Salam sejahtera buat rekan-rekan yang sedang asyik bergelut di dunia pendidikan, khususnya rekan guru dan operator sekolah dimana pun Anda berada. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi terkait isu yang lagi hangat di kalangan operator sekolah dan pendidik.

Pada beberapa hari yang lewat Kemdikbud mengnstruksikan agar seluruh guru menautkan akun SIM PKB dengan akun (akun pembelajaran). Ada beberapa guru yang berhasil namun tidak sedikit pula yang gagal. Adapun kasus kasusnya diantaranya lupa password akun pembelajaran, tidak ada akun pembelajaran, akun pembelajaran tida ditemukan dan lain-lain.

Di kesempatan ini saya saya akan berbagi cara mereset password atau mengganti password akun pembelajaran. Ini berdasar pengalaman yang berhasil mendapatkan password baru akun pembelajaran salah satu guru yang lupa password.

Adapun tugas untuk mereset password ini adalah tugas operator sekolah, jika guru punya masalah yg sama silakan melapor ke operator.

Nah bagi operator yang membaca ini, silakan ikuti hingga selesai.

CARA PERTAMA

Siapkan akun atau user milik admin belajar id

Buka laman https://admin.google.com/

Lalu login menggunakan akun admin (misalnya savitri42@admin.sd.belajar.id)
setelah berhasil masuk, klik ikon di sudut kanan atas, contoh disini yg ditunjukkan huruf M, karena nama admin adalah Muhammad (huruf dari nama awal)
Kemudian klik Admin Console


Cara Reset Password belajar id


Lalu klik Users (add or manage users)


Cara Reset Password belajar id


Untuk mempercepat, gunakan menu pencarian, silakan ketik nama guru yang akan di reset password nya.

Cara Reset Password belajar id


Jika muncul langsung saja Klik nama yang bersangkutan, pastikan usernya cocok, jangan sampai punya guru lain yang diklik.




Disisi kiri ada menu reset passsword, klik RESET Password tersebut.



Kemudian isi password baru (yang akan digunakan untuk login pertama kali di akun belajar id)
Klik RESET, maka password baru sudah berubah. Catat password yang baru dibuat lalu berikan ke guru yang bersangkutan . Selesai



CARA KEDUA (alternatif)

Pertama, buka laman https://www.belajar.id/

Kedua Klik tombol Butuh Bantuan di Pojok Kanan Bawah



Ketiga, isi formulir

Alamat email diisi dengan email pribadi operator
Judul Pertanyaan diisi tentang tema permasalahan akun pembelajaran (contoh; reset password)
Tipe pengguna Pilih operator sekolah
Email pribadi (isi email pribadi operator)

reset password pembelajaran di belajar.id
reset password pembelajaran di belajar.id

email akun pembelajaran isi dengan email  akun pembelajaran milik guru yang akan diubah passwordnya. (sesuaikan kasusnya)
jenjang sekolah pilih sesuai jenjang sekolah Anda
Nama sekolah dan NPSN silakan ketik nama sekolah Anda

Untuk NIK isi dengan Nomor Induk Kependudukan operator sekolah
Untuk Ktegori Masalah silakan sesuaikan masalah Anda, kalau di saya lupa passsword maka saya pilih lupa password. Silakan pilih karena banyak pilihan masalah apa yang ditemui.

Masukkan detail pertanyaan;
Silakan diisi permintaan Anda, contoh
"Selamat Siang nama saya Julak Ganteng sebagai operator sekolah SDN .... ingin mengajukan permintaan reset password akun pembelajaran atas nama PTK Nani Wijaya (naniwijaya212@guru.sd.belajar.id). Terima Kasih


Untuk lampiran, yang diunggah adalah SK sebagai operator sekolah dengan format pdf.
Setelah semua isian selesai dan lengkap, klik Kirim.

reset akun pembelajaran

Kemudian cek kotak masuk email; ada pemberitahuan dari tim akun pembelajaran bahwa tiket pertanyaan sudah diterima.

Cara Reset Password belajar id


Silakan tunggu. Saya sendiri sekitar 3 hari baru dapat balasan perihal penggantian password akun pembelajaran ini. Dan diberikan password baru untuk guru yang lupa password. Kemudian coba login ke alamat https://accounts.google.com/AccountChooser?hd=belajar.id, gunakan user email dan password yang baru diberikan. Semoga berhasil.

Cara Reset Password belajar id

Nah demikian tadi cara reset password akun pembelajaran karena lupa password akun pembelajaran di belajar.id. Bagaimana jika punya masalah lain, silakan sampaikan juga dengan cara tersebut. Gunakan kalimat pertanyaaan yang ringkas, sopan dan padat. di detail pertanyaan.

Untuk cara reset akun di Google Admin berkali kali tidak bisa karena selalu error, mungkin juga sudah disable oleh tim akun pembelajaran, jadi operator hanya bisa lewat satu pintu yakni lewat cara yang saya jelaskan di atas.


Baca Juga

Post a Comment