Tentang Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)

NUKS merupakan singkatan dari Nomor Unik Kepala Sekolah, tentunya tidak berbeda jauh dengan NUPTK, namun kalau NUKS terbatas hanya dimiliki oleh Kepala Sekolah. Artinya Kepala Sekolah bisa saja memiliki NUKS sekaligus NUPTK.

Tidak semua Kepala Sekolah memiliki NUKS. Jadi hanya kepala sekolah yang sudah dinyatakan lulus pendidikan dan pelatihan Kepala Sekolah saja yang memiliki NUKS. Jika Kepala Sekolah belum pernah ikut Diklat tersebut artinya Kepala Sekolah belum memiliki NUKS.
Nomor Unik Kepala Sekolah terdata di LPPKS atau Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan tercatat pula pada sertifikat kelulusan diklat calon Kepsek oleh LPPKS.

Sehubungan dengan pengisian NUKS pada aplikasi dapodik terbaru versi 2020 tentunya banyak operator yang mencari tahu apa itu NUKS, tentunya hal pertama yang ditanya dulu adalah Kepala Sekolah langsung, apakah pernah ikut diklat Kepsek oleh LPPKS dan mendapatkan sertifikat. Jika pernah maka bisa diminta sertifikat tersebut untuk melihat NUKS.

Sedikit intermezzo, didaerah adin dulu sekali pernah dilaksanakan pelatihan kepsek ini dimana data pesertanya diseleksi lewat akun padamu negeri, nah jadi sudah lama sekitar 5-6 tahun yang lalu, pernah dilakukan pelatihan calon kepala sekolah oleh LPPKS lewat padamu negeri. Namun kebijakan diklat Calo Kepsek ini ya tentunya berdasar kebijakan Pemda masing-masing au tidak mengirim calon peserta ke LPPKS. Catatan pula, saat ini masih ada yang memegang sertifikat kepala sekolah malah tidak diangkat-angkat sebagai kepala sekolah. Hihihi

NUKS kepala sekolah letaknya dimana
Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)

Adapun letak NUKS adalah dibagian kanan atas sertifikat diklat Kepsek.Adapun pengecekan NUKS lewat portal LPPKS sudah tidak bisa lagi. Jadi silakan ditanyakan langsung kepada Kepesek.

0 Response to "Tentang Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) "

Posting Komentar