Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Pemutakhiran Data Sarana dan Prasarana Dapodik untuk DAK Fisik Bidang Pendidikan


Hari ini admin baru saja menerima sebuah surat edaran dari Kemdikbud Ristek yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, perihal Pemutakhiran Data Sarana dan Prasarana Dapodik untuk DAK Fisik Bidang Pendidikan. Adapun isi suratnya sebagai berikut.

Nomor      : 7245/A.A1/PR.07.05/2023                                                                           1 Maret 2023
Hal           : Pemutakhiran Data Sarana dan Prasarana Dapodik
untuk DAK Fisik Bidang Pendidikan


Yth.
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia


Sehubungan  dengan  upaya  peningkatan  kualitas  perencanaan  dan  pelaksanaan  DAK  Fisik  Bidang Pendidikan,  dengan  merujuk  pada  Peraturan  Menteri  Pendidikan,  Kebudayaan,  Riset  dan  Teknologi Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022, ketercapaian standar nasional pendidikan khususnya sarana dan prasarana pada DAK  Fisik  Bidang  Pendidikan,  diukur  dengan  capaian  jangka  pendek  (immediate  outcome). Penghitungan capaian jangka pendek (immediate outcome) DAK Fisik Bidang Pendidikan TA 2022, Kementerian   Pendidikan,   Kebudayaan,   Riset   dan   Teknologi   (Kemendikbudristek)   menggunakan Dapodik sebagai acuan dan instrumen validasi/verifikasi data sarana prasarana di satuan pendidikan. Untuk itu, Kemendikbudristek meminta seluruh Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya, dan kepada satuan  pendidikan  dapat  melakukan  pemutakhiran  data  dalam  Dapodik.  Selain  untuk  memastikan pengukuran ketercapaian, a kurasi dan kualitas data sarana prasarana satuan pendidikan di Dapodik, akan menentukan kualitas perencanaan DAK Fisik Bidang Pendidikan selanjutnya. Dalam pelaksanaan pemutakhiran data pada Dapodik, Pemerintah Daerah dan satuan pendidikan agar dapat memperhatikan beberapa ketentuan, yaitu sebagai berikut:


A.  Pemutakhiran data sarana dan prasarana pada Dapodik:
1.  Dinas Pendidikan memastikan Satuan Pendidikan melakukan pemutakhiran Dapodik.

2.  Data-data yang dimutakhirkan meliputi:
    a.  data prasarana pendidikan;
    b.  data sarana pendidikan (termasuk buku, TIK, APE, dsb); dan
    c.  ketersedian lahan (total luasan lahan, luas lahan tersedia untuk pembangunan).

3.  Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya melakukan pembinaan, pemantauan, dan verifikasi data satuan pendidikan sesuai dengan kondisi riil, termasuk data ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana.

4.  Buku   panduan   pemutakhiran   Dapodik   dapat   diunduh   (download)   pada   laman https://eplanning.kemdikbud.go.id/ringkas/panduansarpras2023.

B.  Penilaian kerusakan bangunan:
1.  Dinas  Pendidikan  melakukan  evaluasi  kondisi  penilaian  tingkat  kerusakan  bangunan  di satuan pendidikan.

2.  Untuk penilaian tingkat kerusakan bangunan di Satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan perlu bekerja   sama   dengan   dinas   yang   menangani   keciptakaryaan,   dengan   menggunakan instrumen penilaian sesuai format yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR. Format dapat diunduh pada laman  https://eplanning.kemdikbud.go.id/ringkas/formpuprdak.

3.  Hasil penilaian tingkat kerusakan bangunan sesuai format pada angka 2 disahkan oleh Dinas
Pendidikan dan dinas yang menangani keciptakaryaan.

4.  Satuan   pendidikan   melakukan   pemutakhiran   data   tingkat   kerusakan   bangunan,   dan mengunggah (upload) dokumen elektronik hasil penilaian pada angka 3  melalui laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/.

5.  Dinas Pendidikan melakukan verifikasi kesesuaian hasil inputan satuan pendidikan dengan dokumen elektronik hasil penilaian melalui https://datadik.kemdikbud.go.id/.

C.  Ketentuan lainnya:

1.  Sesuai Peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis DAK Fisik TA
2022, capaian jangka pendek (immediate outcome) merupakan pertimbangan penilaian DAK Fisik tahun anggaran 2024.

2. Mengingat pentingnya pemutakhiran data sarana prasarana di Dapodik sebagai basis perhitungan (immediate outcome) pada poin 1, dan perencanaan DAK Fisik TA 2024, maka seluruh Pemerintah Daerah wajib memastikan proses pemutakhiran dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Maret 2023 pukul 23.59 WIB.


Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami sampaikan terima kasih.

                                                            Sekretaris Jenderal,



                                                                    Suharti
                                                        NIP 196911211992032002


Tembusan:                                                                                            
1. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
2. Direktur Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Kemendikbudristek
3. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek

Melihat dari keseluruhan isi surat diatas, nampaknya operator Dapodik akan bekerja ekstra untuk memutakhirkan datanya. Nah saya ucapkan selemat bekerja jika ingin mendapatkan bantuan DAK Fisik Pendidikan untuk sekolahnya. Dokumen lengkap silakan unduh di bawah ini.



Related Posts