Beberapa waktu yang lalu kita telah mengetahui edaran dari Kemdikbud perihal batas waktu pengaktifan rekening PIP tahun 2019/2020. Dimana siswa-siswa yang telah ditetapkan sebagai penerima PIP telah bisa di cek di laman PIP atau pip.kemdikbud.go.id oleh masing-masing operator sekolah. Adapun surat tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Isinya sebagai berikut;

Dengan hormat kami sampaikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyalurkan bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2019 dan 2020 untuk peserta didik pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Luar Biasa (SLB), dan Paket A, B, dan C. Sehubungan dengan pemberlakuan waktu/masa aktivasi rekening penerima PIP sesuai ketentuan yang berlaku, kami perlu sampaikan hal-hal sebagai berikut:
 

  1. Batas akhir aktivasi rekening oleh peserta didik penerima PIP Tahun 2019 dan 2020 adalah 28 Februari 2021.
  2. Mohon bantuan Saudara segera menginstruksikan Kantor Cabang/Unit Kerja operasional lebih proaktif mendorong dan mempercepat proses aktivasi rekening dan pencairan dana PIP oleh peserta didik penerima PIP.
  3. Bagi penerima PIP yang tidak melakukan aktivasi rekening sesuai tanggal yang telah ditetapkan di atas, maka dana PIP akan dikembalikan ke kas negara.
  4. Selama masa pandemi Covid-19, layanan aktivasi PIP agar tetap mematuhi ketentuan Protokol Kesehatan diberlakukan di wilayah masing-masing. Apabila proses aktivasi rekening/pencairan dilakukan oleh siswa secara langsung datang ke bank yang maka aktivasi rekening/pencairan dapat dilakukan secara bertahap dan/atau secara kolektif.
  5. Menyampaikan laporan akhir penyaluran PIP tahun 2019 dan 2020 paling lambat tanggal 5 Maret 2021.
  6. Terkait dengan batas waktu aktivasi rekening PIP kami telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada agar para siswa penerima segera melakukan aktvasi rekening melalui Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

 

aktivasi pencairan rekening PIP


Jadi tugas operator sekolah adalah menginformasikan dan membuatkan surat rekomendasi aktivasi rekening PIP sebelum tanggal yang telah ditetapkan yakni tanggal 28 Februari 2021. Baiklah kita ikuti langkah-langkah aktivasi rekening PIP siswa. 

 

Login dan Cek Nama Siswa Penerima PIP


Langkah awal operator sekolah adalah mememeriksa daftar nama siswa penerima PIP. Silakan menuju link http://pip.kemdikbud.go.id/session/sekolah . Operator sekolah bisa login menggunakan akun Dapodik atau NPSN dengan password kode registrasi dapodik, jadi bisa menggunakan 2 cara untuk login PIP.


Setelah login berhasil klik menu Siswa di bagian kiri. Perhatikan tahun anggaran, untuk yang muncul adalah tahun 2020, jika ingin melihat tahun sebelumnya bisa di klik icon panah kecil. Di bawahnya ada nama-nama siswa penerima PIP.

cara aktivasi dan pencairan rekening PIP

Berikut penjelasannya
Menu Download adalah untuk mengunduh data siswa dalam format excel
Tahap : Untuk mengetahui daftar nama siswa yang telah dicairkan PIP oleh Kemdikbud ke rekening Bank
Search : Klik Search dilakukan setelah opsi Tahap dan Status Pencairan dipilih.


Cara mengecek aktivasi Rekening dan Pencairan PIP siswa

Setelah kita lakukan tahapan download, dan search kita bisa melakukan pengecekan apakah rekening PIP siswa ybs sudah diaktivasi atau belum, bisa juga mengetahui apakah duit PIP sudah ditarik oleh siswa atau belum.

Jadi ada 2 kemungkinan.
Siswa yang sudah memiliki buku rekening atau kartu KIP bisa saja sudah mencairkan atau mengambil duit PIP nya di bank.
Kemungkinan kedua, Siswa yang belum memiliki buku tabungan ataupun kartu KIP tentu saja belum cair, dan siswa inilah yang rekeningnya wajib diaktivasi terlebih dahulu sebelum bisa mencairkan dana PIP.

Salah satu cara untuk membedakan siswa yang baru menerima PIP dengan yang sudah adalah dengan mengunduh nama-nama siswa tahun 2019 dengan tahun 2020. Disitu akan ketahuan siswa yang sudah pernah dapat dan yang baru dapat di tahun 2020.

