Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka

Modul ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Satu modul ajar berisi rancangan pembelajaran untuk satu tujuan  pembelajaran  berdasarkan  alur  tujuan  pembelajaran  yang  telah disusun.  Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka ditujukan untuk membantu pendidik secara lebih fleksibel dan kontekstual, tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. Modul ajar dapat menjadi pilihan lain atau alternatif strategi   pembelajaran.  


Pertanyaan-pertanyaan reflektif berikut ini dapat digunakan pendidik dalam proses perancangan modul ajar.

  1. Bagaimana kesiapan belajar peserta didik terkait materi yang akan mereka pelajari?
  2. Bagaimana minat dan gaya belajar peserta didik di kelas yang akan saya ajar?
  3. Bagaimana strategi agar perhatian peserta didik senantiasa fokus dan mereka terus bersemangat sepanjang kegiatan pembelajaran?
  4. Bagaimana  strategi  saya  sebagai  pendidik  agar  dapat  membantu  setiap individu peserta didik memahami pembelajaran?
  5. Bagaimana strategi saya mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi,  mempelajari  lagi,  memperbaiki,  dan  berpikir  ulang  tentang konsep atau materi pelajaran yang telah mereka pelajari?
  6. Bagaimana  peserta  didik  dapat  menunjukkan  pemahaman  mereka  dan melakukan evaluasi  diri yang berarti setelah mempelajari materi ini?
  7. Bagaimana cara saya dalam menyesuaikan langkah dan/atau materi pelajaran berdasarkan keunikan dan kebutuhan masing-masing peserta didik?
  8. Bagaimana   strategi   saya   dalam   mengelola   pengalaman   belajar   yang mendorong peserta didik untuk menjadi pelajar yang aktif dan mandiri?

 Bagaimana kekhasan modul ajar pada berbagai jenjang?

RA. Rencana pembelajaran/modul ajar pada RA merupakan dokumen yang setidaknya    memuat    komponen    tujuan    pembelajaran,    langkah-langkah kegiatan, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran atau pada rentang waktu yang telah ditentukan.

Madrasah yang memiliki peserta didik berkebutuhan khusus. Pengembangan modul ajar, selain sesuai dengan struktur dan komponen di atas, juga sesuai dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen PDBK sehingga pengembangan modul ajar dimungkinkan dapat terjadi lintas fase dan elemen. Pengembangan modul ajar juga harus menyertakan catatan jenis kebutuhan khusus peserta didik yang ada di kelas dan bentuk akomodasi yang dilakukan baik dalam bentuk materi, metode, media/alat, durasi waktu, dan pengelolaan lingkungan belajar.

MAK, pada mata pelajaran kejuruan, khususnya mata pelajaran konsentrasi keahlian, modul ajar dilengkapi dengan bahan ajar atau lembar kerja atau latihan-latihan sesuai dengan konsentrasi atau keahlian yang akan dipelajari oleh peserta didik. Modul ajar dapat disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja  Nasional  Indonesia  (SKKNI)  dan/atau  disusun  bersama  mitra  dunia kerja.


Related Posts