PDMASN yang diprogramkan oleh Badan Kepegawaian Negara lewat MYSAPK BKN hingga saat ini telah memasuki tahap pertama penjadwalan. Bagi PNS yang instansinya termasuk mengisi di tahap pertama boleh jadi sebagian sudah selesai, dan sebagian lagi belum dengan berbagai alasan.



Pada tanggal 15 Agustus ini akan memasuki tahap kedua dan tahap ketiganya akan dimulai bulan September. Nah bagi Anda yang sudah berhasil aktivasi akun MYSAPK, dan termasuk tahap 2 dan 3,  hanya bisa melakukan perubahan profil di MYSAPK, daam artian tidak bisa menambah data, karena memang belum dibuka.

Namun pihak BKN telah membuka website khusus bagi Anda yang ingin tahu dan mencoba mengakses  dan menambah data di MYSAPK BKN. Atau dengan kata lain semacam simulasi. Jadi nanti ketika jadwal MYSAPK tahap 2 dan tahap 3 Anda sudah tidak lagi bingung, apa saja dokumen yang diunggah, bagaimana caranya, dll.

Adapun alamat yang bisa Anda akses untuk mencoba simulasi MYSAPK ini adalah di https://dev-mysapk.bkn.go.id/ . Namun ada syaratnya sebelum bisa mengakses, yakni WAJIB mengaktivasi akun MYSAPK terlebih dahulu, baru bisa masuk ke simulasi MYSAPK tersebut.

Apa bedanya simulasi MYSAPK dengan MYSAPK asli?

Istilah simulasi ini atas inisiatif saya sendiri, karena memang diperuntukkkan bagi kita yang mau coba-coba.

Pertama, tentu saja alamat websitenya, kalau simulasi di laman https://dev-mysapk.bkn.go.id/ sedangkan MYSAPK yang asli di  https://mysapk.bkn.go.id/

Yang kedua, Jika kita mengisi di web simulasi, tidak masalah kalau salah isi ataupun salah unggah, namun jika di aplikasi MYSAPK yang asli, isian harus benar dan dokumen jangan sampai salah, karena nanti ada verifikasi ulang dari admin instansi Anda. Jadi kalau simulasi gak ada pengaruh apapun terhadap data kita nantinya di BKN.

Tampilan web simulasi dengan MYSAPK asli sama persis. Jadi ketika nanti sudah dimulai jadwal tahap 2 dan 3, termasuk Anda yang belum mengerjakan di jadwal tahap 1 ini, tidak bingung lagi.

Nah silakan akses laman simulasi MYSAPK sebelum mengakses MYSAPK yang betulan. Tapi jangan lupa Aktivasi Akun MYSAPK terlebih dahulu.


Baca Juga

Post a Comment