Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Juknis Penulisan Ijazah Madrasah Tahun 2023; SK Dirjen Pendis Kemenag nomor 1142 tahun 2023

Ijazah adalah sebuah istilah dalam bahasa Arab yang memiliki arti sertifikat atau diploma yang menunjukkan kelulusan dari suatu program pendidikan, umumnya dalam konteks pendidikan Islam. Secara umum, istilah ini juga bisa digunakan untuk merujuk pada sertifikat atau diploma yang dikeluarkan oleh sebuah sekolah, perguruan tinggi, atau universitas sebagai bukti kelulusan dari sebuah program studi atau program pendidikan lainnya.


Ijazah yang diterima dari sekolah memiliki nilai penting yang tinggi dalam dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari ijazah di sekolah:

  1. Menunjukkan keberhasilan: Ijazah menunjukkan bahwa siswa telah menyelesaikan program studi atau program pendidikan dan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh sekolah. Ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai tingkat keberhasilan tertentu dan dapat membantu mereka untuk meraih peluang lebih baik dalam karir mereka.

  2. Memperlihatkan kemampuan: Ijazah dapat membantu menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa kepada calon pemberi kerja atau institusi pendidikan yang lebih tinggi. Ini dapat membantu siswa memperoleh kesempatan untuk melanjutkan pendidikan atau memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

  3. Meningkatkan nilai diri: Mendapatkan ijazah dapat meningkatkan nilai diri siswa dan memberikan rasa prestasi dan kebanggaan. Ini dapat memberikan motivasi untuk terus belajar dan mencapai tujuan yang lebih tinggi.

  4. Menunjukkan kompetensi: Ijazah menunjukkan bahwa siswa telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh sekolah dan mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lain. Hal ini dapat membantu siswa meraih peluang lebih baik dalam karir dan pendidikan.

  5. Persyaratan masuk ke pendidikan tinggi: Ijazah sering kali menjadi persyaratan utama untuk masuk ke perguruan tinggi atau universitas. Dengan memiliki ijazah yang baik, siswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di institusi pendidikan yang lebih tinggi dan memperoleh pendidikan yang lebih berkualitas.

Oleh karena itulah penulisan ijazah juga merupakan faktor penting mendasar.

IJAZAH  merupakan  dokumen   resmi  dan  sah  yang  diberikan kepada  peserta  didik  yang telah  tamat  belajar  atau  lulus pada suatu jenjang pendidikan.

• ljazah  madrasah  meliputi;  ijazah  RA,  Ml, MTs, MA dan MAK
• ljazah  RA  dicetak  satu  halaman,  sedangkan  ljazah  Ml,  MTs, MA dan MAK dicetak bolak-balik
• Petunjuk   Teknis   Penulisan   Blangko   ljazah   ini   digunakan sebagai  pedoman   dalam   penulisan   Blangko  ljazah  RA,   Ml, MTs,   MA   dan   MAK,   baik   Negeri   dan   Swasta   di   seluruh Indonesia

Berdasarkan SK Dirjen pendis Kementerian Agama nomor 1142 tahun 2023 berikut ini kami bagikan materi sosialisasi penulisan blangko ijazah Madrasah untuk tahun pelajaran 2022-2023 yang bisa digunakan oleh pemangku kepentingan dalam penulisan ijazah di lembaga madrasah masing-masing.

Pengumuman  Kelulusan  Madrasah TP 2022/2023

Pada SOP AM TP 2022/2023 dijelaskan bahwa pengumuman  kelulusan madrasah menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah  pusat dan/atau  pemerintah daerah. Oleh karena  itu Pengumuman  Kelulusan  Madrasah TP 2022/2023 ditetapkan  sebagai  berikut:

  • MA/MAK              :    05 Mei    2023
  • MTs                        :    08 Juni    2023
  • Ml                          :    08 Juni    2023
  • Ta mat belajar RA  :    08 Juni    2023


B.  Tanggal/Titimangsa pada ljazah  (sesuai dengan tanggal  pengumuman kelulusan)

  • MA/MAK                  :    05 Mei    2023
  • MTs                           :    08 Juni    2023
  • MI                              :    08 Juni    2023
  • RA                              :    08 Juni    2023

Ketentuan Umum Penulisan Ijazah

  1. ljazah  RA, MI,  MTs, MA da n MAK  diterbitkan   oleh  satuan pendidikan yang telah   memiliki  izin  operasional  dan  memiliki  peserta  didik  yang  tamat belajar atau  lulus dari satuan  pendidikan.
  2. ljazah  RA,  Ml, MTs,  MA dan MAK diisi  oleh panitia yang tetapkan  oleh kepala satuan  pendidikan.
  3. ljazah   ditulis   tangan   dengan   baik,  benar, jelas,  rapi, mudah  dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
  4. Jika terjadi  kesalahan dalam  penulisan  blangko  ljazah  tidak boleh  dicoret, ditimpa, atau  di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru.
  5. Blangko   ljazah   yang  salah  dalam  penulisan,  disilang  dengan  tinta   warns merah  secara  diagonal  pada  halaman  depan  dan  belakang  sebagai  tanda bahwa  blanko tersebut tidak sah digunakan. 
  6. Jika terdapat  sisa  blangko ljazah karena rusak dan/atau kesalahan dalam penulisan,  Kepala  RA/Madrasah  harus  mengembalikan  kepada  Kanwil Kemenag  Provinsi  melalui  Kemenag  Kabupaten/Kota  dengan   disertai  berita acara yang ditanda tangani oleh Kepala RA/Madrasah disaksikan Kemenag Kabupaten/Kota.
  7. Blangko   ljazah  yang tersisa, yang rusak dan/atau  yang salah  dalam  penulisan yang   terdapat    di   Kanwil    Kemenag   Provinsi   dimusnahkan    oleh   Bidang Pendidikan Madrasah/Pendis paling lambat 31 Desember 2023 atas izin Kepala Kanwil  Kemenag  Provinsi  disertai  dengan   berita  acara  pemusnahan  blangko ljazah,  selanjutnya  dilaporkan  kepada  Direktur Jenderal  Pendidikan  Islam  c.q. Direktur Kurikulum  Sarana  Kelembagaan  dan Kesiswaan  (KSKK) Madrasah.
  8. Jika   terjadi   kekurangan   blangko   ljazah,   Kanwil   Kemenag   Provinsi   segera mengajukan surat permohonan penambahan blangko ljazah ke Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, selambat• lambatnya tanggal 30 November 2023.

Nomor Seri  ljazah

Setiap  blangko ijazah  memiliki  Nomor  Seri  ljazah, yang terdapat  pada halaman depan blangko ijazah  bagian bawah.  Nomor Seri  ljazah  adalah sistem  pengkodean  blangko ljazah yang mencakup kode jenjang pendidikan,  kode tahun penerbitan  ijazah, kode  provinsi dan nomor  urut dari setiap  ijazah.

nomor seri ijazah madrasah


Dokumen pdf materi sosialisi mengenai Juknis Penulisan Ijazah Madrasah Tahun 2023 berdasarkan SK Dirjen Pendis Kemenag nomor 1142 tahun 2023 silakan unduh di SINI

file pdf SK Dirjen Pendis Kemenag nomor 1142 tahun 2023 unduh DISINI

 

 

Related Posts