2 hari terakhir proses download prefill dapodik cukup menjadi kendala bagi operator dapodik karena begitu padatnya kunjungan ke server download prefill tersebut. Kalau Anda punya waktu tengah malam atau dini hari mungkin bisa mendownload prefill dengan lancar. Namun pas di jam sibuk lumayan lambat bahkan gagal walaupun sudah diulang berkali-kali.

Salah satu solusi bagi Anda yang ingin mengunduh prefill agar cepat adalah menggunakan VPN. Apa itu VPN? VPN menurut wikipedia adalah  Jaringan pribadi virtual atau jaringan pribadi maya memperluas jaringan pribadi di jaringan publik dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi. Kalau versi orang awam VPN ini bisa dibilang kita seolah-olah beraktivitas dalam rumah sendiri dengan lancar, padahal sebenarnya kita berada dirumah orang lain yang jaraknya cukup jauh.


Langsung saja kita ikuti caranya.

Untuk menggunakan ini sangat mudah caranya  adalah

1. Buka browser firefox


2. Mengunduh add ons Firefox VPNcity di tautan ini



     Klik Add to Firefox. > Klik Tambahkan

download prefill pakai vpn


3. Buka dan Registrasi di add ons firefox. Klik di sudut kanan atas. 

Masukkan email dan passwordnya (2 kali) Klik Sign Up. dan Vpn siap digunakan.

vpn

3. Buka laman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

Pilih prefill, cari Propinsi sekolah berasal. Masukkan email, password dan Kode Registrasi

prefill dapodik unduh



4. Tunggu beberapa detik, proses generate prefill siap diunduh.

Unduh prefill dapodik  pakai VPN

Saya sendiri menggunakan vpn, hanya butuh beberapa detik untuk mengunduh prefill dapodik ini. Silakan dicoba. Bagi operator sekolah yang masih gagal registrasi dapodik atau gagal download prefill bisa dibuka ditautan ini caranya.

Post a Comment