vervalPD.

8. Siswa yang mendapat bantuan adalah siswa dengan NISN VALID. Untuk siswa dengan NISN GANDA atau belum mempunyai NISN, maka tidak mendapat bantuan. Guru yang mendapat bantuan adalah guru yang sudah mengajar di sekolah induk, masuk rombel dan aktif di pembelajaran. Jika belum sesuai, pastikan sudah diinduk dan mengisi pembelajaran.

9. Permasalahan NISN Ganda solusinya :
• Lihat profil peserta didiknya lewat verval PD
• Pilih tab quality control
• Cek status NISN, didalam status sudah terlihat siswa tersebut ganda dengan siapa
• Jika ganda dengan orang yang sama maka wajib dikeluarkan untuk record siswa yang memang siswa tersebut sudah tidak berada disana
• Jika ganda dengan madrasah silahkan koordinasi ke operator kanwil kemenag di masing-masing daerah
• Jika ganda antar daerah bisa berkoordinasi dengan Operator Dinas daerah terkait
• Jika ganda berbeda orang, pastikan mana siswa yang memang memiliki NISN tersebut, untuk siswa yang satunya bisa dicek apakah siswa tersebut sebelumnya memiliki NISN atau belum, jika belum maka akan diterbitkan NISN baru
• Jika ganda dengan siswa tidak aktif, maka akan dilakukan merger
• Untuk siswa yang belum memiliki NISN, maka pastikan pengisian data siswa sudah benar, yaitu nama, tempat ,tanggal lahir, dan nama ibu kandung sudah sesuai dengan dokumen data di Dukcapil.
• Data perbaikan NISN yang sudah benar di verval pd akan mengalir ke verval ponsel dalam waktu 1X24 jam.
10. Mengenai SPTJM, jika data tersebut belum diajukan SPTJM maka data tersebut  masih bisa  diperbaiki. Untuk data yang valid bisa diajukan SPTJM. SPTJM di tandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi materai 6000. Data ponsel yang sudah disampaikan di SPTJM sudah dikunci dan sudah tidak bisa diperbaiki. Jika ada kesalahan maka sepenuhnya adalah tanggungan sekolah. SPTJM bisa dilakukan bergelombang. Data  yang sudah valid sudah bisa diusulkan SPTJM tanpa harus menunggu data guru dan siswa seluruhnya valid.
11. Masih terus dilakukan pengoptimalisasi server vervalponsel, jadi mohon kesabaran bapak/ibu operator jika masih banyak kendala di server.

12 Komentar

  1. Linknya tidak bisa diakses...

    BalasHapus
  2. Maaf Min, adakah solusi kalau salah upload file SPTJM.

    BalasHapus
  3. Hari ini paling lambat tapi servernya kacau hadechhhhh harus gimana nich

    BalasHapus
  4. Maaf admin, mau bertanya..
    Kalau jenjang paud apakah juga dapat? Karena dari surat edarannya termasuk dirjen paud

    BalasHapus
  5. nama siswa tidak ada diverval ponsel ......situs sdmnya tidak bisa dibuka

    BalasHapus
  6. Bagaimana jika nama siswa/nomor ponsel sudah keluar SPTJMnya, tetapi kolom kepemilikan masih kosong..

    BalasHapus
  7. Jika sptjm sdah masuk sudah downlodow tpi khabisan btas waktu dlan upload nya bgaimana...

    BalasHapus
  8. Saya sudah upload SPTJM dua hari lalu tp belum ada ket disetujui atau ditolak
    Itu nunggu saja atau gimana??

    BalasHapus

Posting Komentar