Pada artikel sebelumnya telah admin bagikan perihal cara mengaktivasi rekening dan cara mencairkan rekening PIP di bank. Dalam hal ini adalah tugas sekolah yang melakukan atau membuat berkas administrasi sedangkan untuk aktivasi bisa dilakukan oeh siswa dan ortu siswa yang bersangkutan atau boleh juga diwakilkan oleh pihak sekolah dengan kondisi dan persyaratan tertentu.

Sekolah yang punya inisiatif boleh jadi mengumumkan nama siswa yang menerima PIP, tapi tidak sedikit pula yang cuek dan tidak urus terhadap bantuan PIP ini, jadi siswa yang padahal seharusnya dapat malah tidak jadi dapat, dan dana PIP hangus alias dikembalikan ke negara. Tentu sangat disayangkan, padahal dana PIP bisa dimanfaatkan untuk siswa membeli keperluan sekolah.

Bagi orangtua yang ingin tahu apakah anaknya mendapatkan PIP selain dari pengumuman pihak sekolah bisa juga mengecek secara langsung di laman website PIP. Yakni di situs yang beralamat di https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn . Namun sebelumnya siapkan dulu NISN siswa, tanggal lahir siswa serta nama Ibu kandung. Ketiganya harus ada, karena salah satu tidak lengkap maka pengecekan tidak akan muncul nama siswa yang bersangkutan, ntar maah dikiran tidak dapat padahal dapat PIP.

Silakan buka atau ketik alamat website https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn di browser Chrome atau yang lain.

Kemudian ketikkan Nama Lengkap Siswa, tangga lahir (diketik tahun-bulan-tanggal), jadi misalnya kelahiran 7 Juni 2009 maka yang diketik 2009-06-07, terakhir masukkan nama Ibu Kandung.


cara cek penerima PIP

Setelah selesai, kemudian Klik Cari, Jika penulisan benar, maka akan muncul penerima seperti gambar di bawah ini.



Misalnya siswa tersebut tidak dipanggil atau diberitahu oleh pihak sekolah bahwa siswa ini mendapatkan PIP, maka orangtua siswa bisa menanyakan kepihak sekolah bahwa anak tersebut mendapatkan PIP.  Kemudian minta dibuatkan surat rekomendasi untuk aktivasi rekening PIP ke bank yang tertera.

Selain siswa dibawah naungan Kemdikbud, siswa madrasah juga bisa mengecek di laman ini. Silakan dicoba.



Baca Juga

Post a Comment