Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Unduh Sertifikat Akreditasi Sekolah / Madrasah

Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses evaluasi terhadap kualitas sekolah berdasarkan standar yang ditetapkan oleh badan akreditasi independen. Hasil dari proses akreditasi dapat berupa rekomendasi untuk peningkatan dan memberikan predikat akreditasi sebagai tanda bahwa sekolah memenuhi standar kualitas tertentu. Tujuan dari akreditasi sekolah adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memastikan bahwa sekolah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya. Sedangkan menurut peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, pasal 1, bahwa Akreditasi adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah, dan satuan pendidikan anak usia dini dan Pendidikan nonformal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.

Cara Unduh Sertifikat  Akreditasi Sekolah / Madrasah


Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan mewajibkan akreditasi bagi seluruh sekolah/madrasah sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu pendidikan. Oleh karena itu, akreditasi merupakan proses evaluasi terhadap berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan dalam upaya menjamin terselenggaranya layanan pendidikan bermutu. Selain itu, akreditasi juga berfungsi memberdayakan sekolah/madrasah, sehingga dapat menghasilkan lulusan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Pelaksanaan akreditasi pada sekolah/madrasah dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali, namun dapat dipersingkat jika sekolah ingin mengajukan akreditasi ulang.

Bagi sekolah yang sudah pernah melaksanakan akreditasi akan mendapatkan sertifikat akreditasi dan SK penetapan hasil akreditasi. Jadi 2 hal tersebut tidak bisa dipisahkan. Namun ada kalanya pihak sekolah terlupa atau kehilangan sertifikat akreditasi sekolahnya sendiri. Berikut ini admin sampaikan bagaimana cara mendapatkan sertifikat akreditasi atau mengunduh sertifikat akreditasi di laman BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional - Sekolah Madrasah)

Pertama, masuk ke alamat web BAN-SM di https://bansm.kemdikbud.go.id/
Lalu klik menu Data Akreditasi atau langsung ke https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi

Untuk cara cepat langsung input NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional, lalu klik Cari Sekolah


 Sebagai contoh disini saya akan mencari sertifikat akreditasi sekolah saya sendiri. Saya mengunduh sertifikat akreditasi tahun terakhir yaitu tahun 2022 maka saya klik link pada angka NPSN tersebut, (lihat panah)
cara unduh sertifikat akreditasi sekolah madrasah

Akan muncul seperti gambar di bawah. Perhatikan tahun akreditasi nya. Klik Download sertifikat

 

cara download sertifikat akreditasi sekolah


Akan muncul di di tab baru browser tampilan sertifikat akreditasi yang diinginkan dalam bentuk format pdf.


unduh sertifikat akreditasi 2022 terbaru

Jika menggunakan browser mozilla klik icon yang ditunjukkan panah. Maka sertifikat akreditasi akan terdownload.

Cara ini bisa dilakukan untuk mendownload sertifikat akreditasi terbaru tahun 2022, bukan yang 5 tahun sebelumnya, karena tidak tersedia.

Demikian tadi cara mengunduh sertifikat akreditasi tahun 2022 tepatnya.

Related Posts