Setelah tahun 2020 lalu Kemdikbud memberikan bantuan kuota belajar selama 4 bulan, program serupa akan diselenggarakan yakni bantuan kuota internet atau kuota belajar Kemdikbud tahun 2021. Bantuan Kuota Belajar akan diberikan selama 3 bulan terhitung mulai Maret 2021 hingga bulan Mei 2021. Besaran kuota belajar Kemdikbud 2021 yang akan diberikan kepada siswa dan mahasiswa serta guru dan dosen, masih sama seperti tahun 2020.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu kuota belajar Kemdikbud, saat ini Kemdikbud secara resmi telah merilis website yang beralamat di laman http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/. Dalam wesbite tersebut dijelaskan besaran atau jatah kuota yang diberikan kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Berikut ini rinciannya.

Kuota Belajar  Kemdikbud Tahun 2021


Berdasarkan Persesjen Kemdikbud Nomor 4 tahun 2021 tentang Juknis penyaluran bantuan pemerintah paket kuota data internet tahun 2021, berikut ini rincian jumah kuota yang akan diberikan:

  1. Paket Kuota Data Internet untuk Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 7 GB / bulan
  2. Paket Kuota Data Internet untuk Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah  (SD, SMP, SMA) 10 GB/bulan
  3. Paket Kuota Data Internet untuk Mahasiswa dan Dosen  15 GB/bulan
  4. Paket Kuota Data Internet untuk Pendidik 12 GB/bulan

Masing-masing berdurasi atau selama 3 bulan. Sisa kuota paket data internet yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus atau tidak bersifat kumulatif untuk bulan selanjutnya.


Paket Kuota Data Internet di atas merupakan paket akses semua situs dengan pembatasan akses kepada:

    Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta
    Twitter
    Instagram
    Facebook, dan
    Tiktok

Daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan di atas dapat bertambah sewaktu-waktu.

Penyaluran Bantuan

1. Penyaluran Bantuan paket kuota data internet dilakukan selama 3 (tiga) bulan dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2021 dengan jadwal sebagai berikut:
a. bulan pertama pada tanggal 11 sampai dengan 15 Maret 2021;
b. bulan kedua pada tanggal 11 sampai dengan 15 April 2021; dan
c. bulan ketiga pada tanggal 11 sampai dengan 15 Mei 2021.

2. Bantuan paket kuota data internet memiliki masa berlaku 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak paket kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik. 

3. Setiap nomor ponsel penerima Bantuan dapat menerima paling  banyak 3 (tiga) Bantuan paket kuota data internet dengan ID penerima Bantuan yang berbeda. 


Bagaimana cara mendapatkan bantuan kuota Belajar 2021?


Bagi orangtua siswa yang ingin mendapatkan bantuan kuota belajar Kemdikbud tahun 2021 silakan menghubungi pihak sekoah, bisa guru atau wali kelas atau tenaga administrasi sekolah. Jika nomor HP tahun lalu tidak berubah dan nomor HP masih aktif maka kemungkinan akan mendapatkan kembali dan tidak perlu melapor lagi. Namun jika nomor HP berubah ataupun tidak aktif, maka dipersilakan mendaftarkan nomor HP yang baru untuk mendapatkan kuota belajar tahun 2021.

Bagi operator sekolah yang mengelola bantuan kuota belajar ini dipersilakan mengakses laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ atau melakukan verval ponsel disini.

Untuk memahami lebih dalam silakan unduh Peraturan Sekretaris Jenderal  Kemdikbud di tautan ini atau  buka laman Bantuan Kuota Belajar Data Internet Kemdikbud http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/





Baca Juga

Post a Comment