Cara Instal Dapodik Paud Dikdasmen 2021

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis aplikasi dapodik yang terbaru untuk tahun ajaran 2020-2021 yakni yang diberi nama Dapodik 2021.

Sehubungan dengan telah digabungnya PAUD ke dalam Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, maka Dapodik PAUD juga dilebur menjadi satu ke dalam aplikasi Dapodikdasmen. Itu tadi sedikit perubahan yang ada dalam Dapodik terbaru 2021.

Cara Instal Dapodik Paud Dikdasmen 2021 Sampai Selesai

Berita terkait rilis dapodik 2021 tersebut bisa dilihat dilaman resmi Dapodik PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah di sini
Pada kesempatan ini admin akan berbagi cara instal Dapodik 2021. Bagi yang sudah lama menggeluti dunia perdapodikkan tentu hal ini sangat mudah dilakukan. Namun tidak sedikit operator, khususnya operator baru yang menggantikan posisi operator lama sehingga perlu kiranya mengetahui teknis tata cara instalasi dapodik dengan benar.

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh operator Dapodik sebelum Instalasi Dapodik.

1. Menyiapkan Komputer/Laptop
2. Mengetahui Akun Dapodik dan Kode registrasi4
3. Mendownload installer dan prefill dapodik
4. Menghapus Aplikasi Dapodik sebelumnya
5. Instalasi Dapodik terbaru 2021

Baiklah kita ikuti tata cara instalasi dapodik dari awal hingga akhir sampai selesai.


1. Menyiapkan Komputer/Laptop


Hal pertama yang perlu disiapkan oleh operator dapodik adalah persiapan komputer atau laptop. Dalam artian pastikan komputer yang akan dipakai cukup sehat serta memenuhi spesifikasi minimal yang dibutuhkan instalasi dapodik. Jangan sampai operator nantinya malah direpotkan gara-gara laptop lambat dan masalah lain. Ingat Dapodik adalah Induk dari aplikasi pendataan Kemdikbud , yang nantinya tentu harus diinstal berdampingan dengan aplikasi erapor dan aplikasi PMP.

Spesifikasi komputer yang direkomendasikan, untuk instalasi dapodik adalah:
a) prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
b) memori standar 4GB DDR3;
c) hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
d) sistem operasi Windows 10;
e) aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome, mozilla firefox, atau opera.


Semakin tinggi spesifikasi komputer maka makin bagus, pekerjaan akan lebih lancar alias tidak lambat. Untuk peramban atau browser sebaiknya diperbaharui atau diupdate ke yang terbaru.

2. Mengetahui Akun Dapodik dan Kode registrasi


Untuk operator lama tentu bisa jadi sudah paham bahkan sebagian sudah hapal email, password dan kode registrasi yang digunakan sebelumnya untuk dapodik. Namun jika ada pergantian operator dapodik, sebaiknya operator lama menggunakan email dan password lama tersebut. Mengapa perlu email dan password lama? Ini penting dan nantinya akan ada hubungannya dengan aplikasi lain semacam Aplikasi PMP dan aplikasi turunan dapodik lainnya. Silakan minta kepada operator lama email dan kode registrasi dapodik kepada operator lama.

3. Menghapus Instalasi Dapodik Lama



Karena ini aplikasi baru tentunya dibutuhkan instalasi yang terbaru, artinya tidak menggunakan patch, sehingga wajib menginstal Dapodik 2021 dengan fresh installer.  Selain menghapus instalasi dapodik yang lama, kita juga wajib menghapus aplikasi lain yang terhubung dengan dapodik seperti aplikasi EDS PMP dan Erapor (jika terinstal), karena aplikasi ini sudah tidak bisa dipakai lagi karena harus menyesuaikan dengan dapodik 2021.

Cara uninstal Dapodik lama, aplikasi PMP dan Erapor pada dasarnya sama.

uninstal dapodik

Klik Pencarian di kiri bawah layar komputer, Ketik Control Panel
Klik Control Panel tersebut , pilih Uninstal Program > Klik aplikasi yang ingin dihapus > Klik Uninstal > Pilih Yess. Tunggu beberapa saat hingga selesai. Sebaiknya setelah menghapus aplikasi, matikan laptop dulu, sebelum menginstal dapodik terbaru.

menghapus dapodik lama


4. Mendownload Installer Dapodik dan Prefill.


Selanjutnya adalah menyiapkan Installer dan Prefill Dapodik. Installer ini adalah yang terbaru. Jangan menggunakan yang lama. Selain installer yang harus didownload adalah prefill, yakni semacam database sekolah kita yang ada di server dapodik Kemdikbud. Dengan adanya prefill ini operator tidak perlu repot-repot mengisi ulang dapodik.

Untuk mengunduh Installer silakan buka laman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
Silakan unduh Installer pada link utama atau alternatif yang tersedia di laman tersebut.



donwload dapodik 2021


Untuk mendownload prefill silakan Klik prefill, pilih propinsi sekolah Anda berasal. Muncul form isian seperti di bawah. Kemudian masukkan email, password dan kode registrasi Dapodik. Klik Generate. Proses generate prefill biasanya agak lama, apalagi jika dilakukan di jam kerja dan awal-awal peluncuran dapodik terbaru seperti sekarang. Jadi operator musti bersabar atau lakukan di jam-jam sepi.


download prefill Dapodik

Setelah prefill terdonload (biasanya ada di folder downloads) langkah selanjutnya adalah membuat folder dengan nama prefill_dapodik di drive C komputer Anda atau di sistem komputer. Kemudian copy prefill dapodik dan salin ke folder prefill_dapodik di drive C komputer tersebut.

Jika terkendala traffic yang padat bisa menggunakan add ons VPN di firefox untuk mengunduh prefill dapodik.

Langkah berikutnya adalah melakukan instalasi Dapodik hingga selesai.


5. Menginstal Dapodik 2021


Setelah 4 tahapan dilaksanakan langkah selanjutnya adalah instalasi dapodik. Jika 4 tahapan SEBELUMNYA sudah beres dan benar, proses selanjutnya adalah instalasi Dapodik.

Klik 2 kali pada file installer yang sudah diunduh pada tahap 4. kemudian ikuti langkah selanjutnya. Proses instalasi dapodik disini sangat mudah.

Setelah instal selesai, langkah berikutnya adalah registrasi Dapodik, Nah disini terkadang ada kendala yang dihadapi oleh operator. Nanti akan disambung pada artikel berikutnya. Selengkapnya silakan lihat video youtubenya disini


Post a Comment