Dari berbagai penelusuran di dunia maya ternyata ada beberapa kasus operator yang gagal ataupun kesulitan mendownload prefill dapodik. Sebagaimana kita ketahui bersama prefill gunanya adalah untuk instalasi dapodik secara offline. Jadi tentunya perlu mendownload prefill dapodik. Proses instalasi awal sebenanya tidak membutuhkan prefill, hanya saja di tahap akhir yakni registrasi dapodiklah yang membutuhkan prefill.

Kegagalan download prefill ini ada berbagai alasan diantaranya padatnya kunjungan di server prefill dapodik, ada pula kasus karena data akun kepala sekolah belum terdaftar. Berikut solusinya bagi yang gagal download prefill karena 2 alasan tersebut.

1. Download prefill memakai add ons VPN

Banyak penyedia vpn gratis, silakan cari dan unduh vpn tersebut lalu lakukan download prefill. dijamin lancar. Admin sudah mencobanya silakan buka caranya di tautan ini.

2. Lakukan registrasi dapodik secara online,

Solusi lain adalah melakukan registrasi dapodik secara online. Setelah proses instal aplikasi dapodik selesai, tahap berikutnya adalah registrasi dapodik. Registrasi dapodik dapat dilakukan secara offline dan online. Jika reg offline tentunya wajib menggunakan prefill, namun jika registrasi online tidak membutuhkan prefill. Nah silakan lakukan registrasi secara online, jadi tidak perlu repot lagi mendownload prefill.

3. Akun kepala sekolah belum terdaftar.
Ada pula kasus operator dapodik yang gagal mendownload prefill karena Akun Kepala Sekolah belum terdaftar. Nah kalau begini operator sekolah atau kepala sekolah wajib mendaftarkan dulu akun kepala sekolahnya di dapodik.

Gagal download prefill dapodik


Adapun alamat untuk mendaftarkan akun kepala sekolah adalah di alamat https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

1. Buka web https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
2. Login Dengan Manajemen Sekolah (akun dapodik)
3. Masukan Email dapodik dan Pass Dapodik Yang aktif

Cari Menu Akun
Cek Di daftar Akun
Jika nama PTK ada di daftar akun maka tinggal update / edit
Jika tidak ada nama PTK, Klik tambah Akun
Pilih Jenis akun GTK > Pilih nama PTK
Isi email dan password
Simpan
Cek ulang di daftar akun, jika muncul nama yang diupdate/ atau ditambah tadi maka bisa lakukan generate prefill.  dilaman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

Silakan coba trik diatas untuk mengunduh prefill dapodik terbaru. 

Post a Comment