Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Hari ini kita  sudah memasuki hari kelima di bulan Puasa Ramadhan tahun 1439 Hijriyah. Ayo semangat menjalani ibadah Puasa, jangan sampai ada yang bolong! Pasalnya, selain menjalankan perintah agama, ternyata puasa juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan tubuh tersebut?

1. Membakar lemak.
Saat kamu puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan energi dari glukosa seperti biasanya. Karena itu, tubuh kita akan membakar lemak untuk dijadikan sumber energi.

2. Detoksifikasi.
Seperti dijelaskan oleh Dr. Razeen Mahroof dari University of Oxford di Inggris, puasa membantu tubuh membuang toksin atau zat sisa dalam tubuh.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

3. Memperkuat sistem imun.
Sebuah studi dari University of Southern California menguak bahwa puasa bisa meningkatkan kinerja sistem imun kita. Saat puasa, sel-sel imun yang lama akan digantikan dengan sel baru yang lebih kuat. Tubuh pun jadi semakin tangguh melawan penyakit.

4. Mencegah penyakit.
Menurut sejumlah penelitian, puasa bermanfaat untuk mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung. Ini karena saat puasa kita harus menahan diri, tidak boleh makan banyak makanan berlemak dan tinggi gula. Soalnya, kesempatan kita untuk makan hanya pada saat sahur dan berbuka.

5. Meningkatkan mood.
Psst, puasa bisa bikin kamu lebih bahagia, lho! Ini karena saat puasa, tubuh kita menghasilkan hormon endorfin lebih banyak. Hormon ini bertugas untuk menciptakan rasa senang dan menunjang fungsi otak.

Wah, ternyata puasa itu menyehatkan sekali, bukan? sumber

Buka juga

Mengurangi Bau Mulut saat Berpuasa
Manfaat Puasa untuk Kesehatan
Mengatasi Bau Mulut secara Alami
Makanan yang bagus saat sahur dan buka puasa
BERIKAN KOMENTAR ()