Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Download Aplikasi Erapor SP Untuk Kurikulum 2013 dan Merdeka


Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi aplikasi erapor yang namanya erapor SP. Sebuah aplikasi pengisian dan pencetakan nilai raport yang dibuat oleh bapak I Nyoman Pasek, seorang guru SMA yang kebetulan juga beliau adalah salah seorang guru penggerak dari kota Amlapura, Karangasem Propinsi Bali. Informasi lengkap mengenai beliau bisa dibuka di blog personal di alamat https://paseksmanda.blogspot.com/.


Mengapa Menggunakan Erapor SP?


Sebagian dari kita, khususnya operator sekolah tentu tahu bahwa Kemdikbud juga sempat merilis aplikasi rapor baik untuk tingkatan SD hingga tingkatan SLTA. Namun sempat tertunda perilisan aplikasi terbaru karena adanya implementasi kurikulum merdeka, dan pembaharuan aplikasi dapodik, sehingga aplikasi erapor tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi (tidak bisa terhubung ke aplikasi dapodik terbaru) khususnya tingkat SD. Selain itu teknik penilaian pun sudah berubah.

Nah ditengah kekosongan itu, hadirlah aplikasi Erapor SP yang diciptakan oleh Pak Nyoman Pasek ini. Saya pun yang kebetulan keseharian bekerja sebagai operator sekolah turut serta mencoba aplikasi Erapor SP ini. Setelah beberapa minggu menjajal seluk beluk aplikasi erapor SP bersama beberapa teman operator sekolah yang lain, akhirnya di semester 1 tahun ajaran 2022/2023 lalu sekolah kami menggunakan aplikasi erapor SP ini untuk pencetakan raport. Bahkan digunakan juga untuk seluruh sekolah tingkatan SD di kabupaten.

Bicara penggunaan aplikasi tentu ada kekurangan dan kelebihan. Bagi saya pribadi aplikasi Erapor SP buatan pak Nyoman ini cukup bagus. Boleh dikatakan terbaik dari berbagai macam aplikasi erapor yang dibuat oleh beberapa pihak.

Beberapa keunggulan Erapor SP

  1. Bisa digunakan bagi sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka maupun sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2013
  2. Bisa digunakan untuk semua tingkatan dari tingkat SD hingga SLTA.3. Fitur yang tersedia cukup lengkap dan sudah menyesuaikan dengan panduan penilaian terbaru baik untuk kurikulum 2013 maupun kurikulum merdeka.
  3. Penginputan nilai bisa diinput nilai raport yang sudah jadi, bisa juga diinput nilai-nilai sumatif dan akhir semester.
  4. Tersedia menu import nilai microsoft excel maupun input nilai di aplikasi
  5. Fitur pencetakan nilai Rapor Tengah Semester, Leger, Laporan Penilaian dan rapor projek P5 kurikulum merdeka. 
  6. Fitur upload foto siswa 

Dan beberapa keunggulan lain yang tentunya akan diketahui jika kita sendiri yang menggunakan aplikasi erapor SP ini.

Download Aplikasi Erapor SP


Saat ini aplikasi EraporSP menggunakan versi 2023F, ya dimana setiap ada bugs tentu langsung dibenahi oleh pak Pasek, makanya sampai berseri F, hehehe.

Bagi rekan-rekan operator sekolah yang ingin mencoba aplikasi Erapor SP bisa mengunduhnya langsung di blog pak Nyoman Pasek di paseksmanda.blogspot.com sembari membaca-baca tulisan beliau. Namun jika ingin langsung instal bisa mengunduh installer aplikasi erapor SP versi terbaru di tautan ini.
Sedangkan cara instalasi dan penggunaan bisa melihat tutorial di channel Youtube beliau juga.


Related Posts