Surat Edaran GTK Kemdikbud Tentang Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik Dalam Pendaftaran Guru PPPK 2021

 Linier tidak linier tidak, bisa mendaftar tidak untuk guru mapel ini sedangkan ijazah saya ini. Itu beberapa pertanyaan para guru yang sedang kebingungan saat ingin mendaftar PPPK. Banyak dari guru utamanya guru di sekolah dasar yang memiliki ijazah pendidikan terakhir namun tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu di sekolah dasar. Jadi ada guru berijazah S1 Bahasa Indonesia atau S1 Matematika tapi mengajar guru kelas SD apakah bisa dan mungkinkah diterima jika mendaftar PPPK?


Jawabannya tentu saja mengacu pada Surat edaran Ditjen GTK yang bisa Anda unduh pada bagian akhir artikel ini.

Sebagai contoh Bapak Badrun memiliki Ijazah Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, mengajar di SDN Bojo Loro sebagai Guru Kelas 2. Pak Badrun belum sertifikasi. Apakah Pak Badrun bisa mendaftar PPPK? Jawabnya tentu saja bisa. Apakah diterima? Ya. Apakah lulus? Ya belum tentu karena harus tes dulu laah. Hehehe

Apa Dasarnya? Silakan unduh dulu, Setelah diunduh usahakan pakai laptop, gunakan pencarian, ketikkan Bahasa Indonesia. Maka akan ketemu seperti gambar di bawah ini:


Penjelasan:

Pada nomor 913 Pada Kolom 1, Ijazah Bahasa Indonesia bisa mengajar di SD sebagai guru kelas pada guru PPPK.
Hal yang sama bisa kita temukan jika kita cari pendidikan Bahasa Indonesia pada nomor 5989

Tidak susah memahami ini, tinggal download lalu cari sesuai serdik atau ijazah terakhir Anda.

Jika Anda memiliki sertifikat pendidik Guru Kelas SD, walau ijazah bukan PGSD masih bisa mendaftar PPPK sebagai guru kelas karena pilihannya ada 2, Jika memiliki serdik maka mendaftar menggunakan atau atas dasar serdik yang dimiliki. Sedangkan jika tidak memiliki serdik maka mendaftar atas dasar ijazah pendidikan terakhir.

Ya gak usah panjang lebar lagi deh.  Silakan unduh di link ini atau dibawah ini



Baca Juga

Post a Comment