Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari surat Kepala Balitbang dan Perbukuan Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemedikbud, bahwa pada bulan Agustus ini akan diadakan kembali simulasi terkait asesmen nasional, atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Nomor         : 1154/H3/PI.00/2021      12 Agustus 2021
Lampiran : Satu berkas
Hal : Pelaksanaan Simulasi ANBK Tahun 2021

Yth.  
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi (daftar provinsi terlampir)

Dengan hormat, dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan memastikan kesiapan infrastktur pusat dan satuan pendidikan dalam melaksanakan ANBK Tahun 2020/2021, Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi akan menyelenggarakan simulasi ANBK bagi satuan pendidikan yang akan melaksanakan ANBK tahun 2020/2021. Adapun teknis pelaksanaan simulasi ANBK 2021 adalah sebagai berikut:


1. Pelaksanaan simulasi ANBK akan diselenggarakan pada tanggal:
a. Periode I   : tanggal 23 s.d 26 Agustus 2021
b. Periode II  : tanggal 30 Agustus s.d 2 September 2021
2. Simulasi ANBK diikuti oleh satuan Pendidikan Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan sederajat
3. Simulasi hanya untuk Satuan Pendidikan yang berstatus mandiri dan mandiri yang ditumpangi dengan moda daring atau semi daring. Batas akhir data penetapan status dan moda pelaksanaan pertanggal 15 Agustus 2021 pukul 20:00 WIB
4. Satuan Pendidikan memilih 1 (satu) hari dari jadwal tersebut dengan mengisi pada menu Data Sekolah kolom Simulasi di laman ANBK. Pemilihan jadwal simulasi akan ditutup tanggal 21 Agustus 2021 pukul 13:00 WIB
5. Simulasi wajib dilaksanakan di satuan pendidikan diikuti oleh proktor dan teknisi. Siswa bisa mengikuti simulasi (tidak wajib)

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk menginformasikan pelaksanaan simulasi ANBK dimaksud kepada seluruh dinas pendidikan kabupaten/kota dan satuan pendidikan di lingkungan kerja masing-masing.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.


simulasi ANBK untuk proktor sekolah 2021

Cara Akses Laman ANBK

Sekolah atau proktor pun telah diberikan akses untuk login di laman ANBK Kemdikbud yang beralamat di https://anbk.kemdikbud.go.id/

Bagi operator sekolah/proktor yang sekolahnya sudah terdaftar sebagai calon peserta asesmen bisa login di laman https://anbk.kemdikbud.go.id/. Adapun username dan password menggunakan format

Format username :
vxxbbssss

Format PASWORD :
ANBKxxbbssssv*

v = KODE JENJANG dengan. ketentuan sebagai berikut :


Kode Jenjang

D = SD/MI
P = SMP/Mts
U = SMA/MA
K = SMK
X = Kesetaraan
Q = Sekolah Khusus (SLB)

 
xx   = kode propinsi
bb   = kode rayon
ssss = kode sekolah

contoh username untuk SD

D15050072
ANBK15050072D*

Cara login di simulasi ANBK Kemdikbud


2. Masuk menggunakan username dan password sesuai sistem (bisa dilihat pada contoh) dan input juga kode captcha





3. Jika berhasil silakan ubah password

    Klik Pengaturan Akun, di kiri bawah, ataupun di pojok kanan atas.

login Simulasi ANBK (Asesmen Nasional 2021)

4. Kemudian isi password yang baru 2 kali, jangan lupa mengisi email sekolah dan nomor HP operator/proktor. Klik Simpan



anbk 2021 simulasi

Dalam simulasi ANBK bulan Agustus 2021 ini yang terlibat adalah operator sekolah/proktor yang ditunjuk oleh sekolah. Kemungkinan juga beberapa siswa untuk mengikuti simulasi.

Dimenu data sekolah, submenu Identitas, jika status masih menumpang, berarti tidak melaksanakan asesmen di sekolah sendiri, hal ini disebabkan karena sarana infrastruktur yang tidak memadai seperti kurangnya komputer, jaringan internet, listrik dll. Untuk ANBK nya menunggu kebijakan dinas pendidikan masing-masing.

Untuk mengisi Tim Teknis, isikan nomor HP kepsek sebagai penanggung jawab.
Proktor isi nama Operator Dapodik/Sekolah
Nama Teknisi boleh juga sama dengan Proktor.

Untuk data infrastruktur tidak bisa diubah karena itu diambil dari hasil verval TIK yang lalu. Kecuali untuk membatalkan hasil verval TIK bisa menghubungi admin dapodik kabupaten/kota agar data hasil verval diubah.

Cara Cek Peserta ANBK


Selain pengaturan di web ANBK, operator sekolah juga bisa mengecek calon peserta ANBK di laman https://biosd.kemdikbud.go.id/akm2021/ untuk tingkat SD dan http://biosmp.kemdikbud.go.id/ untuk tingkat SMP. Untuk user dan password silakan menghubungi admin dinas kabupaten/kota masing-masing. Setelah saya login, hingga saat ini Tidak ada hal urgen dalam laman BIO SD dan SMP.


Demikian sekilas informasi mengenai simulasi Asesmen Nasional (ANBK) yang akan dilaksanakan pada 23-26 Agustus 2021 dan 30 Agustus s.d 2 September 2021. Silakan dicoba login bagi operator/proktor.

Baca Juga

Post a Comment