Kembali lagi admin update informasi seputar MYSAPK bagi rekan-rekan ASN di seluruh Indonesia. Beberapa artikel sudah kami tulis dan bisa Anda baca diblog ini. Ada beberapa hal yang kurang familiar di kalangan PNS muncul saat kita melakukan pengisian MYSAPK, semisal kelas jabatan PNS, nomor dan tanggal pertek BKN dan hal lainnya.

Ada pula isian dalam profil PNS yakni Nomor Taspen. Apa itu taspen seharusnya sih para PNS pasti tahu, hehehe. Yakni dana tabungan dan asuransi bagi pegawai negeri sipil dan ASN. Setiap bulan sepersekian persen gaji PNS "dipotong" untuk dana Tabungan tersebut. Taspen dikelola oleh PT Taspen, yakni Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan pejabat negara. Hal terkait keTaspenan juga sudah kami bahas di dalam blog ini.

Bagi CPNS yang baru diangkat, wajib mengurus dan membuat kartu anggota Taspen ini. Bisa lewat badan kepegawaian daerah masing-masing dan bisa juga mengurusnya sendiri ke kantor PT Taspen di masing-masing wilayah propinsi.

Nah terkait dengan pengisian profil di MYSAPK, kita diminta mengisikan nomor taspen dan tanggal taspen ini.

Nomor taspen atau nomor anggota taspen ini hanya ada satu, walaupun ada 2 macam kartu taspen yakni model lama dan kartu taspen model baru. Kartu taspen model lama berbentuk lembaran kertas lebar seperti piagam, sedangkan kartu taspen yang baru berwarna dominan biru muda.

Selengkapnya bisa dilihat pada gambar di bawah

Kartu Taspen Model Lama


Yang saya maksud disini adalah PNS lama yang memiliki kartu taspen seperti model ini.
Nomor Taspen nya adalah No. NIP lama di bagian kanan atas. Sedangkan tanggal taspen adalah tanggal saat terdaftar resmi di PT Taspen. Tanggal Taspen biasanya menyesuiakan dengan TMT kita diangkat CPNS. Catatan tambahan, untuk PNS lama pun saat ini sudah dibuatkan pula kartu taspen model baru.


nomor dan tanggal taspen


Kartu Taspen Warna Biru


Untuk pemegang kartu taspen warna biru ini, biasanya PNS baru, 2014 ke atas. Silakan cek di belakang kartu taspen Anda, ada tulisan Nomer Taspen. Sedangkan tanggal taspen Tanggal Taspen biasanya menyesuaikan dengan TMT kita diangkat CPNS.

nomor tAspen dan tanggal taspen


Bagi Anda PNS baru kalau masih ragu silakan bisa registrasi  lewat aplikasi Taspen Mobile, untuk mengetahui dengan jelas tanggal Taspen PNS Anda.

Demikian tadi sekilas mengenai nomor peserta taspen dan tanggal taspen. Semoga bisa mencerahkan rekan-rekan ASN yang sedang mengerjakan MYSAPK.

Bagi Anda yang ingin bertanya tersedia grup tanya jawab seputar MYSAPK BKN di link

 



Baca Juga

3 Komentar

  1. Terima kasih,sangat bermanfaat utk membantu pengisian MySAPK BKN

    BalasHapus
  2. Ngak salah tu bang nomor taspen yang lama? bukannya posisi nomor taspen adan di bawah sebelah kanan taspen lama? disitu juga tertera NOTAS : ...... . :D)

    BalasHapus

Posting Komentar