Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan dalam web ANBK , akhir bulan September ini sudah mulai dibuka simulasi untuk ANBK tingkat SD tahun 2022. Jadi operator harus memahami prosedur dan tata cara mengikuti simulai tersebut.

Persiapan Simulasi oleh Operator.

1. Laptop Server.

Tentu saja laptop operator atau proktor yang sesuai spesifikasi. Jika Online tentu lebih mudah. Namun jika semi online ada peralatan tambahan yang dibutuhkan. Karena itu jika memungkinkan untuk moda online sebaiknya memakai moda online. Karena pengalaman tahun lalu banyak kendala yang dihadapi saat moda semi online. Jika memilih semi online, pastikan anda memahami dengan jelas tata caranya.
Jika memakai moda online maka pastikan sudah mendownload proktor browser di laman ANBK di menu prerequisite



2. Laptop/Komputer Untuk Siswa

Pastikan sudah sesuai spesifikasi. Jika memakai Chromebook bantuan dari DAK Pendidikan maka sudah terinstal/tertanam exam browser. Jika memakai komputer/laptop mandiri milik sekolah maka proktor harus mendownload aplikasi di laman ANBK https://anbk.kemdikbud.go.id/ Silakan unduh aplikasi exambrowser.

3. Jaringan internet yang Stabil.

Operator atau proktor juga wajib memastikan memiliki koneksi internet yang bagus dan stabil. Jika memilih mode online maka siapkan minimal 2 jalur koneksi, misalnya kita memakai wi fi indihome, maka siapkan pula koneksi internet dari provider lain seperti telkomsel, indosat dll dan pastikan koneksi bagus. Ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika ada kendala internet nantinya. Apalagi jika memakai komputer yang banyak untuk client/siswa.


Memulai simulasi ANBK untuk Proktor/Operator


Pengumuman perihal ANBK pastikan proktor selalu rajin membuka web ANBK di laman https://anbk.kemdikbud.go.id/user/home. Seperti yang tertera di web ANBK, simulasi untuk moda semi online dan online sudah diumumkan per hari ini 28 September. 2022. Untuk semi online sudah diberikan password untuk login ke Proktor Browser.
Sedangkan yang full online dimulai jam 10.40 waktu setempat.

Setelah proktor mendownload Proktor Browser. Buka Aplikasi yang terdapat dalam folder yang telah di download. Klik 2 kali pada aplikasi browser proktor tersebut.


Jika sudah centang hijau semua, berarti laptop proktor memenuhi syarat dan bisa menjalankan browser proktor tersebut. Lalu klik Run



browser proktor
Cara untuk mengetahui username password Browser Proktor bisa membuka link https://anbk.kemdikbud.go.id/user/simulasi/server.  Atau Menu Simulasi > Komputer Proktor >


username password proktor browser



Memulai simulasi ANBK untuk Client/ Siswa

Pastikan laptop/komputer client siswa sudah terinstal aplikasi exam browser. Jika belum, maka bisa unduh di laman ANBK. Jika sudah diunduh, klik kanan pilih extract files.... Kemudian klik 2 kali pada app exambrowser

exam browser siswa client
exam browser siswa client

Jika sudah centang hijau semua, berarti komputer client bisa digunakan untuk menjalankan exam browser, Klik Run.

Cara ini jika sekolah menggunakan laptop mandiri. Jika memiliki chromebook, bisa membuka aplikasi exam browser.

Untuk username dan password login silakan unduh di laman ANBK https://anbk.kemdikbud.go.id/user/simulasi/kartu
menu Kartu Login. Disitu kita mencetak beberapa kartu untuk login di exam browser.



Untuk teknis pelaksanaan Simulasi AN moda DARING adalah sebagai berikut:
1. Jalankan & login ke Proktor Browser.
2. Masuk ke menu status tes.
3. Pilih Daftar Tes: .............
4. Pilih kelompok 1 (Kelompok Tes 1 untuk semua sesi ujian).
5. Tekan Rilis Token;
6. Masuk ke Menu Kelompok Tes, pilih Assign All; untuk mengaktifkan peserta login tes.

Catatan :
a. Siswa akan mengerjakan 3 subtes:
- Subtes 1 adalah Latihan,
- Subtes 2 adalah Literasi,
- Subtes 3 adalah Survei Karakter;
b. Antar subtes terdapat jeda waktu 1 menit ditandai dengan tombol MULAI berwarna BIRU;
c. Pastikan peserta kembali ke HALAMAN LOGIN untuk keluar dari halaman tes.


Simulasi ini merupakan sarana pembelajaran untuk proktor, teknisi dan siswa, jadi manfaatkan agar saat hari pelaksanaan tidak canggung lagi. Data yang digunakan data dummy, jadi belum memakai data siswa yang sebenarnya.
Demikian tadi cara menjalankan simulasi ANBK bagi proktor dan client siswa.



Baca Juga

Post a Comment