Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali meluncurkan program baru yang disebut Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Ya, sebuah program bagi guru yang ingin belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti tes PPPK tahun ini.

https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/ 

Ada beberapa hal yang didapat dari desain Pembelajaran Modul Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Modul yang dikembangkan bersifat menyegarkan. Merefresh bagaimana calon guru dibekali pemahaman dan keterampilan dalam menghadapi seleksi ASN PPPK.


Yang paling penting adalah fitur yang dinamakan ruang kolaborasi dan komunitas pembelajaran. Di mana di dalamnya diberikan semacam pemantik dalam bentuk video, soal, grafis ataupun soal. Dan jika menemukan permasalahan dalam suatu konsep materi, dapat di-share melalui komunitas pembelajaran.

Kelebihan yang didapat adalah sistem belajar yang user friendly (mudah, ringan, dan ringkas). Yang tentunya dapat mendorong guru melakukan pembelajaran mandiri yang bisa disesuaikan dengan kondisinya.


https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/

Sifat substansi materi modul pun berisi materi yang sangat urgent serta esensial yang diperjelas dengan audio-video/perangkat lainnya. Dan diperkuat dengan ruang kolaborasi dan komunitas pembelajaran.

Yang perlu diingat adalah bahwa ini bukan bahan utama belajar dan bukan soal ujian seleksi tetapi untuk merefresh calon guru ASN PPPK dalam pemahaman substansi materi.

Nah bagi Anda guru yang masih berstatus honorer bisa mengikuti program Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini dengan mengakses  laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/. Silakan masuk ke laman tersebut lalu masuk menggunakan akun SIM PKB. Jika di HP atau laptop sudah login di SIM PKB maka sudah otomatis masuk.

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK  Memberikan fasilitasi kepada calon pendaftar guru ASN PPPK berupa Materi, Perangkat, Latihan soal-soal, Community Learning serta Tryout sebagai tambahan bekal untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK.

Cara Login

1. Buka Laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/

2. Klik Seri Belajar Mandiri Calon Guru Belajar ASN PPPK

3. Kemudian Klik Selengkapnya, Lanjut Klik Mulai Belajar

4. Siapkan akun SIM PKB Kemudian isi email dan password atau kata sandi. Klik Masuk

Jika lupa kata sandi silakan lapor dengan ketua KKG/MGMP untuk mereset atau membuat ulang kata sandi.




Pilih Mata Pelajaran misalnya PGSD, kemudian klik kotak di bagian bawah "Dengan ini saya menyetujui ..." Klik Daftar.

Disini kita sudah memilih PGSD. Tunggu beberapa jam, karena masih dalam proses. Bisa dilihat jua disitu ada jadwal. Jika ingin mengubah mata pelajaran bisa klik Ubah Mapel.




Cara Daftar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
 
 Link untuk Fasilitasi belajar sudah muncul, klik Tautan Fasilitasi, Akan muncul beberapa tautan pada gambar di bawah. Silakan diselesaikan tahapan demi tahapan pembelajaran.

Cara Daftar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK


Demikian informasi mengenai Seri Belajar Mandiri bagi calon guru ASN PPPK yang sebentar lagi akan mengikuti seleksi PPPK, jangan lewatkan kesempatan baik ini, jadi Bapak Ibu tidak perlu lagi mengunduh contoh latihan soal atau ikut bimbel PPPK apalagi sampai membeli soal latihan PPPK, karena semua sudah disediakan gratis oleh Kemdikbud.



Sumber Instagram Dit GTK Kemdikbud




Baca Juga

Post a Comment