Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Fix, Gaji PNS Tidak Naik di 2020

Tanggal 16 Agustus merupakan tanggal keramat khususnya bagi PNS. Karena di tanggal itulah biasanya seorang kepala negara mengumumkan ada tidaknya kenaikan gaji bagi PNS. Ya itulah yang saya admin rasakan waktu jaman presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Setiap jelang perayaan hari Kemerdekaan, merupakan agenda tetap seorang presiden menyampaikan pidato nota keuangan RAPBN.
gaji pns 2020 tidak naik batal naik
gaji pns 2020 batal naik

Tapi tahun depan tepatnya 2020 tidak akan ada kenaikan gaji PNS. Dimana hal ini disampaikan presiden Joko Widodo dalam pidato penyampaian nota keuangan RAPBN 2020 hari ini. Seperti dikutip dari laman tirto.id. Walau tidak ada kenaikan gaji PNS, Jokowi memastikan ASN tetap akan mendapatkan gaji ke-13. Di samping itu, ia bilang uang pensiun dan Tunjangan Hari Raya (THR) tetap cair.

Dalam pidato itu Jokowi juga memastikan pemerintah akan memperbarui skema program pensiun dan Jaminan Hari Tua (JHT) untuk ASN. "Pemerintah juga menyiapkan reformasi skema program pensiun dan Jaminan Hari Tua (JHT) untuk aparatur negara," katanya, tanpa penjelasan lebih lanjut.

Buka juga Tabel Gaji Pokok PNS 2019

Sementara itu  Direktur Jenderal Perbendaharaan Andin Hadiyanto menjelaskan Belanja pegawai dalam RAPBN 2020 naik 9,06% menjadi Rp416,6 triliun naik dibanding APBN 2019 sebesar Rp 381,56 triliun.



Jokowi tidak menaikkan gaji PNS 2020

Sebagai catatan selama Jokowi memimpin sebagai presiden ia baru dua kali menaikkan gaji poko PNS. Pertama pada 2015 sebanyak 5 persen, lalu 2019 melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019.

Related Posts