Asesmen Nasional akan diselenggarakan tahun depan yang dilaksanakan akibat pandemi covid19 dan "dibekukannya" ujian nasional tahun 2021 oleh Mendikbud. Bagi operator yang pernah mengikuti SSB tahap 1 dan tahap 2 banyak sedikit paham mengenai asesmen nasional dan siapa saja peserta asesmen nasional tahun 2021.

Pelaksanaan Asesmen dimulai sejak Maret 2021 hingga Agustus 2021. Untuk siswa SD peserta asesmen nasional tahun 2021 adalah siswa kelas 5 dan rencananya Asesmen dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Jadi mereka yang sudah kelas 5 tahun depan (Agustus 2021), maka saat ini mereka masih duduk di kelas 4 SD.

Siswa peserta Asesmen Nasional


Peserta Asesmen Nasional adalah seluruh satuan pendidikan terdiri atas: kepala sekolah, seluruh guru, dan murid yang dipilih dengan stratifikasi sosial ekonomi oleh Kemdikbud. Jenjang SD/MI, kelas V
maksimal 30 murid, jenjang SMP/MTS, SMA/MA, SMK kelas VIII dan XI maksimal 45 murid setiap satuan pendidikan.

Jadi misalnya siswa kelas 5 tahun depan ada 50 orang, namun yang ikut melaksanakan asesmen hanya 30 siswa saja. Informasi yang admin terima teknis penunjukkan  siswa yang ikut asesmen adalah secara acak oleh Kemdikbud.

Untuk mengetahui siswa peserta Asesmen atau AKM bisa dilihat pada laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/

Operator login menggunakan akun SDM, yakni akun pribadi yang biasa dipakai untuk login di verval PD, verval PTK dan verval ponsel.


Nanti setelah berhasil login, klik menu PD AKM maka akan muncul nama-nama siswa yang sekarang duduk di kelas 4 SD. Untuk siswa lanjutan pertama dan lanjtan atas tentunya Anda paham sendiri ya...

calon peserta AKM 2021


Selain pengaturan di web pd data kemdikbud, operator sekolah juga bisa mengecek calon peserta ANBK di laman https://biosd.kemdikbud.go.id/akm2021/ untuk tingkat SD dan http://biosmp.kemdikbud.go.id/ untuk tingkat SMP. Untuk user dan password silakan menghubungi admin dinas kabupaten/kota masing-masing. Setelah saya login, hingga saat ini Tidak ada hal urgen dalam laman BIO SD dan SMP.

Nah demikian tadi cara mengecek siswa calon peserta AKM tahun 2021. Untuk teknisnya ada baiknya operator sekolah membaca Juknis Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional 2021.

Sebagai persiapan tentu baiknya berkoordinasi dengan kepala sekolah dan guru wali kelas 5 untuk tahun depan. Salah satu caranya adalah melatih siswa terbiasa dengan komputer dan memegang mouse. Karena asesmen nanti menggunakan komputer dan online.


Baca Juga

Post a Comment