Sedangkan cara untuk mengetahui dengan pasti apakah siswa  sudah cair atau belum PIP adalah menanyakan langsung kepada siswa yang bersangkutan. Jika sudah punya buku rekening atau tahun sebelumnya sudah pernah diaktivasi/dicairkan tentu mereka sudah bisa mengecek sendiri, namun jika belum pernah diaktivasi maka wajib mengaktivasi rekening(ngulang lagi deh).

Contoh gambar dibawah adalah siswa yang belum diaktivasi rekeningnya karena belum pernah mendapatkan PIP sebelumnya. Caranya klik CEK BANK akan muncul seperti gambar di bawah:


Cara aktivasi Rekening PIP.


Setelah kita ketahui data siswa yang belum pernah mendapatkan PIP, langkah berikutnya adalah menginformasikan kepada siswa untuk mengaktivasi rekening PIP agar dana PIP bisa dicairkan.

Aktivasi dan pencairan rekening PIP bisa dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah jika terkendala jarak bank penyalur yang jauh, bisa juga diaktivasi dan dicairkan oleh siswa dan ortu yang bersangkutan secara mandiri atau sendiri-sendiri. Kalau saya biasanya dilakukan sendiri oleh ortu siswa dengan membawa berkas persyaratan untuk aktivasi rekening.

Adapun berkas yang dibawa ke bank adalah raport siswa, KTP orangtua siswa, surat rekomendasi dari sekolah. Persyaratan untuk pencairan beda-beda tergantung kebijakan masing-masing cabang bank. Namun yang wajib adalah surat rekomendasi aktivasi rekening PIP dari sekolah. Untuk formatnya bisa diunduh di tautan ini. 

Dalam surat aktivasi rekening wajib memuat kode virtual ACC, nama lengkap siswa, NISN, tempat tanggal lahir serta ditandatangani kepala sekolah berstempel sekolah.




Contoh Surat aktivasi rekening dan pencairan PIP untuk tingkat SMA bisa diunduh disini
Untuk tingkat SD, SMP bisa mencontoh format diatas.

Berkas tersebut dibawa ke bank penyalur, untuk SD biasanya Bank BRI terdekat. Untuk tingkat SMP SMA silakan ditanyakan ke pihak sekolah. hehehe


Cara Aktivasi Siswa Nominasi di PIP Kemdikbud


Jika operator login di laman pip.kemdikbud.go.id maka ada ada menu Siswa nominasi, siswa nominasi disini adalah siswa calon penerima PIP, biasanya kebanyakan kelas 1 SD. Siswa Nominasi ini wajib melakukan aktivasi rekening ke Bank BRI. Caranya sama seperti di atas. Tapi di awal biasanya duit atau dana PIP belum ada dan otomatis tidak bisa dicairkan. Untuk mencairkan tentunya setelah aktivasi rekening selesai dan sudah ditransfer oleh Kemdikbud. Untuk diketahui operator bahwa walaupun rekening sudah diaktivasi oleh siswa, namun tampilan di laman PIP operator keterangannya tetap belum aktivasi. Abaikan saja. 

Nanti setelah positif cair nama-nama siswa tersebut akan muncul di menu Siswa SK Pemberian (sudah di SK kan pusat atau dengan kata lain sudah ditransfer dana PIP dari pusat).

cara aktivasi rekening PIP

Cara pencairan PIP oleh siswa.


Untuk pencairan dana PIP tentu saja didahului dengan proses aktivasi rekening PIP. Jika proses aktivasi rekening PIP sudah selesai. Maka dana PIP TIDAK BISA     langsung dicairkan langsung setelah aktivasi rekening, namun baru dicairkan kemudian hari setelah nama siswa masuk di menu SK Pemberian. Ini yang perlu diinformasikan kepada orangtua, saat membuatkan surat rekomendasi, karena ada beberapa orangtua setelah mengaktivasi rekening PIP, ternyata duitnya belum ada.

Jika tahun lalu aktivasi rekening sudah pernah dilakukan maka untuk pencairan bisa langsung dilakukan ke bank dengan membawa buku rekening. Jika memiliki kartu KIP, maka bisa mencairkan lewat ATM karena kartu KIP juga bisa berfungsi sebagai kartu ATM.

Biasanya pencairan PIP dilakukan bertahap, tidak  sekaligus, maka bagi yang sudah pernah dapat PIP, bisa menanyakan ke sekolah apakah PIP sudah dicairkan oleh Kemdikbud pusat. Jika belum bisa dicek di akhir tahun.

Untuk mengetahui apakah siswa berhak dapat PIP bisa dicek lewat laman https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn

Silakan masukkan NISN dan nama lengkap ibu kandung klik cari. Atau buka caranya di sini


Nah demikian tadi tata cara aktivasi rekening PIP dan pencairan PIP serta mengetahui apakah siswa dapat bantuan PIP atau tidak. 

Baca Juga

Post a Comment