Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Berapa Besaran Dana BOS Persiswa Persekolah?

        Dana BOS adalah dana Bantuan Operasional Sekolah yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu membiayai operasional sekolah. Dana BOS diberikan kepada semua sekolah negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan tertentu, termasuk jumlah siswa yang terdaftar, kualitas penggunaan dana sebelumnya, dan lain-lain. Dana BOS dapat digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan sekolah, termasuk pembelian buku dan alat tulis, biaya listrik dan air, gaji guru dan staf, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang kurang berkembang.


Berapa Besaran Dana BOS Persiswa Persekolah?

Berapa besaran anggaran Dana BOS untuk tiap siswa? Ini mungkin menjadi pertanyaan bagi guru, staf sekolah maupun masyarakat umum. Perlu diketahui besaran Dana BOS tiap sekolah dan tiap daerah berbeda. Kalau di sekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa, sedangkan untuk penentuan besaran dana BOS di masing-masing daerah ada teknis perhtitungannya nya yakni menggunakan:

a.    indeks kemahalan konstruksi masing-masing daerah dan indeks peserta didik untuk satuan biaya dana bantuan operasional sekolah reguler; dan
b.    indeks  kemahalan  konstruksi  masing-masing  daerah untuk satuan biaya dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini reguler dan dana  bantuan  operasional  penyelenggaraan pendidikan kesetaraan reguler.
Untuk sekolah SD, SMP, SMA perhitungannya berdasarkan poin a. Sedangkan untuk sekolah PAUD dan pendidikan kesetaraan menggunakan poin b.

Apa itu Indeks Kemahalan Konstruksi? Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) adalah indeks harga yang menggambarkan tingkat kemahalan konstruksi suatu kabupaten/kota dibandingkan dengan kota acuan. Kota acuan sebelumnya yaitu Kota Semarang pada tahun 2018-2020. Kota acuan dipilih dengan mempertimbangkan nilai indeks suatu kota yang mendekati indeks rata-rata nasional, dan kelengkapan data. Data diperoleh dari hasil Survei Harga Kemahalan Konstruksi (SHKK). Survei ini mengumpulkan data harga bahan/material, sewa alat berat, dan upah jasa konstruksi. Penghitungan IKK tahun 2022 berasal dari data triwulan III dan IV tahun 2021 serta triwulan I dan II tahun 2022. Indeks Kemahalan konstruksi ditetapkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)

Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar di bawah:



Pada gambar diatas besaran dana BOS tiap kabupaten/kota di DKI Jakarta saja berbeda, yang dihitung berdasarkan indeks kemahalan konstruksi diatas.

Jadi Misal Sekolah Dasar Negeri ABCD berada di Jakarta Selatan Memiliki siswa sejumlah 1000 siswa, maka jumlah dana BOS yang diterima sekolah adalah dikali saja 1000 siswa  dikali Rp 1.070.000,- = 1.070.000.000,- atau 1 Milyar 70 juta rupiah. Itu untuk satu tahun.

Bagaimana pencairannya? Pencairannya biasanya per triwulan atau setahun 4 kali, jadi 1,07 milyar tadi dibagi 4 kali pencairan. Untuk apa Dana BOS tersebut, ya tergantung masing-masing sekolah digunakan untuk apa tentunya harus berdasarkan Juknis BOSP yang telah ditetapkan Kemdikbud.

Nah Demikian sekilas info mengenai besaran dana BOS yang diterima sekolah. Jadi kesimpulannya adalah tiap sekolah dan tiap daerah kabupaten/kota berbeda tergantung indek kemahalan bangunan dan jumlah siswa yang ada disekolah tersebut.

Untuk dokumen lengkap bisa diunduh dalam salinan Nomor 3_P_2023 Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3_P_2023 tentang Satuan Biaya, Penerima Dana, dan Besaran Alokasi Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Reguler, Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler, dan Dana   Bantuan   Operasional   Penyelenggaraan   Pendidikan  Kesetaraan Reguler Tahun Anggaran 2023 yang bisa Anda unduh di bawah ini.


Related Posts